Jangan Ketipu! Ini Maksud Phishing dan Scam Adalah

0
220
Scam Adalah

Phishing dan scam adalah dua istilah yang akrab dengan kejahatan internet. Scam sendiri secara umum merujuk kepada skema atau trik menipu yang digunakan untuk mengelabui seseorang atau sesuatu, terutama untuk mendapatkan uang. Scam juga bisa berarti tindakan yang dilakukan untuk mencurangi seseorang dengan cara yang negatif.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang phising dan scam di internet serta bagaimana cara menghindarinya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Scam?

Scam adalah tindak kecurangan yang bisa terjadi baik secara online maupun offline. Contoh scam yang dilakukan secara offline adalah ketika Anda kehilangan dompet dan seseorang dengan sengaja menggunakan data dan informasi penting yang mereka temukan di dalam dompet Anda untuk melakukan tindak kejahatan atau untuk mengambil keuntungan. Ketika Anda bertemu dengan seseorang yang berpura-pura berasal dari lembaga sosial untuk meminta sumbangan, ini juga bisa disebut sebagai scam offline.

Seiring dengan perkembangan zaman, scam semakin banyak dilakukan via internet atau disebut dengan internet scam. Istilah umum ini mengacu pada seseorang yang menggunakan layanan internet atau perangkat lunak untuk menipu dan memanfaatkan korban, biasanya untuk mendapatkan keuntungan secara finansial. Semakin lama, modus yang dipakai pun semakin beragam. Karena itu, Anda harus benar-benar mewaspadainya.

Beberapa contoh scam yang bisa Anda temukan di internet antara lain adalah:

  • Berpura-pura menjadi kenalan di Facebook. Pengguna Facebook sangat rentan mengalami scam jenis ini. Biasanya, penjahat akan membuat akun dan berpura-pura menjadi salah satu kenalan Anda atau bisa juga dengan meretas akun kenalan Anda untuk menghubungi Anda. Dengan cara ini, mereka akan mengambil keuntungan dari Anda
  • Situs belanja palsu. Untuk bisa menjaring korban sebanyak-banyaknya, ada sekelompok scammer online yang sengaja membuat situs belanja online dengan desain yang menarik dan meyakinkan. Situs-situs semacam ini biasanya menawarkan sesuatu yang tidak masuk akal. Misalnya saja barang bermerek dengan harga murah dan lain sebagainya. Ketika Anda sudah melakukan pembelian dan membayar, Anda mungkin akan mendapatkan barang palsu atau bahkan tidak mendapatkan apa-apa sama sekali.
  • Phishing. Phishing adalah salah satu scam online yang paling umum terjadi. Dilansir dari Katadata, pada tahun 2021 saja ada kerugian senilai 6,9 miliar dolar yang disebabkan oleh kejahatan internet phishing. Untuk memahami lebih jauh tentang phishing, Anda bisa membaca sub-bab berikutnya.

Baca juga: Cyber Crime: Pengertian, Jenis, dan Cara agar Terhindar

Apa yang Dimaksud dengan Phishing?

Phishing merupakan kejahatan siber yang dilakukan oleh penjahat dengan menghubungi target lewat email, telepon dan SMS. Pelaku akan menyamar sebagai institusi yang sah untuk memengaruhi korban agar memberikan data sensitif seperti identitas pribadi, detail kartu kredit dan rekening hingga PIN dan kata sandi.

Informasi tersebut kemudian dipakai untuk mengakses dan mengambil alih akun penting sehingga mengakibatkan pencurian identitas dan kerugian finansial.

Cara Menghindari Kejahatan Scam dan Phishing

Kejahatan scam berupa phishing dapat dihindari dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Beri proteksi pada komputer atau gawai Anda dengan software keamanan. Atur agar software bisa diperbarui secara otomatis sehingga bisa melindungi Anda dari ancaman keamanan jenis baru
  • Lindungi ponsel Anda dengan melakukan pembarua perangkat lunak secara otomatis. Pembaruan ini bisa memberikan perlindungan yang baik terhadap ancaman keamanan
  • Manfaatkan otentikasi multi-faktor. Beberapa aplikasi dan situs menawarkan keamanan ekstra dengan meminta dua atau lebih kredensial sebelum Anda bisa masuk ke dalam akun. Ini disebut dengan otentikasi multi-faktor. Manfaatkan otentikasi ini untuk memberikan perlindungan yang lebih optimal
  • Cadangkan data secara berkala. Cadangkan data Anda dan pastikan cadangan tersebut tidak terhubung ke jaringan. Anda dapat menyalin file komputer Anda ke hard drive eksternal atau penyimpanan cloud. Cadangkan juga data di ponsel Anda.

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk menghindari phishing dan scam adalah dengan menggunakan aplikasi yang memang sudah terjamin keamanannya. Akseleran sebagai perusahaan P2P lending yang beraktivitas di dunia keuangan menjamin para penggunanya tetap aman selama mengakses platform. Akseleran juga beroperasi dengan izin dan pengawasan OJK sehingga dijamin legalitasnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]