Split Payment Adalah : Pengertian, Manfaat dan Contohnya

1
191
Split Payment Adalah

Beberapa tahun belakangan, perkembangan teknologi keuangan atau fintech cukup pesat. Hal ini tentu saja membuat para pelaku keuangan senantiasa berinovasi untuk menciptakan sistem pembayaran yang praktis. Selain karena kebutuhan masyarakat soal hal ini semakin meningkat, digitalisasi di setiap sektor juga menjadi alasannya.

Salah satu terobosan baru di dunia keuangan yang cukup mendapat banyak perhatian adalah split payment. Lalu, apa split payment itu, seperti apa manfaat, dan bagaimana contohnya? Mari kita simak ulasan berikut.

Pengertian Split Payment

Secara umum, split payment adalah suatu sistem pembagian pembayaran menggunakan lebih dari satu sumber. Bisa dibilang, sistem ini melibatkan beberapa cara pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dalam satu kali transaksi. Bagi yang tidak membawa cukup uang, cara ini tergolong efektif.

Misalnya, Anda ingin membeli sebuah produk di sebuah toko secara tunai tetapi dana yang dimiliki tidak cukup. Produk tersebut bisa tetap dibeli secara tunai dengan metode split payment. Anda cukup memberikan uang tunai yang ada, dan melunasi sisanya menggunakan debit atau kredit.

Bagi konsumen atau pembeli, cara ini jelas praktis. Tanpa harus kembali ke tempat yang sama, kita sudah bisa memiliki barang yang diinginkan dengan membagi pembayaran ke beberapa instrumen. Bagaimana, tertarik menggunakan sistem pembayaran baru di era digital ini?

Split payment sendiri tidak selalu berlaku. Hal ini tergantung dari kebijakan toko atau merchant yang melayani kita. Beberapa tempat dapat menerima sistem pembayaran ini dalam bentuk tunai dan kartu kredit atau tunai dan transfer. Beberapa lainnya memanfaatkan metode bayar lain sesuai dengan sistem yang dimiliki.

Bagaimanapun, split payment adalah solusi masa kini terhadap beberapa permasalahan pembayaran dalam jual beli. Untuk lebih memahami tentang split payment, selanjutnya mari kita bahas manfaat sistem ini baik dari kacamata pembeli maupun pemilik usaha.

Manfaat Split Payment

Dari sisi pembeli, split payment jelas memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Lebih Mudah dalam Mengatur Keuangan

Pembeli bisa mengalokasikan uang yang dimiliki ke dalam beberapa dompet digital atau virtual account. Jadi ketika uang di salah satu platform tidak cukup, mereka bisa menggunakan uang di platform lainnya ketika menggunakan metode split payment. Hal ini juga akan memudahkan pembeli mengontrol pengeluaran mereka.

2. Pembelian Bisa Dicicil Sebagian

Apabila memiliki kartu kredit, metode split payment memungkinkan kita melakukan pembelian dengan cara mencicil. Misalnya, Anda ingin membeli laptop seharga Rp5,5 juta tetapi dana yang dimiliki hanya Rp3 juta. Sisa yang belum terbayar bisa dilakukan dengan cara mencicil menggunakan kartu kredit.

3. Patungan Bersama Teman atau Keluarga

Keseruan lain saat menggunakan metode split payment adalah, kita bisa memilih membayar suatu barang secara patungan menggunakan dana yang ada di rekening teman atau keluarga. Tentu saja kita bisa melakukan hal ini jika keluarga atau teman yang bersangkutan sepakat.

Metode semacam ini sudah banyak digunakan oleh beberapa produk dompet digital sebagai langkah promosi. Jadi ketika sedang berada di luar dan berkumpul bersama orang-orang tercinta, Anda bisa patungan membayar makanan yang sedang dinikmati atau barang yang akan dibeli sebagai hadiah.

Baca juga: 4 Perusahaan Fintech yang Berkembang di Indonesia

Sementara itu bagi penjual, split payment juga memiliki beberapa manfaat di antaranya:

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Kemudahan yang ditawarkan metode ini membuat banyak orang nyaman dan tertarik. Apabila penjual memiliki pilihan metode split payment dalam sistem pembayaran mereka, peluang peningkatan penjualan pun semakin besar. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkannya.

2. Memudahkan Reseller dan Distributor

Metode split payment juga memudahkan para reseller dan distributor untuk melakukan pembelian di tempat penjual. Jadi dengan menerapkan metode ini di bisnis mereka, penjual memiliki peluang untuk memperluas jaringan usaha lebih besar lagi.

Kesimpulan

Membaca ulasan di atas membuat kita sampai pada sebuah kesimpulan bahwa split payment adalah salah satu metode solutif dalam bisnis jual beli di era digital ini. Selain menguntungkan pembeli, cara ini juga memiliki banyak manfaat bagi penjual baik secara langsung ataupun tidak.Bagaimana, tertarik untuk membeli barang impian dengan cara split payment? Pastikan layanan dompet digital dan rekening yang dimiliki memiliki fasilitas ini, ya. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]