Surat Setoran Elektronik, Sistem yang Mempermudah Pembayaran Pajak!

0
2430
Surat Setoran Elektronik

Sebagai warga negara yang baik tentu harus rutin untuk melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Sebagai wajib pajak, kamu juga tentunya mengetahui mengapa kita harus membayar pajak atas segala transaksi yang dilakukan, karena salah satunya dengan membayar pajak kita membantu negara untuk terus berkembang. 

Mulai 1 Januari 2016 atau tepatnya hampir 4 tahun yang lalu pemerintah melakukan pemberitahuan terkait pembayaran pajak secara online yang tadinya dengan menggunakan Surat Setoran Pajak dialihkan ke Surat Setoran Elektronik Pajak. Tapi, apa sih sebenarnya yang dimaksud dari Surat Setoran Elektronik?

Pengertian Surat Setoran Elektronik

SSE atau Surat Setoran Elektronik Pajak Merupakan suatu sistem pembayaran pajak elektronik yang diadministrasikan oleh biller Dirjen Pajak dengan penerapan atau penerbitan billing system. Karenanya, Dirjen Pajak menyediakan sebuah site sse.pajak.go.id untuk menerbitkan e-billing atau ID Billing.

SSE Pajak akan menerbitkan kode billing pajak untuk berbagai kode akun pajak (KAP) dengan Kode Jenis Setoran (KJS), sehingga dapat digunakan wajib pajak untuk melakukan pembayaran secara online.

Kode billing atau ID Billing ini juga memiliki yang bisa digunakan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak secara online maupun melalui bank. ID Billing juga dapat menyimpan informasi data pembayaran secara real time.

Keuntungan dari Melakukan Pembayaran Secara SSE Pajak

  • Dapat Melakukan Pembayaran Dimanapun dan Kapanpun

Adanya SSE pajak online ini membuat kita tidak lagi kerepotan dan mencari waktu untuk melakukan pembayaran secara langsung. Tidak lagi perlu datang pagi untuk mendapatkan antrian terdepan. Karena, kamu hanya tinggal melakukan pembayaran pajak melalui ponsel dengan lebih mudah. 

Kamu juga tidak perlu membawa apapun, yang diperlukan hanya ID Billing atau kode billing untuk melakukan transaksi tersebut. 

  • Tidak Memakan Waktu

Transaksi pembayaran yang dilakukan tentunya akan lebih cepat dan mudah melalui SSE Pajak ini. Apabila kita memilih teller bank atau kantor pajak sebagai sarana pembayarannya, tidak perlu susah susah untuk memasukkan data pembayaran pajak mengingat kode billing yang ditunjukkan akan memudahkan teller mendapatkan data pembayaran sesuai dengan data yang telah diberikan.

Proses pembayaran ini bisa dilakukan tanpa harus menunggu jam operasional bank karena dapat dengan mudah melakukan pembayaran melalui internet banking.

Baca juga: Terkena Dampak dari Pandemi? Tenang Ada Insentif Pajak!

  • Dapat Meminimalisir Kesalahan dalam Pengisian

Sistem pembayaran ini juga dapat membantu menghindari kesalahan yang dapat terjadi saat memasukkan kode akun pajak atau kode jenis setoran. Karenanya, sistem ini akan memudahkan kita dalam pengisian SSE dengan tepat sesuai transaksi perpajakan milik kita. 

Setelah mengetahui keuntungan dari melakukan pembayaran secara Surat Setoran Elektronik Pajak, di bawah ini kita akan jelaskan tahapan untuk melakukan pembayaran menggunakan SSE Pajak dimulai dari cara mendaftarnya terlebih dahulu.

Cara Mudah Mendaftar SSE Pajak Online

  • Kunjungi situs yang tersedia melalui https://djponline.pajak.go.id/ 
  • Isi dan lengkapi data dengan benar mulai dari NPWP, nama, alamat email, pin dan captcha untuk melengkapinya.
  • Aktivasi akun dengan mengklik email yang sudah dikirimkan
  • Login dengan akun yang sudah didaftarkan
  • Lalu isi dan sesuaikan jumlah nominal yang akan disetorkan

Dengan adanya sistem surat setoran elektronik ini tentu akan sangat membantu sekaligus mempermudah segala transaksi yang dilakukan untuk pembayaran pajak. Ingat “orang bijak taat pajak”, sebagai warga negara yang baik tentunya harus rutin membayar pajak setiap tahunnya ya agar pembangunan di Indonesia dapat terus berkembang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]