Penting! Ini 6 Syarat Wajib Haji serta Keutamaannya yang Harus Dipenuhi

0
197
Syarat Wajib Haji

Bagi seorang muslim, dapat menunaikan ibadah haji adalah cita-cita tertinggi. Mereka yang mampu melaksanakannya harus pergi ke Tanah Suci begitu memenuhi syarat wajib haji, terutama siap lahir batin dan mampu secara finansial.

Lalu, apa saja syarat wajib yang harus dipatuhi calon jemaah haji? Apa keutamaan beribadah haji bagi muslim? Ulasan berikut akan menjawab kedua pertanyaan tersebut.

6 Syarat Wajib Haji 

Setiap muslim punya mimpi berangkat ke Mekah untuk menunaikan rukun Islam ke-5. Apalagi, menjalankan ibadah haji juga berlimpah pahala. Berbeda dengan umroh yang dapat dilakukan berulang kali dan kapan saja, ibadah haji hanya terselenggara saat musim haji yang jatuh pada bulan Dzulhijjah. 

Memenuhi syarat wajib haji jadi suatu keharusan agar ibadah haji yang dijalankan sah. Meski ibadah ini wajib, tetapi tidak semua muslim dikenakan kewajiban berhaji. Wajib berhaji berlaku bagi siapa saja yang mampu secara fisik dan finansial. Lebih lanjut, berikut 6 syarat yang harus dipenuhi agar ibadah haji seseorang dikatakan sah.

Seorang muslim

Syarat utama berangkat haji sudah jelas, yaitu seorang muslim alias beragama Islam. Jadi, memang hanya umat muslim saja yang bisa berhaji karena haji hanya ada dalam rukun Islam. 

Sudah berusia dewasa atau baligh

Syarat mutlak berikutnya yang tidak bisa diabaikan adalah calon jemaah haji sudah berusia dewasa atau baligh. Tanda kedewasaan ditunjukkan melalui sudah menstruasi bagi perempuan dan sudah mimpi basah untuk laki-laki. 

Berakal sehat

Muslim yang berhaji haruslah berakal sehat alias dapat berpikir runtut, logis, dan memiliki kesiapan diri terkait mental. Pasalnya, mereka yang tidak waras, hilang ingatan, atau gila tidak memiliki kewajiban untuk berangkat haji.

Dalam kondisi merdeka

Arti merdeka di sini berhubungan dengan perbudakan yang terjadi pada zaman dahulu. Karena seorang budak diperintahkan mendampingi atau menjalankan tugas dari tuannya, maka ia tidak wajib menjalankan ibadah haji. 

Mempunyai kemampuan

Kemampuan yang dimaksud adalah mampu secara fisik, mental, serta finansial. Seperti diketahui, biaya keberangkatan haji berikut akomodasi selama di Tanah Suci tidak murah. Banyak orang menabung belasan hingga puluhan tahun demi bisa berangkat ke Arab Saudi. 

Belum lagi daftar antrean haji yang panjang membuat calon jemaah kebanyakan berusia lanjut. Padatnya kegiatan selama beribadah akan menguji ketahanan fisik dan mental mereka yang pergi ke sana. Itulah sebabnya kemampuan fisik, mental, dan finansial jadi syarat wajib haji yang harus dipenuhi.

Khusus perempuan wajib bersama mahram

Perempuan yang akan beribadah haji wajib didampingi oleh mahram, yaitu orang-orang yang tidak boleh dinikahi karena masih satu keluarga, satu persusuan, atau pernikahan menurut syariat. Jika tidak bersama mahram, calon jemaah perempuan dapat didampingi sesama jenis kelamin. 

Seiring perkembangan zaman, pihak pemerintah Indonesia bersepakat dengan pihak imigrasi Arab Saudi terkait pembatasan mahram. Per musim haji 2014, calon haji perempuan boleh dimahrami jemaah haji yang juga perempuan. Lalu, terdapat dispensasi yang memungkinkan satu orang bisa menjadi mahram atas empat orang. 

Baca juga: Riba Adalah: Jenis, Contoh dan Hukumnya dalam Islam

Keutamaan Beribadah Haji

Sebagai ibadah yang mulai, berhaji memiliki beberapa keutamaan yang bisa jadi belum Anda ketahui. Keutamaan beribadah haji mencakup:

Haji sebagai amalan yang afdhol

Hal ini mengacu pada hadis Bukhari yang diriwayatkan dari Abu Hurairah. Saat seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw. apa amalan yang paling afdhol, Beliau menjawab tiga hal. Pertama, beriman terhadap Allah dan Rasul-Nya, berjihad di jalan yang dikehendaki Allah, dan menjadi haji mabrur.

Ibadah haji berbalas surga

Hadis Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan tentang barang siapa yang menunaikan ibadah haji, balasan yang pantas baginya hanyalah surga.

Haji bisa meniadakan dosa-dosa

Bukan cuma jaminan surga, Allah juga akan meniadakan atau menghapus dosa-dosa mereka yang menunaikan ibadah haji. Seperti hadis Bukhari yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, siapa saja yang berhaji tetapi mampu menjaga lisan dan perilaku akan pulang ke negerinya seperti saat ia dilahirkan oleh sang ibu.

Demikian 6 syarat wajib haji dan beberapa keutamaan berhaji. Artinya, wajib berhaji dikenakan kepada umat muslim yang baligh, berakal sehat, serta mampu secara lahir batin dan finansial. Jika Anda ingin mempersiapkan dana untuk berangkat haji, pertimbangkan untuk mulai berinvestasi sedini mungkin, baik melalui tabungan haji, deposito, reksa dana, emas, maupun properti.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]