Rupiah Berpotensi ke Level Rp14.200

0
170

Kendati dibayangi pelemahan pada pekan ini, kinerja rupiah diproyeksi dapat bergerak positif secara terbatas pekan depan. Apa saja faktor yang menjadi katalis positif bagi rupiah pekan depan?

Pernyataan Ketua Federal Reserve (The Fed) di Parlemen AS yang menegaskan komitmen The Fed untuk menjaga suku bunga AS tetap rendah dan akan terus membeli obligasi untuk dukung perekonomian AS, menurut Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf akan jadi salah satu katalis positif bagi rupiah.

“Kebijakan The Fed akan memperberat kinerja dolar AS dan menguntungkan buat rupiah,” ujar Alwi kepada Akseleran, Kamis (25/2/2021)

Alwi menambahkan, di dalam negeri, katalis positif datang dari berita perkembangan vaksin covid-19. Selain itu, sektor manufaktur yang menunjukkan ekspansi juga akan mendukung penguatan rupiah. 

Di sisi lain, angka inflasi bulanan diperkirakan naik sementara secara tahunan (YoY) diperkirakan melambat menjadi 1,4% dari 1,55%. Jika data-data tersebut dirilis lebih rendah daripada perkiraan, kemungkinan akan melemahkan rupiah.

“Perkiraan pergerakan rupiah minggu depan ada di kisaran 13.990 – 14.215,” ujar Alwi.

Sementara itu, Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo memperkirakan rupiah cenderung bergerak terbatas pada kisaran 14.000-14.200. 

Hari ini (26/2) mengacu pada kurs tengah BI, rupiah melemah ke level Rp14.229 per dolar AS dibandingkan sehari sebelumnya  yang berada pada level 14.104 per dolar AS.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]