Segera Lakukan Pengkinian Data Profilmu!

0
1804
Rekening Dana Lender

Sudah lakukan pengkinian data profilmu? Kalau belum karena masih bingung, semoga artikel panduan ini bisa membantumu menyelesaikan proses pembaharuan datamu. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengapa harus melakukan pengkinian data profil?

Sesuai ketentuan OJK, dana Lender tidak boleh mengendap di Rekening Escrow Akseleran lebih dari 2 (dua) hari. Maka dari itu, sejak Juli 2019, kami melakukan auto-withdrawal atas dana mengendap Lender setiap hari Senin, Rabu, Jumat. Akseleran sangat mengerti bahwa hal ini mengurangi kenyamanan Lender dalam memberikan pinjaman. Karenanya, saat ini Akseleran sedang mengimplementasikan sistem Rekening Dana Lender (RDL) dimana kami akan memfasilitasi pembukaan RDL untuk setiap Lender di Bank Partner kami secara digital.

RDL merupakan rekening bank yang dibuat atas nama Lender dan bersifat khusus untuk penggunaan aktivitas pendanaan para lender di platform Akseleran. Rekening tersebut sama dengan rekening biasa, hanya saja pengoperasiannya dikuasakan kepada Akseleran dalam melakukan penarikan dana untuk transaksi pendanaan lender. Secara legal rekening tersebut adalah milik lender, Akseleran hanya memiliki kuasa saja untuk operasinya. 

Untuk prosesnya, Lender perlu melengkapi data profil yang dibutuhkan dan harus memiliki akun tanda tangan digital dari PrivyID selaku Penyelenggara Tanda Tangan Digital Tersertifikasi. Data profil yang telah dilengkapi tersebut akan kami kirimkan ke Bank Partner kami.

Implementasi sistem RDL ini diproyeksikan rampung dalam 1 bulan ke depan. Segera lakukan pengkinian data profilmu sehingga proses implementasi bisa berjalan lancar dengan dukungan kelengkapan data kamu.

Baca juga: Kegunaan Tanda Tangan Digital dalam Proses Transaksi di Akseleran

Keuntungan Sistem RDL

RDL akan menggantikan proses auto-withdrawal yang saat ini diterapkan oleh Akseleran untuk memenuhi regulasi OJK yang melarang adanya dana mengendap lebih dari 2 hari di rekening escrow Akseleran.

Dengan RDL maka Lender dapat top up dana tanpa khawatir terkena biaya administrasi saat terjadi auto-withdrawal. Lender dapat menyiapkan dana di RDL yang sewaktu-waktu dapat diberikan sebagai pinjaman secara otomatis menggunakan auto-lending.

Kapan pengkinian data dilakukan?

Pengkinian data profil bisa dilakukan mulai hari Kamis, 13 Februari 2020 sampai dengan 1 (satu)  bulan ke depan. Kami sarankan untuk melakukan proses ini secepatnya demi kelancaran pembukaan RDL kamu. Informasi dan notifikasi lebih lanjut akan kami sampaikan melalui email. Silakan cek email kamu secara berkala.

Apa yang terjadi jika tidak melakukan pengkinian data?

Bagi yang belum melakukan pengkinian data sampai pada saatnya sistem RDL sudah terimplementasi, maka Lender tidak bisa melakukan transaksi di Akseleran sampai pengkinian data dilakukan. Update informasi mengenai waktu implementasi sistem RDL ini akan kami sampaikan lebih lanjut secara berkala.

Bagaimana caranya melakukan pengkinian data profil?

Proses pengkinian data profil bisa dilakukan melalui website atau aplikasi mobile. Pastikan aplikasi mobile kalian sudah update ke versi 1.20.1 Android atau versi 1.18.0 iOS.

Bagi Lender yang terdaftar setelah bulan Juli 2019, harap ikuti instruksi Bagian 1, sedangkan untuk Lender yang terdaftar sebelum bulan Juli 2019, maka ikuti instruksi Bagian 1 dan Bagian 2.

Baca juga: Skema Tanda Tangan Digital Dokumen Perjanjian Keanggotaan Untuk User Verified

Bagian 1 – Pengkinian Data

Khusus untuk para Lender yang terdaftar setelah dan sebelum bulan Juli 2019, kamu bisa melakukan pengkinian data dengan 4 (empat) langkah mudah di bawah ini:

  • Masuk/log in ke platform Akseleran, web maupun aplikasi mobile

  • Klik ribbon kuning untuk melengkapi data profil kamu

  • Lengkapi data dan klik tombol Lanjut / Update Profil Kamu hanya perlu membutuhkan waktu kurang dari 3 menit untuk melengkapi data yang diperlukan. Data yang perlu dilengkapi bertanda merah. Pastikan kamu mengisi lengkap semua data yang diminta ya.

  • Tunggu maksimal 1×24 jam untuk proses verifikasi. Verifikasi akan kembali dilakukan oleh Admin Akseleran paling lambat 1×24 jam (hari kerja). Selama proses verifikasi kamu tidak bisa melakukan transaksi pendanaan di Akseleran.

Bagian 2 – Pembuatan Tanda Tangan Digital (PrivyID)

Seperti yang sudah disampaikan bahwa proses pembuatan Rekening Dana Lender ini memerlukan kebutuhan data yang lengkap dan akun tanda tangan digital dari PrivyID selaku Penyelenggara Tanda Tangan Digital Tersertifikasi.  Untuk para Lender yang belum memiliki PrivyID dan sudah terdaftar sebelum Juli 2019, perlu ada sedikit tambahan data dan perhatian extra dalam melakukan pengkinian data kamu.

Sebelum melakukan proses pengkinian data profil, pastikan empat poin di bawah ini sudah terpenuhi ya. Empat poin ini sangan penting untuk proses pembuatan akun tanda tangan digital secara otomatis melalui platform Akseleran.

  • Pastikan kamu mengunggah e-KTP terbaru
    Jika e-KTP hilang, belum jadi, atau rusak sehingga masih berupa resi, silakan unggah foto resi tersebut. 

  • Unggah foto selfie dengan e-KTP
    Pastikan wajahmu terlihat jelas saat melakukan selfie. (e-KTP tidak menutupi dagu) 

  • Pastikan nomor handphone kamu valid dan bisa dihubungi
    Nomor telepon ini akan digunakan untuk pengiriman OTP (One Time Password) saat proses penandatanganan dokumen secara digital. Jika nomormu tidak benar, kamu tidak akan bisa menandatangani dokumen secara digital.
  • Pastikan kamu bisa mengakses email yang kamu daftarkan di Akseleran
    Penyelenggara Tanda tangan Digital Tersertifikasi (PrivyID) akan mengirimkan informasi log in / masuk berupa PrivyID dan password ke email kamu.
Saat melakukan proses pengkinian data, ikuti langkah-langkah di bagian 1, namun sebelum menekan tombol Lanjut / Update Profil saat melengkapi data profil, kamu akan diminta untuk melengkapi akun tanda tangan digital PrivyID.

Berikut adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk melengkapi PrivyID kamu.

  • Di bagian akhir pada halaman pengkinian data akan muncul pertanyaan “Apakah Anda memiliki PrivyID?”

  • Jika kamu sudah memiliki akun PrivyID, silakan pilih YA dan akan muncul pop-up webview PrivyID dimana kamu perlu masukkan PrivyID terdaftar dan password. Lalu klik tombol Lanjut / Update Profil untuk menyelesaikan proses pengkinian data profil kamu.

  • Jika kamu belum memiliki PrivyID, pilih BELUM. Data kamu akan dikirimkan ke PrivyID untuk pembuatan akun tanda tangan digital. Proses pengkinian data profil kamu sudah selesai, klik tombol Lanjut / Update Profil untuk menyelesaikan proses pengkinian data profil kamu.

  • Tunggu hingga maksimal 1×24 jam untuk proses verifikasi

Catatan: Dalam waktu 1-3 hari, PrivyID akan mengirimkan detail log ini berupa  PrivyID dan password ke email yang terdaftar. Simpan baik-baik PrivyID dan passwordmu untuk kemudian kamu gunakan untuk proses tanda tangan digital.

Dalam kasus tertentu dimana pembuatan PrivyID gagal dilakukan, silakan ikuti langkah-langkah update data yang dikirimkan oleh PrivyID melalui e-mail. Kegagalan ini biasanya dikarenakan ketidaksesuaian data dengan Dukcapil, foto KTP atau foto selfie yang tidak jelas, sehingga dibutuhkan dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga /SIM/Passport.

Data apa saja yang perlu dilengkapi? 

Tabel Rekening Dana Lender

Ada kesulitan? Jangan ragu untuk hubungi kami!

Kami akan update perkembangan implementasi sistem RDL ini kepada para pengguna, khususnya Lender Akseleran. Kami sangat mengapresiasi partisipasi kamu dalam pengkinian data sesegera mungkin agar sistem RDL dapat diimplementasikan dalam 1-2 bulan ke depan. Jika ada kesulitan dalam proses pengkinian data, silakan kirimkan pertanyaanmu ke [email protected] atau hubungi kami di (021) 5091-6006.