Kisah Ruja Ignatova, Buronan Kripto Paling Dicari di Dunia!

2
671
Kisah Ruja Ignatova, Buronan Kripto Paling Dicari di Dunia!

Aset crypto emang terkenal dengan potensi keuntungannya yang sangat tinggi. Dalam waktu yang relatif sebentar, harga aset crypto bisa meroket ratusan bahkan ribuan persen. Karena itu, banyak orang yang tergiur dengan potensi keuntungannya ini.

Namun ada pula orang yang memanfaatkan ini sebagai ladang penipuan berkedok aset crypto. Salah satunya adalah Ruja Ignatova, wanita yang berhasil melakukan penipuan hingga Rp60 triliun dari project OneCoin. Hingga saat ini, Ruja Ignatova mash jadi buronan polisi internasional dan belum diketahui keberadaannya.

Dunia kripto memang menyediakan banyak peluang bagi siapapun untuk berinovasi. Salah satunya dengan membangun proyek kripto yang benar-benar bermanfaat bagi orang banyak. Alih-alih memberi manfaat, orang-orang yang memanfaatkannya untuk menipu banyak orang mendompleng proyek kripto yang berhasil untuk menipu siapapun.

Pada akhir tahun 2014, Ruja Ignatova memperkenalkan OneCoin sebagai kripto yang terdesentralisasi dan digadang-gadang akan menjadi kripto nomor satu menyaingi Bitcoin yang sedang populer saat itu. Namun pada kenyataannya, OneCoin dijalankan melalui server privat OneCoin Ltd yang artinya OneCoin adalah kripto yang terpusat dan bukan terdesentralisasi layaknya Bitcoin. Ignatova berhasil memanfaatkan reputasi OneCoin yang misterius untuk membuat berbagai pernyataan bombastis. Termasuk klaim bahwa OneCoin bakal jadi mata uang kripto terbesar di dunia.

Dalam praktiknya, OneCoin menawarkan produk educational packages yang berisikan materi-materi tentang investasi kripto serta bonus token OneCoin yang dapat digunakan untuk melakukan mining token OneCoin itu sendiri. Tapi ada satu keanehan yang sebenarnya ditampilkan sejak awal. OneCoin membuat sistem yang mirip dengan skema ponzi, di mana setiap orang yang membeli produk akan mendapatkan komisi jika mengajak orang lain untuk bergabung. Harga produk ini berkisar antara Rp1,53 juta hingga Rp3,45 miliar per paket. Nantinya, token OneCoin yang didapat melalui educational packages dan mining dapat ditukarkan ke virtual wallet dalam bentuk mata uang Euro melalui exchange kripto pribadi milik OneCoin yakni OneCoin Exchange.

Singkatnya hingga awal 2016, OneCoin mengklaim memiliki 3,5 juta member dari seluruh dunia. Hal ini tak lepas dari promosi yang dilakukan Ignatova yang cukup meyakinkan bahwa OneCoin akan merevolusi dunia kripto. Hingga pada Maret 2016, platform perdagangan OneCoin Exchange tiba-tiba berhenti beroperasi dengan alasan peningkatan performa blockchain dan kembali beroperasi berminggu-minggu setelahnya.

Akhirnya pada Januari 2017, tanpa adanya pemberitahuan, OneCoin Exchange berhenti beroperasi permanen dan member tidak dapat menukarkan tokennya sampai saat ini. Padahal, selama waktu OneCoin masih beroperasi, beberapa instansi keuangan dan juga media sempat memberikan warning pada proyek OneCoin ini.

Pada tahun 2015, instansi keuangan Bulgaria memberikan peringatan akan potensi resiko proyek kripto baru yang menyebutkan OneCoin sebagai salah satunya. Pada tahun 2016, media cetak Daily Mirror asal Inggris menyebut bahwa OneCoin adalah sebuah skema cepat kaya (get rich quick scam). Namun, tetap saja banyak orang yang terbuai akan keuntungan yang OneCoin tawarkan.

Hingga saat ini, Ruja Ignatova masih belum dapat ditemukan keberadaannya sejak dinyatakan menghilang pada tahun 2017 silam. Namun pada tahun 2019, saudara kandung Ruja, yakni Konstantin Ignatov yang menggantikan Ruja sebagai leader OneCoin Ltd. ditangkap di Los Angeles. Ignatov mengakui tidak mengetahui keberadaan Ruja Ignatova dan sempat melibatkan investigator dalam pencarian Ruja namun tidak membuahkan hasil.

Sampai akhirnya pada Mei 2022, badan penegak hukum Eropa, Europol, mendaftarkan Ruja Ignatova ke dalam daftar buronan paling dicari di Eropa dan menawarkan Rp76,6 juta untuk berbagai informasi yang mengarah ke penangkapannya.

Pada 30 Juni 2022, FBI juga menetapkan Ruja sebagai Ten Most Wanted Fugitives (10 buronan paling dicari) dengan hadiah US$100.000 atau Rp1,5 miliar tiap informasi yang mengarah ke penangkapannya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

2 COMMENTS

Comments are closed.