Melatih Rasa Syukur di Tempat Kerja

1
884
Melatih Rasa Syukur di Tempat Kerja

Rasa syukur satu kata sederhana yang ternyata jarang diungkapkan atau ditunjukan di dunia kerja. Padahal, menerapkan hal ini dapat menjadikan lingkungan kerja menjadi lebih sehat sehingga dapat mendorong semangat keria.

Bersyukur merupakan kesadaran bahwa hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita seringkali merupakan hasil dari faktor eksternal, terutama dari bantuan orang lain. Menurut sebuah penelitian, orang cenderung jarang merasakan rasa syukur di tempat kerja daripada di tempat lain. Seringkali stres dan tekanan yang dirasakan membuat kita lupa untuk lebih banyak berterima kasih atas dukungan yang kita terima setiap hari. Seseorang harus memulai langkah pertama dalam upaya membangun kebiasaan positif yaitu saling mengungkapkan rasa terima kasih di tempat kerja. Mengapa penting untuk menerapkan hal ini?

Rasa syukur meningkatkan perasaan yang lebih menyenangkan, menjaga kesehatan, meningkatkan resiliensi, dan menciptakan hubungan interpersonal yang lebih baik. Menurut studi, perasaan berterima kasih dan apresiasi membantu menciptakan suasana kerja di mana orang-orang lebih bersemangat untuk bekerja dan tidak merasa seperti roda penggerak dalam mesin. Berikut ini adalah cara mulai menerapkan rasa syukur di tempat kerja.

1. Berkonsentrasi pada hal positif

Temukan hal-hal untuk disyukuri dalam kehidupan sehari-hari daripada berkonsentrasi pada hal-hal negatif dapat menjadi langkah pertama dalam memupuk rasa syukur.

2. Jadikan bagian dari rutinitas

Untuk mulai mempraktikkan rasa syukur, jadwalkan waktu tertentu setiap hari untuk memikirkan kembali setiap kesempatan, bantuan, atau hal baik yang mungkin dialami pada hari itu atau hari sebelumnya.

3. Mulailah menunjukkan rasa apresiasi

Tindakan mengungkapkan rasa terima kasih dapat dimulai dengan sapaan sederhana, diikuti dengan ungkapan terima kasih secara pribadi sebelum akhirnya menjadi publik. Ingatlah bahwa dengan memberi contoh, kita dapat menumbuhkan lingkungan yang lebih positif.

4. Jangan lupa untuk tetap tulus

Hal terpenting dalam menunjukkan rasa syukur adalah melakukannya sesuai kenyataan. Fokus pada kualitas bukan kuantitas. Dengan cara ini, kita menjaga pemberian apresiasi sambil merangkul kesulitan yang ada.

Tentu perlu waktu untuk mengembangkan cara berpikir yang lebih mengarah pada rasa syukur dan apresiasi. Namun jika sudah terbiasa, pola pikir tersebut akan membantu dalam membina lingkungan kerja yang memuaskan dan meningkatkan produktivitas.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.