Tenor Adalah : Jenis, Tips Serta Definisi Selengkapnya!

3
22185
Tenor Adalah

Tenor Adalah – Kebutuhan akan sebuah kredit dan pinjaman beberapa bulan belakangan ini memang cukup meningkat mengingat dalam beberapa bulan belakangan pandemi virus Corona membuat banyak orang yang mengalami kesulitan dalam ekonominya. Hal tersebut yang membuat banyak orang mulai mencari pinjaman ke beberapa lembaga pinjaman atau ke bank.

Tetapi, untuk mendapatkan pinjaman ternyata tidak semudah yang dibayangkan terlebih lagi beberapa calon peminjam belum mengetahui istilah-istilah di dalamnya. Penting untuk mereka mengetahui banyak istilah yang ada di dalamnya, agar terhindar dari risiko yang ada saat melakukan pengajuannya.

Salah satu istilah yang harus kamu ketahui saat ingin mengajukan pinjaman adalah tenor. Bagi sebagian orang tentu sudah mengetahui sedikit banyak mengenai istilah tersebut namun tidak memahami benar-benar secara lengkap. Karena itu, di bawah ini kita akan membahas dengan lengkap mengenai istilah tenor adalah salah satu istilah yang vital dalam proses pengajuan pinjaman.

Pengertian Tenor dalam Proses Pinjam Meminjam

Tenor memiliki dua jenis yaitu yang berkaitan dengan masa pelunasan pinjaman dan deposito selengkapnya di bawah ini:

  • Tenor Pinjaman

Tenor yang satu ini sangat mempengaruhi suku bunga dimana semakin lama tenor yang diambil, maka akan semakin tinggi pula bunga yang harus dibayarkan. Biasanya bunga dari beberapa pinjaman dalam lembaga konvensional berkisar mulai dari 1%-3% per bulan dengan suku bunga yang tetap. Contoh, jika kamu mengajukan pinjaman dengan tenor 3 bulan, maka bunga akan dikalikan dengan periode waktu yang telah disepakati.

Terlepas dari itu ada beberapa pinjaman online yang memberikan bunga 0 persen untuk tenor pinjaman dalam waktu 30 hari sebagai salah satu strategi yang menarik untuk calon peminjam. Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat simulasi di bawah ini :

Kamu mengajukan pinjaman uang senilai Rp10 juta dengan tenor 3 bulan dengan besaran bunga 1% per bulan. Artinya kamu dapat melakukan cicilan pokok pinjaman sebesar Rp10 juta dalam waktu 3 bulan ditambah dengan bunga senilai 1% per bulan.

Cicilan 1 Cicilan 2 Cicilan 3
Pokok Pinjaman Rp3.3 Juta Rp3.3 Juta Rp3.3 Juta
Bunga Pinjaman Rp100 Ribu per bulan

Tidak semua pinjaman dapat dikenakan dengan suku bunga yang tinggi. Beberapa jenis suku bunga yang ada dapat berimbang bahkan tetap selama tenor pinjaman berjalan..

  • Tenor Deposito

Biasanya pada tenor deposito yang ditawarkan oleh bank mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Namun, ada juga bank yang menawarkan hingga 36 bulan tergantung dari kebijakan bank.

Baca juga: Yakin Deposito Adalah Produk Simpanan Paling Aman? Kenali Dulu Cirinya!

Pada suku bunga deposito biasanya juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan suku bunga tabungan dimana suku bunga deposito memiliki suku bunga 4%-7% per tahun. Namun, ini kembali lagi kepada setiap kebijakan dari bank dalam penerapannya.

Contohnya seperti di bawah ini :

Tenor Suku Bunga

Per Tahun

1 Bulan 4,80%
3 Bulan 6,00%
6 Bulan 6,30%
12 Bulan 6,60%

Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang cukup baik dalam menghadapi inflasi. Perbedaannya hampir di atas 20% lebih. Itulah salah satu alasan deposito menjadi instrumen investasi dalam menghadapi inflasi serta juga untuk investasi jangka panjang.

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang membutuhkan investasi jangka pendek dengan mengambil deposito yang berjangka waktu kurang dari 1 tahun.

Tips Mengajukan Pinjaman dan Berdasarkan Tenor

  • Memilih lembaga keuangan yang sudah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Memilih lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga kompetitif
  • Mengajukan pinjaman dengan tenor sesuai dengan kebutuhan
  • Menyesuaikan tenor dengan kemampuan finansial
  • Memastikan pengajuan pinjaman tidak lebih dari sepertiga penghasilan bulanan

Tips Melakukan Pengembangan Dana Berdasarkan Tenor

  • Memilih lembaga keuangan yang sudah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Memilih lembaga keuangan yang menawarkan proses transaksi dengan lebih mudah
  • Memilih lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga kompetitif
  • Memilih tenor yang sesuai dengan risiko yang ada

Ingat! Menentukan tenor adalah salah satu langkah terbaik untuk melihat segala kemungkinan yang bisa terjadi dalam proses pinjam meminjam. Dengan mengetahui dan memahaminya tentu segala risiko yang ada di dalamnya dapat di minimalisir.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100 Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.