Mengenal Istilah S&P 500 Sebagai Indeks Saham Populer

1
32
S&P 500

Dikenal sebagai indeks saham populer, nyatanya belum semua orang benar-benar memahami apa S&P 500 sebenarnya. Berikut ulasannya,

Mengenal S&P 500

Istilah Indeks S&P 500 diperoleh dari nama perusahaan jasa keuangan yang mengeluarkannya, yaitu Standard and Poor’s. Indeks pasar saham yang cukup istimewa ini sendiri, dibuat pada tahun 1957. Secara sederhana, S&P bisa disebut tolak ukur pergerakan saham di pasar Amerika Serikat.

Misalnya, apabila kita ingin mengetahui kinerja sebuah saham di Amerika Serikat hari ini, kita perlu tahu berapa persen kenaikan yang dialami oleh S&P. 1% saja kenaikan indeks saham ini adalah indikator, bahwa pergerakan saham di Amerika Serikat cukup bagus.

Bagaimana, sudah mendapat gambaran apa itu S&P? Jika belum, bayangkan saja indeks saham ini sebagai papan skor. Hal ini cukup masuk akal mengingat S&P terdiri dari 500 perusahaan yang basisnya di Amerika Serikat dan telah IPO atau diperdagangkan secara publik. 

Perusahaan yang masuk ke dalam indeks saham ini tentu saja perusahaan dengan nilai kapitalisasi tinggi dan menguntungkan. Jadi meskipun ada perusahaan di Amerika Serikat yang nilai kapitalisasinya tinggi tetapi tidak memiliki keuntungan, tidak bisa menjadi bagian dari indeks saham ini.

Inilah mengapa S&P 500 jadi patokan di pasar saham Negeri Paman Sam tersebut. Dalam prosesnya, hitungan indeks saham ini tidak hanya mengandalkan nilai kapitalisasi atau keuntungan perusahaan yang ada di dalamnya saja. Ada rumus sederhana yang digunakan untuk menghitung nilai indeks saham ini.

S&P sebenarnya menggunakan formula yang cukup sederhana yaitu, menggabungkan nilai kapitalisasi beberapa perusahaan dan perusahaan dengan bobot paling besar punya peran cukup signifikan dalam menggerakkan indeks. Untuk menghitung nilai kapitalisasi tersebut, S&P akan membagi kapitalisasi pasar suatu perusahaan dengan kapitalisasi pasar total.

Hasil yang diperoleh akan menunjukkan berapa besaran bobot perusahaan yang terlibat. Beberapa perusahaan yang dinilai memiliki nilai kapitalisasi cukup besar dan mampu menggerakkan indeks saham pasar Amerika Serikat dengan bobot sekitar 1% adalah, Apple, Microsoft, dan Amazon. Ketiganya merupakan perusahaan dengan nilai kapitalisasi mencapai angka USD1 Triliyun. 

Apa Manfaat S&P 500

Membaca ulasan di atas tentu membuat kita sampai pada suatu kesimpulan tentang seberapa besar peran indeks saham ini. Para ahli ekonomi yang berkutat cukup lama di bidang investasi pun merumuskan beberapa manfaat S&P 500 dan mengapa indeks saham ini cukup penting, di antaranya:

1. Mengukur Kinerja Saham

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, indeks saham ini merupakan tolak ukur tepat untuk menilai kinerja suatu saham. Jika nilainya cukup tinggi, maka kinerja saham di Amerika Serikat cukup menjanjikan. Anda pun bisa melanjutkan rencana yang akan dilakukan untuk mendapat keuntungan yang valid.

2. Tolak Ukur Portofolio

Selain kinerja saham, indeks saham ini juga bisa digunakan sebagai pembanding kinerja portofolio. Indeks saham yang ditampilkan bisa menjadi acuan, apakah portofolio kita memiliki kinerja lebih baik atau malah buruk di pasar saham Amerika Serikat.

Baca juga: Pahami 4 Hal Ini Dalam Portofolio Investasi!

3. Dilacak oleh Dana

Sudah jadi hal umum apabila investor tidak memilih saham mereka sendiri. Kebanyakan akan memilih untuk berinvestasi secara luas. Agar terlacak oleh dana, sebaiknya investasi dilakukan dengan cara membeli saham reksa dana. Saat ini, ada banyak sekali reksa dana yang susunannya serupa dengan S&P 500. Jadi secara langsung ataupun tidak, kita akan memperoleh manfaat atau kerugian sesuai dengan kinerja indeks saham ini.

Kesimpulan

Meskipun kelihatannya cukup populer dan kerap dijadikan tolak ukur, nyatanya S&P bukan indikator pasti kesejahteraan ekonomi di Amerika Serikat. Bisa dibilang, S&P hanya satu faktor, sedangkan di lapangan ada banyak faktor lain yang berpengaruh dan memiliki peran cukup krusial.

Satu-satunya hal yang membuat S&P populer adalah terlibatnya 500 perusahaan Amerika Serikat di dalamnya. Semua perusahaan tersebut merupakan sample tepat untuk mengindikasi kinerja saham di Negeri Paman Sam ini. 

Bagaimana, sudah memiliki gambaran tentang apa itu S&P 500? Semoga ulasan di atas bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]