Kata Siapa Buat Surat Izin Usaha Ribet? Cari Tahu Dulu Disini!

0
34
Surat Izin Usaha

Saat kamu ingin membangun sebuah usaha tentunya kamu membutuhkan beberapa langkah untuk mendukung jalannya usaha tersebut. Salah satu langkah penting yang perlu kamu lakukan adalah memiliki surat izin usaha. Izin usaha ini diperlukan dan wajib dimiliki untuk mereka yang memiliki usaha secara perseorangan maupun yang sudah berbentuk badan usaha. 

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan harus dimiliki oleh siapapun yang memiliki usaha sebagai bentuk tanggung jawab terhadap berdirinya usaha tersebut. Sebelum membahas lebih jauh terkait pembuatan SIUP, terlebih dahulu kamu harus mengetahui jenis-jenis dari SIUP itu sendiri.

Jenis-Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP dibagi menjadi tiga jenis, ketiganya ini juga dibagi berdasarkan besaran modal yang digunakan saat mendirikan usaha tersebut:

  • SIUP Kecil : Untuk jenis yang satu ini modal usahanya berkisar antara Rp. 200.000.000,-
  • SIUP Menengah : Jenis SIUP untuk usaha menengah ini biasanya untuk mereka yang memiliki modal Rp. 200.000.000,- sampai Rp. 500.000.000,-
  • SIUP Besar : Jenis perusahaan dengan modal lebih dari Rp. 500.000.000,- 

Untuk pengurusan pembuatan SIUP atau surat izin sejenisnya ini, dapat diurus melalui kantor dinas perdagangan di tingkat kabupaten atau kotamadya atau di kantor pelayanan perizinan setempat. Sementara, untuk persyaratan administrasi dari pembuatan SIUP ini diantaranya:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Fotokopi NPWP
  4. Surat Keterangan Domisili atau SITU
  5. Fotokopi Akta Pendirian PT yang disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.
  6. Fotokopi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum dan HAM
  7. Pas Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  8. Materai Rp6.000
  9. Fotokopi Akta Pendirian Koperasi yang telah disahkan instansi berwenang
  10. Pas Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  11. Izin teknis dari instansi terkait jika diminta

Baca juga: 6 Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah!

Cara Pembuatan SIUP

Setelah melengkapi persyaratan administrasi, kamu dapat mengikuti beberapa langkah untuk pembuatan surat izin usaha perdagangan ini dengan:

  • Mengambil formulir pendaftaran/surat permohonan di kantor dinas perdagangan

Kamu sebagai pemilik perusahaan tersebut dapat datang langsung ke kantor dinas perdagangan atau kantor pelayanan perizinan setempat. Apabila kamu berhalangan hadir, maka kamu dapat memberikan kuasa kamu kepada orang lain.

  • Formulir pendaftaran diisi dan ditandatangani

Kamu bisa mendapatkan formulir pendaftaran disediakan oleh kantor dinas perdagangan. Kamu dapat mengisi formulir pendaftaran tersebut lalu ditandatangani olehmu selaku pemilik perusahaan tersebut di atas materai Rp. 6.000,- .

Jika kamu memiliki kesibukan dan tidak sempat untuk mengurus surat izin usaha ini,  kamu dapat menggunakan jasa orang lain untuk mengurusnya, namun kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk itu dan ditandatangani di atas materai oleh kamu selaku pemilik usaha tersebut.

  • Membayar Tarif Pembuatan SIUP

Dari tarif sendiri, biasanya berbeda-beda di setiap daerah atau kotanya. Karena di setiap daerahnya sudah diatur oleh peraturan daerah di masing-masing wilayah.

  • Pengambilan SIUP

Saat menunggu proses pembuatan SIUP itu, biasanya akan memakan waktu dua minggu. Setelah SIUP selesai, biasanya kamu akan dihubungi oleh petugas untuk kembali datang dan mengambil SIUP tersebut.

“Ingat Jika Kamu Memiliki Usaha, Maka SIUP Wajib Kamu Memiliki!”

Apabila kamu sudah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), maka usaha kamu artinya sudah jelas dan terdaftar keberadaannya jadi apabila ada pengecekan terkait perizinan lokasi usaha secara rutin, kamu dapat menunjukkan bukti surat izin usaha tersebut. 

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode BLOG100. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan, juga ada yang mendapatkan proteksi asuransi kredit, sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

Selamat Berinvestasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here