SIPP Online: Cara Serta Panduan Pengisiannya!

0
2465
SIPP Online

Kepesertaan karyawan dan staf di program BPJS Ketenagakerjaan merupakan kewajiban bagi semua pemilik bisnis/perusahaan. Mulai dari pendaftaran, mutasi, data karyawan, dan pengelolaan lainnya merupakan tanggung jawab penuh divisi HRD. 

Sehubungan dengan tugas tersebut, pada tahun-tahun sebelumnya, tim HRD harus mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya sekadar untuk mendaftarkan peserta atau meng-update data karyawan secara langsung. 

Sudah terbayang seberapa rumitnya kerja tim HRD jika perusahaan memiliki ribuan karyawan? Kerumitan ini belum lagi ditambah dengan tugas-tugas lain, seperti pendaftaran BPJS kesehatan, rekrutmen SDM, dan lain-lain. 

Untungnya, sekarang ini BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki SIPP Online (Sistem Informasi Pelaporan Peserta Daring) sehingga perusahaan peserta tak lagi repot mondar-mandir ke kantor BPJS. Semua urusan cukup diselesaikan di depan komputer. Berikut telah dirangkum petunjuk penggunaan aplikasi khusus buat Anda.

Pendaftaran dan Login

Jika baru akan mulai menggunakan aplikasi ini, perusahaan Anda harus terdaftar terlebih dahulu. Sebab itu, lakukan pendaftaran melalui https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id

Kemudian, klik tombol login untuk memulai pengisian data perusahaan dan identitas pengguna. 

Isi data yang diminta, yaitu NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi. Tidak perlu menuliskan nama perusahaan karena akan terisi otomatis (NPP harus terdaftar). Setelah data lengkap, tekan tombol Next.

Anda akan dialihkan ke pengisian bagian Data User Login untuk mengisi Email, Password, dan Ulangi Password. Tekan tombol Next untuk melanjutkan!

Lalu, Anda akan diminta untuk mengisi Nomor Peserta (KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Ponsel. Jika sudah terisi lengkap dan benar, klik Daftar.

Sistem akan mengirimkan kode OTP (One Time Password) ke nomor ponsel yang didaftarkan. Isi kode OTP dan klik tombol Verifikasi!

Setelah itu, cek email Anda untuk mengaktifkan username dan password yang telah didaftarkan pada aplikasi SIPP Online.  Sampai sini, pendaftaran telah selesai. Kemudian, Anda hanya perlu mempelajari menu dan fitur yang tersedia di aplikasi.  

Menu dan Fitur Aplikasi 

Sesuai tujuannya, yakni memudahkan pengguna dalam pengelolaan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, menu dan fitur yang tersedia pada aplikasi ini pun berkaitan dengan proses pendataan.

Mutasi Data 

Dalam menu Mutasi Data, fitur-fitur yang tersedia adalah sebagai berikut.

  • Tambah Tenaga Kerja

Login ke aplikasi terlebih dahulu. Kemudian, klik menu Mutasi Data. Pilih Tambah TK. Anda akan diberikan dua pilihan, yaitu Tambah Individu atau Tambah Massal.  Pilih salah satu sesuai kebutuhan dan tekan tombol Pilih. 

Bila menambahkan secara individu, Anda akan diminta untuk melengkapi profil tenaga kerja yang ditambahkan dalam pop-up form Profil Keluarga. Setelahnya, cek kembali data yang telah diinput. Jika sudah benar dan lengkap, klik tombol Simpan. 

Jika berhasil, data peserta baru dapat dicek melalui tampilan Halaman Utama di bagian LoV Peserta Baru.

Sebaliknya, apabila Anda memilih menambahkan tenaga kerja secara massal. Langkah pertama adalah mengunduh template dokumen yang disediakan di aplikasi. Isi dokumen tersebut. Lalu, upload kembali ke aplikasi. 

  • Upload Upah

Untuk upload upah, Anda harus mengunduh dokumen Excel yang ada di aplikasi. Kemudian, isi template sesuai nominal upah tenaga kerja dan upload ulang dokumen ke aplikasi. 

  • Upload Tenaga Kerja Nonaktif

Pilih tombol TK NA untuk meng-upload data Tenaga Kerja Nonaktif. Caranya sama dengan poin upload upah.

Baca juga: Pentingnya Memahami Peraturan Serta Pengertian Ketenagakerjaan

  • Hitung Iuran

Jika semua data di poin 1-3 telah sesuai, aplikasi akan menghitung iuran secara otomatis. Anda hanya perlu klik tombol Hitung Iuran untuk mendapatkan hasil kalkulasi secara detail, mulai dari jumlah upah & rapel, iuran tenaga kerja, iuran perusahaan, dan jumlah total.

  • Finalisasi

Bila dirasa semua langkah dari poin 1-4 sudah benar, Anda hanya perlu melakukan finalisasi dari kolom yang tersedia. Lalu, sistem akan menampilkan Kode Iuran, Nama Perusahaan, Bulan Iuran, dan Metode Pembayaran pada layar. Setelah pembayaran dilakukan, Anda hanya perlu memonitornya saja.

Monitoring Iuran

Login ke aplikasi dengan username dan password yang telah terdaftar. Kemudian, klik menu Monitoring. Seluruh informasi yang Anda inginkan seputar iuran ada di sana, seperti jumlah total iuran, status pembayaran, dan lainnya.

Laporan

Ingin punya bukti cetak dari semua data BPJS Ketenagakerjaan yang ada, misalnya tenaga kerja baru, tenaga kerja keluar, perincian upah, dan perincian iuran? Semua bisa didapatkan melalui aplikasi. Anda hanya perlu login, membuka menu Laporan, memilih dan mengunduh data yang diperlukan.

Kesimpulan

Pada dasarnya, penggunaan SIPP Online ini hanya memerlukan pembiasaan saja. Makin sering Anda mengoperasikannya, makin cepat Anda menguasai sistem ini. Pasalnya, semua menu dan fitur sangat ramah pengguna (user friendly). Jadi, Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam proses pemanfaatannya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]