Penting! Ini Syarat Pinjaman Online agar Bisa Diterima

1
138
Syarat Pinjaman Online

Berbagai jasa penyedia pinjaman dana mungkin menawarkan kemudahan bagi calon nasabah. Akan tetapi, syarat pinjaman online tetap harus terpenuhi agar Anda bisa mendapat dana yang dibutuhkan. Tidak semua calon nasabah mampu lolos tahap seleksi awal ketika mengajukan permonohan pinjaman. Hal ini karena jasa peminjam harus mendapat jaminan bahwa Anda bisa mengembalikan uang mereka.

Selain kelengkapan dokumen, calon peminjam harus menunjukkan bukti bahwa mereka bisa dipercaya untuk mengembalikan dana. Inilah berbagai syarat pinjaman online yang harus Anda ketahui.

Syarat Dasar Nasabah Pinjaman Online

Berbagai jasa penyedia pinjaman online mungkin menerapkan syarat khusus yang berbeda, tergantung kebijakan mereka. Akan tetapi, semua pemberi pinjaman di Indonesia memiliki syarat dasar yang harus dipenuhi semua calon peminjam, yaitu:

Warga Negara Indonesia

Pinjaman online yang beroperasi di Indonesia hanya menerima nasabah WNI. Hal ini dibuktikan dengan hasil fotokopi, scan, atau hasil swafoto sambil memegang KTP. 

Memiliki Identitas Formal Asli

Selain KTP, pinjaman online mungkin menyaratkan adanya identitas formal lain, misalnya NPWP, SIM, atau paspor. Semakin lengkap dokumen pendukung yang Anda miliki, semakin besar kesempatan untuk mendapat pinjaman. Akan tetapi, semua dokumen tersebut harus asli serta masih berlaku. 

Berada di Rentang Usia Tertentu

Nasabah pinjaman online biasanya wajib berada di rentang usia tertentu, misalnya minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Hal ini karena rentang usia tersebut dianggap sebagai masa produktif sehingga ada jaminan lebih terkait kesanggupan membayar.

Memiliki Bukti Penghasilan

Bukti penghasilan sering menjadi syarat pinjaman online, terutama yang ditujukan bagi karyawan. Pinjaman online tertentu menyaratkan calon nasabah untuk memiliki penghasilan minimal atau di atas Rp3 juta. Hal ini dibuktikan dengan keterangan formal seperti slip gaji. 

Memiliki Rekening Bank

Rekening bank adalah syarat wajib untuk mengajukan pinjaman online. Hal ini berlaku bahkan di layanan pendanaan yang tidak dikelola bank. Rekening bank menjadi tempat untuk menyalurkan dana serta menyicil pengembalian pinjaman.

Baca juga: Rekening Dana Lender (RDL) Akseleran: Fungsi dan Cara Membuatnya

Memiliki Kontak Aktif dan Lengkap

Calon peminjam wajib memberikan kontak aktif, biasanya berupa nomor telepon dan alamat email. Keduanya digunakan untuk mendapatkan konfirmasi terkait status pinjaman dan pengembalian dana. Selain kontak pribadi, Anda biasanya akan diminta untuk memberikan kontak darurat.

Jika semua syarat pinjaman online mendasar ini sudah lengkap, Anda bisa memenuhi berbagai syarat tambahan yang mungkin ada agar pinjaman bisa cepat cair.

Syarat Tambahan untuk Pinjaman Online Sukses

Inilah beberapa syarat tambahan agar pengajuan pinjaman Anda semakin cepat terpenuhi:

Domisili Dekat dengan Lokasi Jasa Peminjaman

Semakin dekat wilayah tempat tinggal Anda dengan lokasi jasa peminjaman, semakin mudah juga pinjaman cair. Hal ini karena lokasi Anda dianggap sebagai kemudahan dalam hal pengembalian serta komunikasi.

Memilih Pinjaman Sesuai Kemampuan

Penyedia jasa peminjaman biasanya menyesuaikan antara gaji Anda dengan permintaan pendanaan. Jika Anda mengajukan pinjaman dengan jumlah terlalu besar dan tidak sesuai gaji, permohonan pinjaman mungkin akan ditolak. Pastikan Anda menentukan jumlah pinjaman yang sesuai dengan penghasilan. Rumus sederhananya: kemampuan mengembalikan atau mencicil pinjaman sebaiknya tidak melebihi 30 persen dari penghasilan rutin.

Aktif dalam Berkomunikasi

Jika Anda berencana mengajukan pinjaman beberapa kali di tempat yang sama, pastikan selalu aktif dalam komunikasi. Jawab pesan atau panggilan tepat waktu, atau minimal secepat mungkin. Gaya komunikasi Anda akan menjadi salah satu poin positif yang memudahkan proses peminjaman berulang.

Menggunakan Fitur Simulasi Pinjaman

Jasa penyedia pinjaman online berkualitas biasanya memiliki layanan atau fitur simulasi pinjaman. Hal ini membantu Anda menentukan jumlah terbaik untuk dipinjam berdasarkan kemampuan mencicil. Anda bisa menyampaikan ke pihak pemberi dana bahwa jumlah yang Anda ajukan dibuat berdasarkan hasil simulasi tersebut.

Memiliki Kartu Kredit

Pastikan Anda meneliti persyaratan sebelum meminjam dana. Beberapa jasa pemberi pinjaman biasanya menyaratkan kepemilikan kartu kredit. Hal ini biasanya dilakukan jasa pemberi pinjaman yang dikelola bank. Pastikan juga masa berlaku kartu kredit tersebut masih panjang dan tidak diblokir atau semacamnya.

Memenuhi syarat pinjaman online adalah kunci agar pengajuan pinjaman bisa cepat dikabulkan. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dasar dan tambahan demi kemudahan mendapatkan dana untuk kebutuhan jangka pendek maupun panjang.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.