Sejarah Hari ini: Italia Juara Piala Dunia 2006

0
1650
Kemenangan Italia Piala Dunia 2006 - Sumber Photo: FIFA

“pendapatan pariwisata selama ajang Piala Dunia naik sekitar US$400 juta”

Kemenangan Italia terhadap Prancis pada ajang Piala Dunia 2006 menjadi ‘tontonan drama’ yang sangat prestisius di sepanjang perhelatan Piala Dunia edisi ke-18. Faktanya, di laga final yang berlangsung pada 9 Juli 2006 tersebut menjadi partai yang paling berwarna dimana Italia sukses menggondol Piala Dunia yang keempatnya dengan mengandaskan Prancis dalam babak adu penalti.

Perih memang tidak bisa dihindari oleh Tim Ayam Jantan yang sudah unggul terlebih dahulu atas Italia setelah Zinedine Zidane berhasil mencetak gol melalui eksekusi penalti dalam laga yang baru berjalan selama tujuh menit. Namun, 12 menit kemudian Italia membalasnya dengan sundulan bek Marco Materazzi dan membuat skor imbang 1-1 hingga babak adu penalti pun harus dilakukan.

Insiden paling dikenang

Disaksikan 69 ribu penonton yang memadati Olympiastadion, Jerman pada 9 Juli 2006 itu terjadi insiden yang paling dikenang sepanjang waktu, tepatnya saat perpanjangan waktu. Insiden itu terjadi pada menit ke-110 akibat Zidane yang melakukan tandukan terhadap Materazzi karena merasa diprovokasi.

Akibat perbuatannya tersebut, aksi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA 1998, 2000, dan 2003 langsung diganjar kartu merah. Prancis pun harus rela kehilangan satu pemain untuk bertahan hingga adu penalti. Akhirnya, trofi Piala Dunia 2006 harus rela diberikan kepada Italia. Kekalahan ini akibat tendangan David Trezeguet yang gagal mengeksekusi penalti.

Sementara, empat penggawa Italia, termasuk Grosso yang menjadi eksekutor terakhir sukses menunaikan kewajiban. Alhasil, tim asuhan Marcello Lippi sukses menjadi jawara di hadapan publik tuan rumah Jerman. Meski begitu, FIFA tetap memberi apresiasi terhadap Zidane yang mengangkat performa Prancis sebagai Pemain Terbaik di Piala Dunia 2006.

Atas kemenangannya, Italia menempatkan diri sebagai tim sepak bola terbaik dunia. Kemenangan tersebut merupakan trofi keempat yang diraih Italia setelah 1934, 1938, dan 1982. Torehan tersebut membuat “Gli Azzurri” mendekati Brasil yang lima kali juara dan meninggalkan Jerman.

Saksikan cuplikan pertandingan Final Piala Dunia 20016:

Keberhasilan Ekonomi Sosial Piala Dunia 2006

Piala Dunia FIFA memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi global. FIFA mengklaim sebagai badan pemerintahan global sepakbola dengan 204 negara anggota ajang Piala Dunia FIFA sebagai “bisnis besar” global.

Dikabarkan, Jerman sebagai tuan rumah Piala Dunia 2006 telah menggelontorkan dana sebesar US$4,6 miliar atau €3,7 miliar. Mengutip DW.com, kantor berita yang didirikan sejak 3 Mei 1953 di Jerman menyampaikan, Pemerintah Jerman melaporkan bahwa pendapatan pariwisata selama ajang Piala Dunia naik sekitar US$400 juta dan menghasilkan sekitar US$3 miliar lebih penjualan ritel seperti kaos dan perlengkapan lainnya yang berkaitan dengan Piala Dunia 2006, tingkat pengunjung restoran dan bar selalu penuh di semua jam turnamen, dan jumlah penonton yang hadir di Jerman mencapai 15 juta lebih yang mana angka ini melebihi dari yang diperkirakan. Bahkan dilaporkan 500.000 pekerjaan baru dihasilkan sebagai persiapan turnamen. Maka Piala Dunia 2006 memberikan dampak yang menggairahkan bagi ekonomi dan sosial Jerman.

Baca Juga:
30 Juni 2002, Brasil Juara Piala Dunia
Selamat Ulang Tahun Kota Medan ke-430 Tahun

Wolfgang Schäuble, Menteri Dalam Negeri Jerman (kala itu) mengatakan, Piala Dunia memiliki efek yang sangat positif pada perekonomian Jerman dan membantu meningkatkan citranya secara internasional.

“Turnamen empat minggu itu membuat industri pariwisata Jerman mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar US$399 juta” ucapnya kepada DW.com

Sobat, itulah kilas balik kemenangan Italia pada ajang sepak bola terbesar dunia tepatnya pada 9 Juli 2006 lalu.

Sobat ingin menjadi saksi langsung pertandingan Piala Dunia 2022 yang rencananya akan digelar di Qatar? Yuk, mulai sekarang kembangkan danamu di Akseleran! Karena mengembangkan dana di Akseleran Sobat akan mendapatkan imbal hasil mencapai 21% per tahun, selain itu Sobat juga membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tengah membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya. Asik kan?

Setelah membantu UKM dan mendapatkan bunga, hasil dari pengembangan dana nantinya bisa Sobat gunakan untuk menyaksikan ajang FIFA 2022.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]