Sifat-Sifat yang Dimiliki Umar Bin Khattab sebagai Teladan Umat Muslim

0
2547
Sifat Sifat yang dimiliki Umar bin Khattab

Sebagai seorang khalifah, Umar bin Khattab yang merupakan salah satu sahabat Nabi, terus menyebarkan agama Islam dari pelosok ke pelosok. Ternyata, masih banyak yang belum mengetahui sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab yang bisa diteladani oleh umat Muslim. Apa sajakah sifat-sifat tersebut? Simak informasinya di bawah ini. 

Mengenal Umar bin Khattab Lebih Dekat

Lahir dengan nama lengkapnya yakni Umar bin Khattab bin Nufail bin Abdil Uzza bin Riyaah Al-Quraisy, Umar awalnya adalah seorang pemuka suku Quraisy Mekah. Ia juga merupakan seorang pegulat yang kuat dan hampir tidak pernah kalah dalam pertarungannya. Meski demikian, ia melakukan olahraga gulat hanya sebagai kegiatan di waktu senggang. 

Pada masa kekhalifahannya (kepemimpinannya), Umar bin Khattab menyebarkan agama  Islam dan membuatnya mengalami kemajuan pesar di seluruh jazirah Arab. Berdasarkan sebuah buku karya Siti Nur Aidah yang berjudul Kumpulan Kisah Teladan Sahabat Nabi, Umar bin Khattab ialah salah satu dari empat orang sahabat Nabi Muhammad SAW yang terpenting. 

Sifat Umar bin Khattab yang membuatnya dapat membedakan yang benar maupun yang salah dengan mudah adalah alasan di balik munculnya julukan “Al-Faruq” baginya. Di samping itu, Umar Bin Khattab pun dikenal tegas, berani, adil, dan amanah selama kepemimpinannya. Temukan sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab lainnya di paragraf selanjutnya. 

Sifat-sifat yang Dimiliki Umar bin Khattab

Sifat-sifat yang sangat mulia dari salah satu sahabat terpenting Rasulullah merupakan faktor-faktor penting dalam perkembangan Islam, terutama di masa-masa awal perjuangan. Berikut ini adalah sifat-sifat dari khalifah setelah kekhalifahan Abu Bakar As-Shiddiq yang perlu Anda ketahui:

1. Berkarakter Kuat

Umar bin Khattab sungguh dikenal sebagai tokoh yang berkarakter tangguh saat menegakkan kebenaran. Bahkan, ia tidak menyembunyikan fakta bahwa ia seorang muslim terhadap para pemimpin suku Quraisy yang kafir. Keberanian beliau pun dijelaskan pada sebuah hadis riwayat Ibnu Majah yang inti interpretasinya adalah bahwa khalifah Abu Bakar adalah pemimpin paling penyayang sementara Umar bin Khattab adalah pemimpin yang kuat, teguh, dan selalu berpegang pada agama Allah. 

2. Bertanggung Jawab dan Amanah

Selain itu, sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab lainnya adalah rasa tanggung jawab dan amanah (dapat dipercaya) yang besar. Selama memimpin, beliau rela menyamar sebagai seorang rakyat jelata demi mengenal lebih mendalam kondisi rakyatnya. 

Dalam sebuah hadis riwayat, diceritakan bahwa Umar bin Khattab sedang mengejar seekor unta amal yang terlepas dan kemudian ia berhasil menangkapnya. Umar juga mengatakan bahwa bila ada seekor kambing saja yang hilang di pinggiran sungai Efrat, ia akan mempertanggung jawabkannya pada hari akhir (kiamat). 

Baca juga: Apa Itu Business Development dan Apa Saja Tanggung Jawabnya?

3. Pandai dan Penuh Pengetahuan

Dalam salah satu hadis riwayat dari Imam Bukhari, Umar bin Khattab juga diketahui pandai semasa hidupnya. Ia juga berwawasan luas karena banyak belajar dari Nabi SAW sebelum menjadi seorang khalifah. 

4. Menegakkan Keadilan

Salah satu sifat seorang pemimpin yang paling mulia adalah punya rasa keadilan yang tinggi. Umar bin Khattab ialah seorang khalifah yang pada masanya senantiasa menegakkan keadilan. Ia memberikan hukuman maupun hadiah seadil-adilnya bagi siapa saja yang layak mendapatkannya. 

5. Senantiasa Hidup Bersahaja

Hidup sebelum dan sesudah menjadi seorang khalifah tidak berubah bagi Umar bin Khattab. Beliau tetap menjunjung tinggi kesederhanaan. Ia pun mencontohkan pada rakyatnya bahwa hidup bersahaja itu sangat penting meski memiliki harta yang berlimpah. Dengan demikian, kita akan selalu merasa berkecukupan dan bersyukur atas semua pemberian Allah SWT. 

Hasilnya, hidup pun akan menjadi lebih tentram dan damai karena tidak hanya urusan duniawi yang dikejar. 

Di atas semua sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab di atas, beliau ternyata juga adalah seorang pekerja yang cakap. Selain bekerja sebagai juru tulis yang bisa diandalkan oleh Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab juga merupakan seorang juru diplomasi yang profesional. Semua kecakapan tersebut bahkan telah dimiliki Umar jauh sebelum ia memeluk agama Islam dan menjadi seorang khalifah. 

Itulah pembahasan mengenai sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa jadi teladan dalam hidup. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].