Resolusi Keuangan Tahun 2023 yang Wajib Diterapkan!

0
316
Resolusi Keuangan Tahun 2023 yang Wajib Diterapkan!

Tahun yang baru adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi dan membuat resolusi agar menjadi lebih baik di tahun depan. Resolusi tahun baru biasanya dibuat di awal tahun dengan tujuan membantu membuka jalan untuk masa depan dan memberi kita tujuan untuk dikerjakan. Memasuki tahun 2023, cobalah untuk merubah rutinitas resolusi lama dan fokus untuk memperbaiki keuangan pribadi.

1. Buat tujuan keuangan

Setelah melihat kesalahan dan keberhasilan di bidang keuangan di tahun sebelumnya, buatlah tujuan keuanganmu untuk tahun baru ini. Hal tersebut bisa mencakup secara menyeluruh, tujuan besar atau tujuan lebih kecil yang spesifik. Catatlah tujuanmu di tempat yang bisa kamu lihat setiap hari.

2. Lunasi utang

Utang adalah beban dalam keuangan, terlebih jika utang digunakan untuk hal yang bersifat konsumtif. Mulailah melakukan perbaikan keuangan dengan cara melunasi utang yang nominalnya kecil, sehingga keuangan menjadi lebih baik di tahun 2023.

3. Kurangi pengeluaran konsumtif

Ada banyak pengeluaran yang hanya bersifat konsumtif dan tidak mendesak. Meski jika dilihat nominalnya kecil, namun ketika digabungkan tidak jarang pengeluaran ini dapat menjadi pengeluaran yang besar juga dalam keuangan. Cobalah untuk memangkas pengeluaran konsumtif yang tidak terlalu dibutuhkan di tahun ini.

4. Tingkatkan saldo tabungan

Jika selama ini kamu terbiasa menabung dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung, maka resolusi yang satu ini seharusnya tidak akan sulit dilakukan. Cobalah untuk meningkatkan nilai tabungan bulananmu sehingga jumlah tabungan tersebut menjadi lebih besar dari sebelumnya.

5. Berinvestasi

Jika kamu sudah menyisihkan uang untuk ditabung, maka yang satu ini juga tidak kalah penting. Berinvestasi bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan. Pastikan untuk selalu menggunakan ‘uang dingin’ yang disisihkan untuk kebutuhan investasi. Jangan lupa untuk melakukan diversifikasi portofolio untuk dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Sebagai alternatif, kamu bisa mengembangkan dana di Akseleran, platform P2P Lending yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut