Sampaikan Kritik dengan Constructive Feedback

0
140
Sampaikan Kritik dengan Constructive Feedback

Dalam bekerja tim, memberikan feedback atau umpan balik adalah salah satu cara bagi kita untuk memberikan tanggapan atas upaya atau pekerjaan yang dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan semangat tim maupun mengidentifikasi peluang perbaikan. Constructive feedback sendiri merupakan jenis umpan balik yang ditujukan untuk mencapai hasil positif dengan memberikan seseorang komentar atau saran yang berguna untuk pekerjaan dan masa depan mereka. Hasilnya bisa berupa proses yang lebih cepat, memperbaiki perilaku, mengidentifikasi kelemahan, atau memberikan perspektif baru.

Secara umum terdapat dua kategori umpan balik, yaitu positive feedback dan negative feedback. Positive feedback adalah sebuah masukan yang diberikan ketika anggota tim bekerja dengan baik, atau dapat dikategorikan sebagai pujian. Sementara negative feedback adalah masukan yang diberikan jika anggota tim memiliki kesalahan atau kurang baik dalam melakukan sebuah pekerjaan atau bisa dikategorikan sebagai kritik. Menyampaikan pujian adalah hal yang mudah, namun bagaimana cara menyampaikan kritik agar menjadi constructive feedback bagi rekan kerja? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan.

  • Pahami masalah yang terjadi serta dampak yang timbul. Lalu jelaskan situasi dengan spesifik dan mudah dipahami.
  • Bicarakan dan cari tahu penyebab perubahan perilaku yang terjadi dan pahami apa yang dirasakan oleh kedua pihak.
  • Ungkapkan kebutuhan dari kedua belah pihak, lalu pahami dan diskusikan keinginan satu sama lain
  • Berikan saran untuk perbaikan karena constructive feedback berfokus pada memperbaiki masalah, bukan menyalahkan salah satu pihak.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut