Tempat Penginapan Liburan Sekolah: Pilihan Terbaik untuk Menginap Selama Liburan

0
345
tempat penginapan liburan sekolah

Liburan semester ganjil ataupun genap merupakan momen yang ditunggu keluarga untuk bisa berlibur bersama. Apabila Anda ingin berlibur selama beberapa hari, maka tempat penginapan liburan sekolah merupakan salah satu aspek penting untuk dipertimbangkan.

Untuk menemukan penginapan untuk keluarga ataupun tempat staycation bersama teman selama liburan di sekolah, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal agar liburan lebih menyenangkan dan aman.

Untuk menemukan tempat penginapan atau hotel untuk keluarga terbaik selama liburan nanti, silakan baca beberapa rangkuman penjelasan di bawah ini!

Jenis-Jenis Tempat Penginapan Liburan Sekolah

Sebelum memutuskan lokasi penginapan yang akan menjadi tempat beristirahat Anda dengan keluarga maupun sahabat.

Ada banyak sekali jenis tempat penginapan liburan sekolah yang tersedia di Indonesia. Setiap tempat memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga Anda dapat memilih tempat yang paling sesuai dengan kebutuhan ataupun budget.

Beberapa jenis penginapan tersebut antara lain:

1. Hotel

Hotel merupakan tempat penginapan liburan sekolah yang paling terkenal bagi kalangan wisatawan karena banyak bertebaran di berbagai lokasi wisata. Penginapan ini bukan hanya menyediakan kamar, melainkan juga makan, serta fasilitas dan layanan tambahan lainnya.

2. Motel

Motel (Motor Hotel) merupakan tipe penginapan yang biasanya berada di pinggir jalan raya di luar kota. Tujuan penginapan ini untuk melayani orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan butuh tempat penginapan terdekat.

3. Apartemen

Unit ini biasanya dimiliki oleh individu yang tidak memberikan fasilitas seperti di hotel, karena hanya menyewa tempat saja. Apartemen cocok sekali jika ingin berlibur di suatu kota dalam jangka waktu panjang.

4. Villa

Umumnya mudah ditemukan pada daerah pegunungan dan pantai yang berguna sebagai tempat beristirahat sekaligus berlibur. Jika berlibur bersama keluarga besar, maka villa dapat menjadi pilihan karena lebih terjangkau.

5. Resort

Resort lebih mengutamakan unsur rekreasi dan hiburan bagi para tamunya, seperti taman bermain, wahana permainan air, serta sarana olahraga. Seperti villa, resort biasanya juga berada di tempat yang jauh dari keramaian.

6. Guest House

Guest house cocok untuk wisatawan yang datang bersama rombongan namun ingin menekan budget menginap lebih ketat. Beberapa kamar di dalam rumah tersebut disewakan kepada wisatawan.

7. Home Stay

Konsep tempat penginapan liburan sekolah ini cukup mirip dengan guest house, namun fasilitas maupun standar kelayakannya sudah memenuhi syarat yang memadai untuk bisa disewakan.

Tips Memilih Tempat Penginapan Liburan yang Sesuai Kebutuhan Keluarga

Ketika memutuskan untuk memilih salah satu jenis penginapan di atas, maka jangan hanya mempertimbangkan aspek penginapan murah untuk liburan sekolah saja. Pastikan Anda juga mempertimbangkan hal penting lainnya, agar tidak kecewa dengan lokasi tersebut.

Nah, beberapa tips memilih tempat penginapan liburan sekolah di bawah ini dapat menjadi panduan:

1. Perhatikan Jenis Penginapannya

Anda telah mengetahui beberapa jenis penginapan populer untuk liburan sekolah, maka untuk memilihnya, pastikanlah untuk mengenali kebutuhan setiap anggota keluarga agar bisa memilih tempat terbaik.

Selain itu, pertimbangkan juga jumlah anggota keluarga yang ikut liburan sekolah ini, sehingga lebih mudah untuk memilih ukuran kamar.

2. Perhatikan Review Pengunjung

Ketika melihat review, silakan perhatikan komentar-komentar para pengunjung terdahulu mengenai keramahan dan kesigapan staf, keamanan, fasilitas, kebersihan, dan aspek-aspek penting lainnya.

Namun pastikan untuk melihat kredibilitas pemberi ulasan, supaya Anda tidak tertipu ulasan palsu.

