Strategi Loss Leader Pricing Adalah: Definisi dan Cara Menerapkannya

1
2458
Strategi Loss Leader Pricing

Strategi penetapan harga adalah kebijakan suatu perusahaan dalam menentukan harga produk yang mereka jual. Penetapan harga yang tepat akan membuat perusahaan mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Salah satu strategi penetapan harga tersebut adalah strategi Loss Leader Pricing. Loss Leader Pricing adalah strategi pemasaran dimana pihak penjual akan menetapkan harga dari suatu produk, dibawah harga pasar.

Loss Leader Pricing adalah salah satu strategi bisnis yang terbukti ampuh meningkatkan penjualan. Strategi ini juga disebut dengan penetapan harga predator. Dalam hal tersebut, penjual menetapkan harga jual di bawah biaya rata-rata dan menanggung kerugian. Hal ini dimanfaatkan untuk mengeluarkan pesaing dari pasar. Jika sukses, penjual tersebut akan menikmati kekuatan monopoli. Lalu bagaimana cara menerapkannya? Berikut poin penting yang harus kamu tahu sebelum menerapkannya!

1. Pilih barang yang sering dibeli

Pilih produk yang sering dibeli oleh konsumen atau best seller, karena akan mudah diingat. Sehingga pembeli akan mengetahui lebih cepat jika ada penurunan harga yang signifikan.

2. Perhatikan penempatan barang

Produk yang ditargetkan menggunakan strategi ini, harus ditempatkan paling belakang atau tempat yang tidak langsung terlihat. Gunanya agar pembeli bisa mengelilingi toko & menarik minat mereka untuk membeli barang lainnya.

3. Beri batasan waktu

Disarankan untuk tidak menerapkan strategi ini terlalu lama, namun dapat memilih momen tertentu. Hal ini akan membantu strategi Loss Leader Pricing lebih efektif & pembeli banyak datang saat harga sedang turun.

4. Batasi stok produk

Batasi stock product yang akan dikenakan penurunan harga, agar penjual tidak merugi. Selain itu pembatasan in bisa meningkatkan antusias pembeli untuk segera membeli produk tersebut.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut