SPBU Self Service : Cara Isi, Lokasi POM Terdekat, dan Tips Proteksi Kendaraan

0
5494
SPBU Self Service

SPBU self service merupakan inovasi layanan Pertamina yang berbasis teknologi. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 April 2021 di SPBU Coco Fatmawati, Jakarta Selatan.

Dengan layanan tersebut, masyarakat dapat mengisi bahan bakar kendaraan sendiri di SPBU. Selain itu, pembayaran bahan bakar dilakukan secara digital melalui aplikasi MyPertamina. 

Pembayaran nontunai melalui MyPertamina wajib diterapkan untuk pembelian Pertalite dan Solar mulai tanggal 1 Juli 2022. Jika belum memiliki aplikasi, Anda masih bisa membayarnya dengan uang tunai.

Sementara itu, untuk mengetahui cara mengisi bahan bakar sendiri di SPBU, cek lokasi SPBU self service, tips proteksi kendaraan, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengisi Bahan Bakar Sendiri di SPBU

Gagasan baru yang diwujudkan oleh Pertamina tentu memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya, tantangan untuk memberikan kepada masyarakat terkait cara mengisi bahan bakar di SPBU.

Supaya Anda pun mengetahui cara mengisi bahan bakar di SPBU, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama; Anda harus membayar terlebih dahulu ke petugas SPBU. Kemudian, petugas memberikan bukti bayar/struk sesuai jumlah tagihan konsumen. 
  • Langkah kedua; lakukan pemindaian struk pada alat yang disediakan. 
  • Berikutnya, Anda bisa mulai mengisi bahan bakar dengan cara memasukkan selang dari dispenser SPBU ke tangki kendaraan. Pastikan tuasnya ditarik dengan benar agar bahan bakar mengalir lancar.  
  • Setelah mengisi, kembalikan selang ke posisi semula. Secara otomatis, mesin mengeluarkan struk pembelian saat selang diletakkan. 

Kalau ada selisih antara pembayaran dengan jumlah pengisian bahan bakar, mesin mengeluarkan dua struk. Pada lembar pertama, tertera jumlah bahan bakar yang dikeluarkan. Sementara lembar kedua menunjukkan selisih pembayaran awal dengan jumlah aktual setelah pengisian. 

Anda harus membawa struk tersebut ke kasir supaya mendapatkan kembalian. Jika transaksi selesai, pemilik kendaraan dapat melanjutkan perjalannya. Namun, pastikan kendaraan Anda tidak dinyalakan di dekat pengemudi lain yang sedang mengisi bahan bakar. 

Lokasi SPBU Self Service Terdekat

Untuk Anda yang ingin mencoba mengisi bahan sendiri, bisa mengunjungi beberapa lokasi berikut ini.

  • SPBU COCO Fatmawati 31.124.02 di Jalan RS. Fatmawati No.16-19, Jakarta Selatan. 
  • SPBU Mastrip 54.602.49 di Jalan Raya Mastrip No.26, Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya. 
  • SPBU 34.403316 Bandung di Jalan Raya Banjaran, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
  • SPBU Yogyakarta di Jalan Kompol Suprapto, Lempuyangan, Baciro, Gondokusuman. 
  • SPBU Pertamina di CBD Paramount Serpong Blok B4/40–45, Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Tangerang, Banten. 
  • SPBU No 3117501 di Jalan Azalea Raya No. 1 Lippo Cikarang.

Baca juga: Segini Gaji BUMN, Besaran Pertamina atau Telkom?

Tips Proteksi Kendaraan

Selain memastikan pengisian bahan bakar aman, Anda harus memperhatikan perlindungan kendaraan selama perjalanan. Salah satu cara melindungi kendaraan, yakni dengan asuransi.

Asuransi kendaraan dapat memproteksi dari risiko mogok, tindak kejahatan, dan kecelakaan. Untuk memperoleh asuransi yang bagus, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini.

  • Tips pertama; Anda harus mengenali perusahaan asuransi, mulai dari perizinan hingga kegiatan operasionalnya. Perusahaan asuransi yang bagus biasanya memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengecek izin tersebut dapat dilakukan lewat web ojk.go.id.
  • Tips kedua; pahami jenis-jenis asuransi kendaraan yang disediakan oleh perusahaan. Secara umum, ada dua macam asuransi, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Untuk all risk biasanya memberikan proteksi menyeluruh, seperti kaca pecah, penyok, baret, hingga kehilangan kendaraan.
  • Tips berikutnya; pilihlah asuransi yang menyediakan fasilitas bengkel rekanan. Pastikan lokasi bengkel mudah dijangkau di berbagai kota. Selain itu, bengkel harus buka selama 24 jam. 
  • Tips selanjutnya; pilihlah asuransi yang memudahkan tertanggung dalam mengklaim produk. Zaman sekarang, klaim dapat dilakukan secara digital melalui smartphone. Begitu pula dengan pendaftaran awal dan pengiriman polis, kini bisa diakses secara digital.
  • Terakhir, gunakan asuransi yang menawarkan banyak fitur, seperti ambulans, mobil derek, dan emergency road assistance selama 24 jam. 

Itulah sekilas pembahasan SPBU self service yang sedang dikembangkan jangkauan layanannya. Dari segi inovasi, layanannya memang menjanjikan kemudahan dan kepraktisan. Tantangannya, masyarakat harus menyesuaikan diri di masa depan untuk menguasai teknologi tersebut. Pasalnya, siap atau tidak, teknologi demikian akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].