Template CV Resume yang Menarik Serta Contohnya

0
909
Template CV

Ketika melamar pekerjaan, CV atau resume merupakan hal pertama yang akan dipertimbangkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, CV yang baik tidak hanya berisi segala informasi yang berkaitan dengan latar belakang Anda, tetapi juga harus terlihat menarik. Tidak perlu khawatir karena banyak contoh template CV yang bisa Anda gunakan sebagai panduan.

Sebelum membahas tentang template CV menarik serta contohnya, Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa elemen penting yang tidak boleh terlewatkan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Informasi Pribadi

Informasi pribadi yang harus dimasukkan dalam CV bukan hanya nama dan alamat terkini. Anda juga perlu mencantumkan nomor telepon dan alamat e-mail agar perusahaan bisa menghubungi Anda dengan mudah.

Tujuan

Tulis target atau tujuan Anda dalam mencari pekerjaan dalam satu kalimat singkat. Pernyataan target ini harus berhubungan dengan posisi spesifik yang sedang Anda lamar. Meski terlihat sepele, pernyataan ini bisa membantu menggarisbawahi keterampilan yang dimiliki sehingga terlihat lebih meyakinkan.

Contoh: Mencari posisi yang membutuhkan keterampilan saya di bidang seni, desain digital, dan pembuatan poster.

Pendidikan

Di bagian ini, Anda bisa menuliskan latar belakang pendidikan, seperti nama sekolah atau universitas, kota dan provinsi tempat sekolah tersebut berada, serta tanggal kelulusan. Selain itu, Anda juga bisa menulis bidang yang Anda ambil di sekolah serta subjek yang berkaitan langsung dengan bidang pekerjaan Anda.

Akan lebih baik lagi jika Anda rajin mengikuti kompetisi atau pelatihan saat masih mengenyam pendidikan sekolah maupun universitas. Sertifikat yang Anda dapatkan dari kompetisi-kompetisi dan pelatihan-pelatihan tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi template CV Anda.

Pekerjaan dan Pengalaman yang Berhubungan dengan Lowongan

Hal lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah pekerjaan atau pengalaman organisasi yang berhubungan dengan lowongan yang Anda lamar. Anda bisa mencantumkan pengalaman magang, pekerjaan sukarelawan, dan berbagai organisasi lainnya. 

Ketika mencantumkan pengalaman, jangan lupa untuk mencantumkan pula jabatan saat itu, nama dan kota perusahaan tersebut, hingga lama Anda berada di posisi tersebut. Selain itu, cantumkan pula rangkuman singkat tentang tanggung jawab Anda dalam posisi tersebut.

Informasi ini bisa membantu perusahaan menganalisis lebih jauh tentang potensi Anda di perusahaan tersebut. Hal ini akan membuat Anda terlihat sebagai kandidat yang menarik bagi perusahaan.

Penghargaan yang Pernah Diterima

Cantumkan juga berbagai penghargaan yang pernah Anda terima sebelumnya. Penghargaan ini akan menunjukkan bagaimana Anda adalah seorang pekerja keras dan orang yang berprestasi. 

Di bagian ini, tulis jenis penghargaan yang diterima, siapa pemberi penghargaan tersebut dan kapan Anda menerimanya. Jika perlu, beri juga keterangan singkat tentang bagaimana Anda menerimanya.

Baca juga: Akseleran The Best Fintech Lending for Productive Loans 2021

Aktivitas atau Organisasi yang Pernah Diikuti dan Hobi

Poin selanjutnya berisi kegiatan organisasi yang pernah Anda lakukan di luar bidang pekerjaan. Misalnya, sesuatu yang berkaitan dengan hobi. Contohnya adalah menjadi anggota sebuah klub olahraga. Di bagian ini, tuliskan pula posisi Anda dalam organisasi tersebut. Jangan lupa pula tambahkan nama organisasi dan periode Anda bergabung. 

Meskipun terkesan tidak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, poin ini menunjukkan bagaimana Anda memiliki ketertarikan pula di bidang lainnya. Hal ini akan menunjukkan Anda sebagai seorang pribadi yang aktif dan menarik. Perusahaan biasanya menyukai seseorang dengan pribadi yang menarik.

Keterampilan

Hal yang tidak boleh sampai dilewatkan selanjutnya adalah mencantumkan keterampilan, baik soft skills maupun hard skills. Jika Anda melihat berbagai template CV yang Ada di internet, bagian tentang keterampilan ini tidak akan pernah terlewatkan. Pasalnya, bagian inilah yang menggarisbawahi seberapa sesuai keterampilan yang dimiliki dengan kebutuhan perusahaan.

Poin penting yang termasuk soft skills misalnya adalah bertanggung jawab, setia, pekerja keras, outgoing, dan lain-lain. Sebaliknya, contoh hard skills adalah menulis, public speaking, MS Word, MS Publisher, dan lain-lain.

Referensi

Terakhir, jangan lupa menuliskan beberapa referensi yang bisa dihubungi perusahaan. Misalnya dosen tempat Anda kuliah atau atasan Anda di pekerjaan sebelumnya. Tuliskan nama, hubungan mereka dengan Anda, organisasi, serta nomor telepon mereka yang bisa dihubungi. 

Nah, itulah tadi beberapa hal penting yang akan selalu Anda temukan dalam suatu template CV menarik. Pastikan semua elemen di atas tercantum dalam resume agar lebih menarik dan efisien.

Anda tidak perlu bersusah payah membuat CV sendiri. Pasalnya, sudah ada banyak template CV gratis tersebar di dunia maya. Bahkan, beberapa situs seperti Canva sudah menyediakan template CV serta contohnya yang bisa langsung Anda ubah sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Template CV Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh template CV gratis yang bisa digunakan langsung untuk keperluan pribadi.

Download Template CV

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].