Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Angel Investor

0
5036
Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Angel Investor

Angel investing adalah istilah yang populer belakangan ini. Kegiatan ini melibatkan seorang investor atau lebih untuk menegosiasikan syarat dan ketentuan sebelum berinvestasi dalam sebuah bisnis, bentuk penilaian dari yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam satu kali kesepakatan mungkin Anda dapat berinvestasi beberapa kali, yang biasa dikenal dengan investing in “rounds, sambil mempertahankan bagian saham Anda dalam startup. Jika perusahaan tersebut sukses dan mendapatkan keuntungan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari setiap investasi yang Anda lakukan.

Siapakah Angel Investor?

Angel investor adalah seseorang yang mau berinvestasi pada startup atau usaha kecil menengah yang memiliki prospek masa depan yang menjanjikan, dengan imbalan sejumlah bunga yang disepakati selama jangka waktu tertentu. Contoh perusahaan yang berhasil mendapatkan pendanaan dari angel investor adalah Facebook and WhatsApp.

Artikel ini akan merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang angel investing.

Berapa jumlah yang biasanya diinvestasikan oleh Angel Investor?

Jumlahnya bisa bervariasi dari serendah $ 5000 (Rp66.650.000,-) sampai $ 100.000 (Rp1.332.800.000,-) atau lebih.

Apa saja hal yang dianggap penting oleh Angel Investor?

Biasanya mereka memperhatikan tentang:

  • Kelangsungan hidup perusahaan Anda, integritas dan jangkauannya, yang menjadi fondasi para pendiri untuk menumbuhkannya.
  • Peluang apa yang dapat Anda maksimalkan dan bagaimana peluang perusahaan untuk melakukan bisnis di masa depan.
  • Rencana bisnis yang disusun dengan hati-hati, dengan strategi yang telah dilakukan dengan baik di masa lalu, dan mungkin juga terbukti berbuah di masa depan.
  • Saat ini, angel investor lebih suka berinvestasi pada perusahaan yang ramah teknologi (tech-savvy), karena bisnis semacam itu dapat berkembang dengan baik di era sekarang.
  • Statistik tentang apa yang telah dicapai sejauh ini dan apa yang diharapkan dari bisnis semacam itu di kemudian hari.

Apa yang harus Anda miliki sebelum menghubungi Angel Investor?

Sebelum mulai menghubungi Angel Investor atau menggunakan platform yang dapat menghubungkan Anda dengan Angel Investor. Berikut adalah daftar pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan.

  • Promosi penjualan yang ringkas dan persuasif;
  • Ringkasan mengenai bisnis Anda;
  • Prototipe kerja (jika apa yang Anda kembangkan adalah sebuah produk);
  • Gagasan tentang pelanggan yang telah Anda capai sejauh ini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses ini?

Seperti yang dikatakan Mark Twain, “Good things come to those who wait and don’t die in the mean time”. Angel Investing adalah proses yang panjang. Anda mungkin harus mencoba beberapa kali sebelum sukses di bidang ini atau mungkin saja Anda butuh lebih banyak waktu dibandingkan usaha lain dan sebaliknya. Jika Anda cukup beruntung, Anda mungkin akan menemukan seseorang yang menganggap bisnis Anda sebagai hal yang paling menarik di Bumi. Jadi, jangan pernah kehilangan harapan, teruslah bekerja semaksimal mungkin untuk tujuan Anda. Fokus pada pengalaman yang akan Anda dapatkan dari proses ini.

Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here