Susah Cari Pekerjaan di Masa Pandemi? Perhatikan Ini

0
1433

Mencari pekerjaan di masa pandemi Covid-19 bisa dikatakan tidak mudah atau susah, selain karena persaingan yang ketat karena banyaknya korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ditambah lagi dengan bertambahnya lulusan baru. Artinya mencari pekerjaan di masa pandemi Covid-19 akan menghadapi dua kali lipat persaingan, karena jika tahun-tahun sebelumnya mungkin hanya adanya pertambahan lulusan baru tapi selama pandemi Covid-19 ini bersaing dengan pencari kerja korban PHK juga.

Meski persaingan menjadi dua kali lipat bagi Sobat yang mencari pekerjaan di masa pandemi seperti saat ini, jangan patah semangat ya! Sebab, banyak juga perusahaan yang kini tetap membuka rekrutmen untuk pegawai baru. Dilansir dari www.today.com ada beberapa hal yang bisa Sobat siasati jika mengalami kesulitan mencari pekerjaan di masa pandemi.

Perhatikan ini:

1. Menekankan keterampilan
Menurut Today, Sobat jangan perlu sibuk mempercantik desain atau layout Curriculum Vitae (CV). Namun yang perlu Sobat percantik adalah dengan menekankan keterampilan pada CV. Misalnya, jika Sobat memiliki keahlian di bidang marketing, pertimbangkan bagaimana menerjemahkan kemampuan Sobat menghadapi klien ke bidang penjualan atau layanan konsumen. Jika dirasa perlu pengetahuan tambahan, bisa cari referensi-referensi pengetahuan tentang memecahkan masalah, bertanya dengan teman yang memiliki profesi yang sama dan lain sebagainya.

Lalu pastikan juga Sobat menekankan soft skill pada CV dan surat lamaran kerja. Ini termasuk jika Sobat memiliki keterampilan seperti manajemen waktu dan relasi, menyusun prioritas, dan kerja tim.

2. Pelajari hal baru
Mempelajari hal baru bisa menambah keahlian, artinya mencari pekerjaan di tengah pandemi bisa menjadi nilai tambah saat bersaing dengan kandidat-kandidat lainnya. Caranya, saat ini banyak pelatihan online yang bisa Sobat ikuti tanpa dipungut biaya alias gratis. Jika Sobat memiliki waktu, gunakan platform pelatihan online seperti LinkedIn Learning, Coursera, atau bahkan video-video tutorial di YouTube untuk memperluas pengetahuan.

Selain membantu Sobat mempelajari hal-hal baru, kebiasaan mengikuti pelatihan online ini juga bisa membantu Sobat dalam situasi sulit, misalnya tantangan dalam dunia kerja di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Baca Juga:
Ini Profesi Paling Menjanjikan di Masa Pandemi Covid-19
Jenis Investasi Rendah Risiko dan Menguntungkan
9 Negara dengan Pajak Penghasilan Termahal di Dunia

3. Pertimbangkan target karier
Jika Sobat saat ini benar-benar butuh penghasilan, maka cara dalam mencari pekerjaan akan berbeda dengan meningkatkan karier. Artinya, carilah pekerjaan pada industri yang saat ini amat esensial di tengah pandemi, misalnya ritel, farmasi atau logistik. Jika sektor-sektor tersebut tidak sesuai dengan minat Sobat, maka carilah pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah alias remote working. Banyak industri yang masih membuka lowongan kerja untuk remote working. Sobat pun bisa mencoba pekerjaan freelance agar tetap dapat penghasilan.

Untuk jangka panjang, carilah pekerjaan yang membuat Sobat bisa mulai menargetkan kesempatan-kesempatan potensial, bahkan jika perusahaan-perusahaan itu tidak membuka lowongan kerja saat ini. Pikirkan bagaimana menerjemahkan pekerjaan jangka pendek Sobat ke jangka panjang dengan langsung ‘loncat’ dari pekerjaan freelance, misalnya, menjadi pekerjaan tetap.

4. Manfaatkan jaringan atau mitra kerja
Meski sedang pandemi, jangan lupakan networking alias berjejaring. Hubungi orang-orang atau teman-teman untuk memperoleh informasi tentang lowongan kerja. Barangkali, perusahaan di mana mereka bekerja sedang membuka rekrutmen.

5. Tetap fokus dan yakin pada diri sendiri
Proses perekrutan mungkin lebih lama dan berbeda dari yang biasa Sobat lakukan. Jangan berhenti berjuang dan bersabarlah. Memang saat ini penuh ketidakpastian, namun tetaplah berbuat yang terbaik sebisa mungkin. Yakinlah pekerjaan yang baik akan datang kepada Sobat bila berusaha.

Tetapi jika Sobat mendapatkannya, luangkan waktu untuk berterima kasih kepada semua orang yang membantu dalam pencarian pekerjaan Sobat.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]