Mengenal Analisis SWOT dengan Contoh Penerapannya

1
59658
SWOT adalah

Setiap pengusaha harus tahu cara menganalisis bisnis untuk mengembangkan usaha dan mengantisipasi persaingan. Analisis SWOT adalah tindakan menelaah aspek-aspek bisnis berupa Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Teknik ini dipopulerkan oleh konsultan bisnis Albert Humphrey, yang menggunakannya sepanjang tahun 1960 dan 1970-an untuk menganalisis perusahaan dalam daftar Fortune 500.

Ingin meningkatkan kinerja bisnis? Berencana mengembangkan usaha secara lebih terarah? Pelajari dasar-dasar tentang analisis SWOT dan ilustrasinya.

Manfaat Menerapkan Analisis SWOT

Analisis SWOT membantu pemilik bisnis menemukan strategi efektif untuk mencapai tujuan dengan mempertimbangkan aspek eksternal maupun internal. Strategi ini tidak hanya berfokus pada laba; Anda bisa menerapkannya untuk organisasi nonprofit dan lembaga pemerintahan. 

Analisis SWOT juga berguna dalam rencana pemasaran. Jika ingin membidik target pemasaran yang tepat, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti modal, demografi pelanggan, struktur dan sumber daya perusahaan, serta strategi pesaing. 

Perusahaan yang ingin bertahan lama harus beradaptasi dengan perubahan tren, persaingan, kondisi ekonomi dan sosial, dan faktor lainnya. Analisis SWOT secara rutin akan memberi Anda ilustrasi kondisi perusahaan atau organisasi seiring waktu. Hal ini berguna untuk menciptakan strategi bertahan dan berkembang dalam berbagai kondisi.

Aspek-Aspek Analisis SWOT

Apa saya yang Anda telaah dalam analisis SWOT? Berikut adalah deskripsi dari keempat poin utamanya.

  • Kekuatan (Strengths)

Strengths adalah hal positif yang dimiliki perusahaan terkait keunggulan kompetitif, seperti jumlah aset, pegawai, modal, teknologi, hal paten, pengetahuan, jaringan, lokasi strategis, dan reputasi baik.

  • Kelemahan (Weaknesses)

Weaknesses adalah hal negatif dalam diri perusahaan, seperti kelemahan dalam proses bisnis, jenis material, jumlah dan kualitas sumber daya manusia, celah dalam tim, dan ketiadaan aset berharga.

  • Peluang (Opportunities)

Opportunities adalah faktor luar yang berkontribusi pada kesuksesan usaha, seperti kehadiran acara atau fenomena yang dapat menjadi kesempatan promosi, meningkatnya jumlah permintaan, serta situasi pasar, ekonomi, dan politik yang mendukung.

  • Ancaman (Threats)

Threats adalah faktor luar yang dapat menghalangi perusahaan atau pemilik bisnis untuk menjalankan rencana atau meraih target. Contohnya adalah tren pasar yang melemah, perubahan politik, teknologi, dan sosial yang tidak mendukung usaha, serta perilaku konsumen yang menurunkan permintaan.

Seperti yang terlihat, aspek-aspek positif maupun negatif dibahas dalam cakupan faktor luar serta dalam. Hal ini memudahkan Anda untuk menciptakan rencana analisis menyeluruh.

Baca juga: 7 Strategi Perencanaan Keuangan Pribadi

Contoh Penerapan Analisis SWOT

Bagaimana cara membuat analisis SWOT? Anda bisa menggunakan templat sederhana sebagai dasarnya. Dua contoh ini dapat menjadi ilustrasi:

Konsultan ABC adalah perusahaan investasi properti yang berencana membuka cabang di Surabaya. Berikut ilustrasi aspek-aspek analisis SWOT-nya dalam tabel.

Kekuatan Kelemahan Peluang Ancaman
Pilihan lokasi strategis di kota besar. Kekurangan Sumber Daya Manusia berupa konsultan properti bersertifikat. Pasar properti diminati golongan menengah ke atas. Tren pasar properti sedang menurun.
Memiliki reputasi bagus di kalangan klien terdahulu. Belum banyak menawarkan apartemen mewah. Undang-Undang yang mendukung kemudahan berinvestasi semakin menambah peluang mendapat klien. Regulasi semakin ketat untuk penyedia jasa investasi properti.
Sistem pemasaran efektif dan efisien. Sistem manajemen perusaahan masih harus diperbaiki. Surabaya semakin ideal sebagai tempat perkembangan usaha properti. Jumlah perusahaan pesaing yang mengincar properti premium untuk ditawarkan semakin banyak.

Warung XYZ adalah restoran berkonsep warung tradisional yang menyuguhkan hidangan berbahan organik. Berikut analisis SWOT untuk pengembangan usaha.

Kekuatan Kelemahan Peluang Ancaman
Rasa dan jenis masakan mudah diterima lidah. Harga relatif lebih mahal dari standar warung makanan lokal. Tren kembali ke makanan lokal semakin meningkat. Semakin banyak warung serupa bermunculan.
Pasokan bahan organik dari kebun sendiri lancar. Lokasinya agak tersembunyi dari jalan besar. Gaya hidup sehat semakin populer. Kenaikan harga bahan pokok menurunkan daya beli.
Memiliki program untuk memanfaatkan limbah makanan sebagai kompos. Masih kurang gencar dalam promosi lewat media sosial dan internet. Kehadiran ojek online bisa mendukung promosi makanan. Tidak banyak koki profesional yang mau melamar kerja di warung.

Kedua tabel ini menunjukkan analisis menyeluruh dari semua faktor internal dan eksternal. Model ini akan menjadi lebih rumit jika diterapkan di perusahaan besar, tetapi prinsip dasarnya serupa.

Kesimpulannya, analisis SWOT adalah kunci mengembangkan bisnis serta menghadapi persaingan dengan cara melakukan kajian menyeluruh. Wawasan akan kelebihan dan kelemahan perusahaan atau organisasi, baik di dalam maupun di luar, akan membantu dalam menciptakan strategi berkualitas untuk mencapai tujuan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.