Special Guest: Total NPL Lender ini Hanya 0,06%

0
129

Mengembangkan dana hampir 2 (dua) tahun di Akseleran, Sukma Ramadhan Munawar bisa dikatakan sebagai generasi milenial yang sukses. Hal ini dikarenakan pria yang berusia 26 tahun tersebut telah memberikan total pendanaan sebesar Rp600 juta lebih namun dengan tingkat risiko kredit macet yang rendah di angka 0,06%.

Pengalaman pria yang sering disapa Rama, akan disampaikan selengkapnya pada program Special Guest dengan tema “Total NPL Lender ini Hanya 0,06%” bersama Senior Vice President Corporate Communication Akseleran, Rimba Laut.

Berikut adalah kutipan hasil wawancara Rimba Laut dengan Sukma Ramadhan Munawar:

1. Sebagai Lender, bagaimana cara memitigasi risiko kredit macet?
Pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek rating, karena menurut saya itu bisa melihat kemampuan bayar si peminjam. Selanjutnya cek ada agunan atau tidak? Jika ada, apa agunannya? Selanjutnya perlu mengetahui tujuan penggunaan dana, apakah digunakan untuk modal atau financing, invoice dengan begitu kita jadi bisa mengetahui apakah sesuai jenis peminjam yang kita inginkan.

Selain itu, saya biasanya melakukan double cross check untuk mengetahui kredibilitas perusahan, baik dengan cara mencari di google atau riset lainnya. Kemudian lihat highlight keuangan, itu penting karena kita mempertimbangkan apakah bisa peminjam itu mampu mengembalikan dana yang kita pinjamkan? Tak kalah penting adalah melihat rasio dan history pinjaman.

Terakhir lakukan diversifikasi, jadi kita tidak hanya satu usaha tapi ke usaha lain juga, kecuali jika rating A atau A+, tapi saya sarankan jika B, B- atau B+ lebih baik disebar.

2. Sudah berapa banyak pinjaman yang didanai selama ini?
Saya selama 1 tahun 11 bulan sudah melakukan pendanaan kepada 59 pinjaman dengan dana akumulasi Rp626.037.634. Untuk kriteria pinjaman yang saya berikan biasanya dengan agunan invoice atau saya pilih yang tujuan dananya yang permodalan, untuk peminjam seperti itu biasanya proyek dengan PLN.

3.Terkait dana macet bisa diceritakan di pinjaman seperti apakah?
Terkait dana macet, saya memiliki pengalaman yang cukup menarik karena sebenarnya dana yang terkena Non Performing Loan (NPL) hanya bunganya yang macet karena dana saya sekitar Rp2,3 juta dengan waktu tenor 4 bulan jika kalkulasi akan mendapatkan bunga sekitar Rp300 ribu, karena bunganya sebesar 24%. Maka meski terkena NPL saya tidak terlalu mempermasalahkan, karena jika dihitung-hitung saya sudah mendapatkan pokok pinjamannya dan yang macet hanya bunganya saja.

Baca Juga:
Special Guest: Lender ini Raih Total Pendapatan Bunga Bersih 182 Juta
Kisah Nyata, Keuntungan Menjadi Lender Akseleran
Arti Merdeka Keuangan Menurut Karyawan

4.Seberapa penting adanya proteksi asuransi kredit di Akseleran?
Menurut saya sangat penting, karena paling pertama rasa aman dari para lender adalah adanya proteksi asuransi, meski saya tidak ada pengalaman buruk dengan Akseleran. Pengalaman NPL itu, jauh lebih kecil dibandingkan bunga yang sudah saya dapat terlebih lagi dana pokok saya sudah dikembalikan. Tetapi lagi-lagi, bagi saya proteksi asuransi itu penting.

5.Sekarang boleh ditunjukkan akun Akseleran Anda terkait beberapa hal?
Pertama saya ingin bercerita, pengalaman saya menggunakan Akseleran itu informasinya mudah dipahami. Maka tak heran hingga kini saya masih terus mengembangkan dana di Akseleran.

Untuk selengkapnya pendanaan yang telah saya lakukan di Akseleran adalah sebagai berikut:

  • Total pendanaan Rp626.037.634
  • Total pendapatan bunga diterima Rp26.720.471
  • Total dana tak tertagih Rp0
  • Total dana macet Rp352.942
  • Total pendapatan bunga bersih diterima Rp26.367.529
  • Mendanai 59 pinjaman
  • Total nilai akun Rp161.609.825
  • Rata-rata persentase tingkat pendapatan bunga bersih 16,8% per tahun

Pengalaman yang baik itu saya dapatkan karena saya selalu lakukan diversifikasi. Ditambah lagi, segala informasi yang tertera sangat transparan dan dapat ditelusuri, terlebih ketika saya bingung saya cukup buka email yang dikirimkan Akseleran atau bisa bertanya langsung dengan RM Akseleran. Saya sangat suka dengan tim RM yang solutif dan cepat itu menjadi poin merasa aman untuk mengembangkan dana di Akseleran.

6. Pesan-pesan untuk masyarakat luas mengenai Akseleran?
Sebelum melakukan pendanaan, kita harus dalam memberikan pendanaan, lakukan riset yang mendalam apakah platform menyajikan informasi yang tepat dan yang penting apakah transparan. Untuk itu, kita harus ricek jangan asal-asalan. Tetapi perlu diingat high risk high return.

Untuk di Akseleran, berdasarkan pengalaman saya justru high return low risk. Kemudian di Akseleran kita membantu usaha-usaha di Indonesia karena dengan Akseleran kita bisa bantu pendanaan atau Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia.

7. Pertama kali kenal Akseleran dari mana?
Saya kenal Akseleran dari teman yang satu kampus dan kerja di Akseleran lalu saya lakukan riset, jadi tidak langsung join Akseleran tetapi saya lakukan riset apakah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. Lalu pertama kali saya pendanaan Rp20 juta dengan bunga 24% per tahun dengan tenor 3 bulan, dengan rating B, pada usaha EPC

8. Ada masukan untuk Akseleran?
Semoga maintenance yang sudah baik bisa dijaga dengan baik jangan sampai dengan sudah bertambah banyak lender malah kerja berkurang atau bahkan bila perlu ditambahkan inovasi-inovasi lain dan maintenance yang baik

Sob, itulah pengalaman milenial yang sukses mengembangkan dana di Akseleran. Kamu kapan?

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]