Baca juga: 9 Pilihan Aktivitas Keluarga Saat Liburan Agar Makin Seru

3. Lokasi Penginapan

Sebelum memilih tempat menginap, pastikan bahwa lokasi yang Anda pilih sesuai dengan preferensi atau kebutuhan. Jika ingin penginapan yang memiliki akses lengkap ke banyak tempat, maka pilihlah tempat yang berada di lokasi strategis.

Namun jika mengutamakan kenyamanan, pilihlah tempat yang lokasinya tidak berada di pusat kota atau hidden gem. Pastikan juga siap dengan risiko menginap di tempat ini, karena akses dan waktu perjalanan akan lebih lama.

4. Fasilitas Kamar

Selain aspek pelayanan dan keamanan, lihatlah apa saja fasilitas yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga.

Ceklah fasilitas di dalam maupun di luar kamar. Fasilitas di dalam kamar yang patut dipertimbangkan adalah jenis tempat tidur, kamar mandi, pendingin ruangan, TV, pemanas air, ramah anak, dan sebagainya.

Sedangkan fasilitas di luar antara lain lahan parkir, jatah sarapan, serta restoran penginapan.

5. Fasilitas Outdoor

Untuk liburan bersama keluarga, fasilitas outdoor juga menjadi pertimbangan penting, terutama jika ada anak-anak di dalam rombongan liburan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain kolam renang, kids playground, serta mini zoo.

Rekomendasi Penginapan dengan Harga Terjangkau di Beberapa Kota

Selain mengetahui tips di atas, Anda juga perlu mendapatkan rekomendasi penginapan dengan harga terjangkau. Silakan simak beberapa rekomendasi di bawah ini:

1. Votel Viure Hotel Yogyakarta

Selain sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta merupakan kota yang digandrungi wisatawan dari berbagai daerah. Jika memutuskan ke sini, maka silakan pertimbangan Votel Viure Hotel karena harga kamarnya mulai dari Rp200.000 saja.

Anda bisa mendapatkan kamar Deluxe dengan desain yang menyenangkan dan colorful.

2. Votel Griya Gendhis Saraswati Hotel, Klaten

Jika berencana berlibur di Klaten bersama keluarga untuk merasakan suasana daerah yang alami dan penuh sejarah, maka cobalah menginap di Votel Griya Gendhis Saraswati.

Selain harga menginap yang terjangkau, fasilitas di dalamnya sangat menguntungkan untuk keluarga yang membawa anak. Beberapa fasilitas di sini antara lain sauna, taman bermain, lapangan basket, kolam renang, serta sepeda dan becak.

3. Hersya Front One Inn, Surabaya

Harga sewa kamar di sini mulai dari Rp300.000 saja, dan Anda akan mendapatkan penginapan yang memiliki lokasi strategis. Hotel ini dekat dengan pusat kuliner, stasiun, serta pusat perbelanjaan Surabaya.

4. F Hotel Jakarta

Salah satu rekomendasi hotel untuk anak di Jakarta yang dapat Anda pilih ketika berlibur adalah F Hotel.

Anda dan keluarga tidak hanya mendapatkan tempat beristirahat yang nyaman dengan harga mulai Rp305.000 saja, melainkan juga bisa sekaligus cuci mata dengan interior indah di dalamnya.

Kafe di dalamnya bergaya glamor dan klasik, bagian sudut di lobi bergaya ruang tamu rumah vintage, serta kamar dengan gaya elegan yang klasik akan Anda nikmati di sini.

5. The Azana Hotel Airport, Semarang

Untuk membantu orang tua yang kesulitan membujuk anak makan, The Azana menyediakan paket kamar dengan sarapan. Menu-menunya sangat enak dan cocok dengan anak, seperti bubur, omelette, dan sebagainya. Harga kamarnya cukup terjangkau, mulai Rp270.000-an saja.

Selain rekomendasi di atas, Anda bisa menemukan hotel lainnya dengan mudah sesuai lokasi liburan, karena sudah ada tips yang menjadi panduan memilih penginapan.

Kesimpulan

Liburan selama masa libur sekolah merupakan salah satu momen yang paling pas untuk berkumpul dan bersenang-senang dengan keluarga, karena semua orang bisa ikut.Agar liburan nyaman, Anda perlu memilih tempat penginapan liburan sekolah yang nyaman dan aman. Namun untuk mendapatkannya, Anda harus mempersiapkan budget dengan matang. Agar tidak terlalu berat dan mengganggu kebutuhan lain, maka menabung atau investasi khusus liburan bisa menjadi solusi aman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].