Sepuluh Tips Agar Hidup Terbebas dari Utang

2
465

Utang adalah masalah keuangan yang suka tidak suka pasti dimiliki seseorang. Seseorang yang berutang biasanya karena berbagai alasan yang menghampiri dan merupakan solusi akhir untuk melakukan hal tersebut. Namun, utang ini sebenarnya bukan akhir dari penyelesaian masalah justru sebaliknya, sering kali karena banyak orang yang terjebak dengan utang dan tidak bisa membayarnya.

Faktor-faktor tidak bisa membayar utang pun beragam mulai dari karena memang belum memiliki dana, bunga bertambah jika meminjam ke lembaga atau ke bank, dan berbagai alasan lainnya. Berikut ini adalah sepuluh tips yang bisa kamu lakukan agar segera terbebas dari utang.

  • Evaluasi pemasukan dan pengeluaran

Yang pertama harus kamu lakukan adalah cek sejumlah tagihan yang harus kamu bayar setiap bulannya, kamu juga perlu melakukan perincian pengeluaran dari hal yang besar hingga hal terkecil. Kemudian kamu sesuaikan dengan jumlah pemasukan yang kamu terima, tentunya jumlah pengeluaran kamu harus lebih kecil dengan jumlah pemasukan. Dengan melakukan evaluasi ini beberapa kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting, namun mendapatkan porsi biaya yang besar tidak perlu kamu beli dan meringankan pengeluaran.

  • Turunkan standar gaya hidup

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menurunkan standar gaya hidup. Seringkali, orang-orang berutang karena gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatannya. Contohnya, membeli kopi di coffee shop yang harganya cukup merogoh kocek minimal Rp 30 ribuan sampai Rp 50 ribuan, sah-sah saja jika kamu memang memiliki uang yang cukup, tapi sebaliknya buat kamu yang dananya terbatas, lebih baik membuat kopi di rumah atau tidak sama sekali.

  • Inventarisir jumlah utang

Jika kamu sudah terlanjur memiliki utang, yang harus kamu lakukan adalah coba cek ulang berapa jumlah total utang yang kamu miliki. Utang dengan bunga yang sangat tinggi sudah pasti akan terasa mencekik Anda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu melunasi utang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu. Melunasi utang dengan bunga tinggi bukan berarti harus mengabaikan utang yang lain. Jika ada dana yang masih cukup, segera lunasi juga utang yang lainnya.

  • Stop cari utang baru

Terkadang orang berpikir untuk terus meminjam uang pada seseorang atau lembaga untuk membayar utang yang sudah menumpuk. Seringnya hal tersebut disebut gali lobang tutup lobang, jangan lakukan ini ya! Karena hanya akan membuat hidup kamu selalu dikelilingi utang, dan ujung-ujungnya membuat stress.

  • Cari pekerjaan tambahan

Jangan sia-siakan kesempatan untuk mencari pekerjaan tambahan, dengan begitu kamu akan mendapatkan uang tambahan yang bisa dipakai untuk biaya hidup kamu sehingga kamu terbebas dari utang. Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Kamu bisa coba berbagai pekerjaan sampingan yang bahkan gak butuh modal, cukup keahlian yang kamu miliki.

  • Gadai barang berharga

Kalau memiliki barang berharga semisal perhiasan emas, gadaikan aja demi memiliki dana untuk membayar kebutuhan kamu atau juga untuk membayarkan utang yang terlajur kamu miliki, dengan cara ini bisa menghindari kamu dari utang. Terus seandainya aja kamu sulit membayar cicilanya. Soalnya barang yang kamu jaminkan otomatis menjadi milik pemberi pinjaman dengan catatan cicilan belum dibayar pada waktunya

  • Lakukan refinancing

Refinancing adalah cara melunasi utang dengan mengambil pinjaman baru yang bunganya lebih rendah. Opsi ini bisa diambil agar utang yang cicilannya besar bisa segera dibereskan. Walaupun bisa menjadi pilihan, opsi refinancing diibaratkan banyak orang dengan istilah “gali lubang, tutup lubang”. Pengajuan refinancing ini boleh di lembaga keuangan tempat kamu berutang atau lembaga keuangan lain.

  • Jual barang yang gak kamu butuhkan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk terbebas dari utang adalah menjual barang-barang yang gak kamu butuhkan. Coba kamu cek ada gak ya barang yang masih bagus namun tidak terpakai, lebih baik kamu jual aja. Kamu juga bisa menjual barang yang bernilai misal mobil atau motor yang cukup mudah menjualnya.

  • Restrukturisasi utang

Kamu bisa juga mengajukan opsi restrukturisasi utang sebagai cara terbebas dari utang. Apa itu restrukturisasi utang? Restrukturisasi adalah pembaruan perjanjian utang piutang antara peminjam (debitur) dan pemberi pinjaman (kreditur) karena alasan kesulitan keuangan debitur. Biasanya opsi yang diberikan lembaga keuangan, yaitu penurunan bunga dengan memperpanjang tenor pinjaman.

  • Disiplin dan tanggung jawab

Ketika kamu sudah fokus untuk membayar utang dengan cara di atas, maka disiplinkan diri untuk menjalankan cara tersebut sampai semua utang lunas. Jangan sampai lari dari tanggung jawab membayar utang, karena itu hanya akan membuat kamu dikejar rasa bersalah dan tidak nyaman menjalani hidup.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut

2 COMMENTS

Comments are closed.