Special Guest: Lender ini Dapat Bunga Ratusan Juta

0
430

Segala sesuatu pasti punya risikonya dan kita bisa memitigasi risiko itu
di Akseleran

Bagi kebanyakan orang memiliki banyak uang adalah sebagai impian yang harus dikejar. Tak sedikit pula yang mencari uang hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan, mengingat semua kebutuhan hidup membutuhkan uang. Sayangnya dari kebanyakan orang yang memiliki mimpi tersebut hanya terlena berpikir tanpa bertindak apa-apa atau no action.

Well, berbekal dari keadaan yang menuntut untuk mendapatkan dana lebih dan tidak ingin terlena hanya berpikir, Novianta Kuswandi pun mencari berbagai strategi untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarganya. Singkat cerita, pria yang jatuh cinta dengan Akseleran sejak 2017 ini merupakan seorang karyawan.

Lalu bagaimana cerita Novianta hingga menemukan Akseleran sebagai kekasih barunya? Lalu bagaimana akhirnya benar-benar jatuh cinta dengan Akseleran? Berikut kutipan cerita Novianta bersama Rimba Laut selaku Senior Vice President Akseleran dalam program Special Guest:

1. Bisa diceritakan pertama kali kenal Akseleran?
Cerita perkenalan saya dengan Akseleran sejak tahun 2017, awalnya saya dimutasi dari Cilacap ke Jakarta, tetapi gaji yang saya terima masih sama ketika bekerja di Cilacap. Artinya ini menjadi sebuah problem bagi saya dan keluarga. Karena jika di daerah pengeluaran masih dalam kategori cukup dan bisa dimanage. Tetapi ketika di Jakarta karena gaji tidak cukup akhirnya dana simpanan, saya gunakan.

Berangkat dari keadaan tersebut, akhirnya saya inisiatif ingin mengelola dana simpanan dengan browsing-browsing untuk mencari tahu bagaimana mendapatkan peluang usaha atau investasi apa yang bisa saya lakukan. Kemudian saya ketemu dengan salah satu cara mendapatkan penghasilan yang menarik dan berbeda yakni dengan cara mengembangkan dana di Peer to Peer (P2P) Lending, dari situlah saya ketemu Akseleran. Lalu ketika itu saya pelajari Akseleran hingga akhirnya saya ketemu dengan salah satu tim Akseleran saat acara Human Resources (HR) Summit, setelah pertemuan tersebut akhirnya saya jatuh cinta dengan Akseleran. Kisah jatuh cinta ini sangat menarik, karena awalnya ketemu di media sosial dan kemudian kopi darat, ketika ketemuan ternyata wuihh “cantik”.

Setelah pertemuan perdana tersebut, saya ajak “ngedate” Akseleran dan akhirnya tim Akseleran ke kantor saya yang secara kebetulan ada training bagi karyawan yang memasuki masa pensiun. Saat “ngedate”, ternyata tim Akseleran yang datang ke kantor saya adalah Co-Founder Akseleran. Beliau cerita, kenapa memilih Akseleran? Kenapa Akseleran masuk akal? Jaminannya dari mana? Cara melakukan penilaiannya gimana?. Karena saya orangnya selalu menggunakan logika, dari penjelasan tersebut saya mendapatkan jawaban yang masuk logika, dari situ saya jatuh cinta dengan Akseleran.

2. Kenapa akhirnya berani mengembangkan dana di Akseleran?
Selain menjadi seorang karyawan, saya pun memiliki dua background cerita. Pertama saya tipe orang yang senang berbisnis dan ketika itu saya memiliki bisnis. Menariknya jika kita sebagai seorang karyawan yang memiliki bisnis, maka kita akan benar-benar kehilangan waktu yang mana kita sudah kerja dari jam 8 (delapan) pagi hingga jam 4 (empat) sore. Lalu ketika sesampainya di rumah, kita masih harus mengurus usaha bisnis bahkan bisa jadi ketika kita bekerja masih kepikiran bisnis tersebut. Dari situ saya kepikiran bagaimana tetap mendapatkan penghasilan tanpa ganggu waktu. Hal itulah yang menjadi alasan pertama Saya gabung dengan Akseleran.

Kedua, saya memiliki background sebagai orang yang suka berinvestasi. Dahulu saya tidak mengenal apa itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tidak mengerti lembaga keuangan yang legal dan ilegal. Maka dahulu, ketika ada sebuah produk investasi yang menjanjikan imbal hasil berkisar 25%-35% per bulan saya langsung ikut serta, padahal ternyata itu salah satu ciri-ciri lembaga keuangan yang abal-abal. Jika menarik ke belakang lagi, ketika itu bisa dibilang saya merupakan “pengantin baru” sehingga uangnya belum begitu banyak dan saat saya mendapatkan bonus tahunan 5x gaji kemudian saya taruh semua, lalu ketika istri saya mengetahui bonus tersebut diinvestasikan ke produk investasi abal-abal, istri marah-marah. Mirisnya lagi, 6 (enam) bulan berikutnya ternyata dana yang saya investasikan tersebut habis atau hilang digondol pergi oleh pengurusnya.

Dari pengalaman tersebut, saya mendapatkan dua hal pelajaran, jika kita serakah maka risikonya dana kita akan hilang, jadi istilah high risk high return benar adanya. Kedua, jika kita berinvestasi ke lembaga keuangan yang ilegal lalu jika terjadi masalah terhadap lembaga tersebut, kita sebagai pendana tidak bisa berbuat apa-apa karena salah kita sendiri tidak teliti. Hal itulah yang menjadi alasan saya ke Akseleran. Selain itu, ketika berkenalan dengan Akseleran saya dijelaskan perihal lembaga keuangan yang baik seperti apa? Salah satunya penjelasan soal OJK.

3. Berapa total pendanaan dan total bunga diterima selama mengembangkan dana di Akseleran?
Awal ketemu Akseleran saya tidak memiliki modal yang besar, pertama kali melakukan pendanaan hanya sekitar Rp500 ribu dan dalam setahun saya diamkan untuk memastikan apakah Akseleran “My Truly Love” nggak? Akhirnya pada 2018 saya percaya bahwa “My Truly Love” saya adalah Akseleran. Lalu tak lama kemudian saya menaruh dana yang cukup besar di Akseleran dan sekarang saya sudah melakukan pendanaan sebesar Rp1,8 miliar dan mendapatkan imbal hasil lebih dari Rp115 juta, ini blessing banget bagi saya.

Memperoleh total bunga dari pendanaan UKM di Akseleran sebesar Rp115 juta selama hampir tiga tahun >>> “Itu blessing banget buat saya,” kata Novianta Kuswandi

Berbicara apakah Akseleran aman? Saya merasa aman. Karena tiap bulan saya mendapatkan update, saya mengetahui dana saya kemana saja? Baik itu laporannya dan bagi hasilnya bahkan jika ada pembayaran macet, saya mendapatkan informasinya juga.

Terkait pembayaran macet, seingat saya hanya sekitar Rp11 jutaan, artinya ini masih kecil dan masih aman jika dibandingkan apa yang saya dapat. Karena jika dihitung-hitung tidak mencapai 10% dari pendapatan imbal hasil saya itu.

4. Aman dan menguntungkankah mengembangkan dana di Akseleran?
Sangat menguntungkan. Tetapi perlu diingat, segala sesuatu ada risikinyo, entah itu kita mau berdagang begitu pula dengan mengembangkan dana. Contoh, kita investasi emas harapannya naik ternyata turun, atau investasi properti dengan harapan naik tetapi ternyata tahun berikutnya turun. Lalu jika bicara Akseleran, saya dapat Rp115 jutaan namun terdapat dana yang belum tertagih sebesar Rp11 jutaan, itu masih menguntungkan jika secara total.

Saya pernah punya pengalaman, memberikan pinjaman Rp100 jutaan lalu terkena macet. Saat awal-awal mengetahui kena macet, saya khawatir dan saya langsung konsultasi dengan Account Manager Akseleran terkait progress pembayarannya. Menariknya, Akseleran selalu memberikan update sehingga membuat saya sedikit tenang karena pinjaman macet tersebut akhirnya terbayarkan. Berkaca dari pengalaman tersebut, jika nominal besar yang saya pinjamkan bisa tertagih artinya nominal kecil pun sangat bisa tertagih.

5. Tips memitigasi risiko saat kembangkan dana?
Dahulu, ketika saya ingin memberikan pinjaman tidak baca detail dan saya hanya memperhatikan bagi hasilnya, semakin besar imbal hasil semakin menyenangkan bagi saya. Karena kejadian yang pernah saya alami itu, maka saya praktekkan apa yang sudah disampaikan tim Akseleran, akhirnya sekarang saya lebih detail saat memilih campaign. Salah satunya memperhatikan credit scoring campaign tersebut dan tidak hanya memperhatikan imbal hasil yang ditawarkan.

Kedua saya lihat jenis agunannya, saya lebih memilih invoice financing karena jika mengalami keterlambatan bayar tetap memiliki kecenderungan membayar. Berbeda jika agunannya properti, jika terlambat bayar maka perlu dijual terlebih dahulu dan itu cenderung memerlukan waktu yang lebih panjang. Satu hal yang tak kalah penting adalah pilih campaign yang memiliki proteksi asuransi.

Saksikan Juga Tayangan:
Special Guest | Penambahan Sales Lampaui Target Perusahaan | Akseleran
Special Guest | P2P Lending | Akseleran

6. Pesan untuk masyarakat tentang Akseleran?
Pertama, saya mengenal istilah “yang membedakan mental miskin dan mental kaya dari cara nabungnya, yang mental miskin akan habiskan dulu uangnya baru menabung, sedangkan mental kaya menabung terlebih dahulu baru menghabiskan untuk keperluannya”.

Kedua, segala sesuatu pasti memiliki risikonya tetapi di Akseleran kita bisa mitigasi dengan memperhatikan lebih detail terkait credit scoring yang ditampilkan pada campaign. Selain itu, jika ingin mendapatkan imbal hasil tambahan tetapi tidak memiliki waktu, Akseleran adalah tempatnya. Karena saya melakukan pendanaan sekitar tanggal 12 dan tanggal 26 setiap bulannya yaitu pada saat pembayaran bunga. Artinya dalam sebulan saya hanya beberapa kali melihat dan melakukan pendanaan di Akseleran. Meski demikian, saya mendapatkan imbal hasil yang sangat menarik. Maka menurut saya, mengembangkan dana di Akseleran akan semakin mengenal istilah “uang bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk uang”.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.


Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]