Selamat Datang Desember, Bagaimana Keuangan Pribadimu?

0
325

Sob, bagaimana perjalanan hidup selama tahun 2020? Nggak terasa 30 hari lagi akan berganti ke 2021. Kalian tetap semangat nggak menyambut tahun yang baru? Lantas, kondisi keuangan pribadi bagaimana?

Sebelum menyambut tahun yang baru 2021, yuk review keuangan pribadi menjelang akhir tahun 2020. Hal ini agar keuangan 2021 menjadi lebih baik bahkan terukur dan terarah.

Merangkum artikel-artikel tepercaya, berikut 5 tips bagaimana mereview keuangan pribadi menuju akhir tahun 2020.

1. Cash flow
Mengelola keuangan yang baik adalah membuat catatan terhadap 5 pos pengeluaran utama. Seperti, cicilan dan tagihan, investasi, kebutuhan rutin, sosial, dan lifestyle. Ceklah pengeluaran-pengeluaran tersebut, apakah ada yang kurang seimbang di antara kelimanya?

Jika dalam catatan pengeluaran lifestyle Sobat jauh lebih besar ketimbang investasi, maka ada baiknya Sobat mengulik kembali rencana anggaranmu untuk tahun depan. Contoh, jika pengeluaran lifestyle rata-rata mencapai Rp6 juta per bulan, sedangkan investasi hanya bisa Rp500 ribu setiap bulan. Seharusnya investasi yang lebih besar dibandingkan dengan lifestyle. Untuk itu, cobalah lakukan restrukturisasi pos pengeluaranmu ya Sob.

Tak kalah penting, cek kembali pendapatanmu, dan pastikan buat pos pengeluaran yang tepat agar gajimu tidak cuma numpang lewat doang.

2. Kinerja investasi
Sobat sudah berinvestasi apa saja di tahun 2020 ini? Sudah bertambahkah portofoliomu? Atau setidaknya, seberapa pertumbuhan nominalnya? Apakah positif? Atau, malah negatif?

Kinerja investasi yang negatif bisa jadi juga bukan kesalahanmu semata. Bisa juga dipengaruhi oleh kondisi eksternal yang tidak dapat dikendalikan. Salah satunya seperti kondisi pasar modal yang sangat fluktuatif di tahun ini.

Meski demikian, kamu tetap bisa melakukan review terhadap pengelolaan investasinya. Dengan kondisi yang penuh kejutan seperti tahun 2020, apakah Sobat perlu untuk melanjutkannya di tahun depan, atau perlu mengganti produk investasimu?

Untuk hal ini, Sobat sendiri yang lebih mengetahuinya karena setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam berinvestasi. Yang terpenting, lakukan review dengan saksama karena uangmu adalah tanggung jawabmu pribadi. Bukan tanggung jawab manajer investasi, bukan tanggung jawab perencana keuanganmu, bukan pula tanggung jawab perusahaan sekuritas.

Baca Juga:
Bacaan Buku Inspiratif untuk Kelola Keuangan
Mengenal Tentang Perencana Keuangan

3. Performa aset
Sob, berbicara pertumbuhan aset di tahun 2020 bisa dikatakan sangat sulit. Mengingat untuk mendapatkan pendapatan atau kenaikan gaji pun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi jika memang di tahun 2020 ini Sobat belum bisa menambahnya, setidaknya mempertahankannya.

Jadi, pastikan jangan sampai terlalu banyak membeli aset yang justru menggerogoti kesehatan keuanganmu lantaran membelinya dengan berutang, jika seperti ini, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli sesuatu, kebutuhankah atau sekadar keinginan karena aset sedang turun harga?

4. Rasio kesehatan keuangan
Aset-aset yang Sobat miliki semestinya bisa menutup rasio utang yang Sobat miliki. Jika tidak, artinya harus dicek kembali rasio kesehatan keuanganmu, sebagai bagian dari review pengelolaan keuangan pribadi akhir tahun.

Tiga rasio keuangan yang wajib dijaga agar tetap sehat adalah rasio cicilan utang, rasio menabung atau investasi, dan rasio likuiditas. Lakukan review terhadap keuanganmu di tahun 2020, apakah ketiga rasio itu sudah terpenuhi dengan baik. Jika belum, segera buat perencanaan agar keuanganmu lebih sehat di tahun 2021 mendatang.

5. Review tujuan keuangan
Setelah empat tips tersebut dilakukan, yang terakhir dan harus Sobat cek kembali dalam review keuangan pribadi menjelang akhir tahun ini adalah posisimu terhadap tujuan keuangan yang sudah pernah Sobat tentukan sebelumnya.

Berapa pertumbuhannya, kalau perlu dibandingkan dengan posisi review akhir tahun 2019. Bagaimana posisinya? Bertumbuh, atau justru malah melangkah mundur dari tujuan awal?

Jika memang butuh perbaikan, maka segeralah merencanakan apa saja yang harus dilakukan di tahun 2021 untuk membuatnya jadi lebih baik setidaknya menyesuaikan.

Sob, itulah 5 tips mereview keuangan pribadi menuju akhir tahun 2020. Setelah membuat review, Sobat akan mengetahui seberapa berhasilnya mencapai tujuan yang telah Sobat buat tahun sebelumnya. Tentu hal ini menyenangkan, jika belum berhasil Sobat bisa intropeksi diri, jika sudah berhasil Sobat bisa memacu diri lebih baik lagi.

Well, apa pun kondisinya tetap semangat ya Sob! Segera rumuskan rencana keuangan baru untuk dilakukan di tahun 2021 yang lebih terukur dan terarah!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]