15 Quotes Tentang Keuangan yang Bikin Kamu Semangat Investasi

0
3959
Quotes Investasi

Investasi adalah salah satu cara untuk menyiapkan masa depan dengan lebih tenang. Dengan menyisihkan sebagian pendapatan yang kamu miliki secara rutin sejak dini, sedikit demi sedikit, makin sedikit beban yang harus kamu lakukan di masa mendatang. Untuk meningkatkan semangat, quotes investasi berikut bisa jadi pengingat motivasimu.

Apa Tujuan Berinvestasi?

Sederhananya, tujuan orang melakukan investasi adalah untuk meningkatkan nilai kekayaan di masa mendatang. Hal ini tidak terlepas dari adanya inflasi yang selalu muncul setiap tahun, berapapun besar atau persentase kenaikannya.

Seperti contoh, kamu memiliki uang sejumlah Rp1 juta yang dikumpulkan sejak tahun lalu. Ternyata, tahun ini terjadi kenaikan inflasi sebesar 3%. Itu artinya, Rp1 juta yang kamu miliki saat ini hanya bernilai Rp970.000,00 dibandingkan tahun lalu. Dalam kata lain, kamu perlu mempunyai uang Rp1.030.000,00 agar setara dengan Rp1 juta tahun lalu. 

Sementara itu, jika kamu meletakkan Rp1 juta tersebut di produk reksa dana pasar uang dengan return sebesar 4%, maka besarnya uang yang kamu miliki di tahun ini adalah sejumlah Rp1.040.000,00. Dengan demikian, uangmu tidak tergerus oleh inflasi.

Quotes Investasi untuk Motivasi

  1. “Make all you can, save all you can, give all you can.” —John Wesley

Quotes investasi ini mengingatkanmu untuk tak cuma menghasilkan sebanyak yang kamu bisa, tetapi juga berhematlah sebanyak yang kamu bisa dan tidak lupa untuk berbagi dengan orang lain.

  1. “Never depend on a single income. Make an investment to create a second source.” —Warren Buffet

Jangan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan untuk memenuhi seluruh kebutuhan bahkan beberapa keinginan sepanjang hidup. Biarkan uangmu juga menjadi sumber penghasilan tersendiri melalui produk investasi yang kamu pilih.

  1. “Don’t put all your eggs in one basket.” —Warren Buffet

Setiap produk investasi punya tingkat risiko dan return yang berbeda-beda. Tempatkan investasi di berbagai instrumen untuk meminimalkan risiko dan sesuaikan dengan tujuan investasi yang kamu harapkan.

  1. “How many millionaires do you know who have become wealthy by investing in savings accounts? I rest my case.” —Robert G. Allen

Produk tabungan biasa memang sangat minim risiko, tetapi tidak dapat memberi keuntungan maksimal. Besarnya bunga atau keuntungan yang diberikan cenderung rendah dan kalah dengan tingkat inflasi.

  1. “It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for.” —Robert Kiyosaki

Bukan seberapa besar pendapatan yang kamu hasilkan yang membuatmu kaya, tetapi berapa banyak yang bisa kamu simpan dan seberapa baiknya uang tersebut menghasilkan keuntungan untukmu.

  1. “Invest for the long haul. Don’t get too greedy and don’t get too scared.” —Shelby M.C. Davis

Investasi adalah untuk jangka panjang. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan, tetapi jangan terlalu takut pula untuk memulai.

  1. “Behind every stock is a company. Find out what it’s doing.” —Peter Lynch

Quotes investasi ini mengingatkan untuk tidak terburu menanam saham tanpa mengetahui kondisi perusahaan yang akan jadi tempatmu berinvestasi, sebesar apa pun keuntungan yang dihasilkan.

  1. “Wise spending is part of wise investing. And it’s never too late to start.” —Rhonda Katz

Selektif dalam membelanjakan uang yang kamu miliki adalah bagian dari strategi investasi yang bijak.

  1. “Anyone who is not investing now is missing a tremendous opportunity.” —Carlos Slim

Mulailah berinvestasi sedini mungkin sehingga kamu dapat memperoleh hasil lebih optimal di kemudian hari.

Baca juga: Penuh Makna, Inilah 27 Kata-Kata Bijak Tentang Kehidupan

  1. “Do not save what is left after spending, but spend what is left after saving.” —Warren Buffet

Jangan menyimpan uangmu dari hasil sisa belanjaan, tetapi belanjalah dari uang yang tersisa setelah kamu menyimpan uang.

  1. “If you buy things you do not need, soon you will have to sell things you need.” —Warren Buffet

Hindari membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak kamu inginkan jika tidak ingin menjual barang-barangmu untuk memenuhi kebutuhanmu.

  1. “The biggest risk of all is not taking one.” —Mellody Hobson

Meski tiap investasi memiliki risikonya masing-masing, risiko paling besar adalah dengan tidak mengambilnya sama sekali.

  1. “An investor without investment objectives is like a traveler without a destination.” —Anonymous

Saat berinvestasi, kamu harus mengetahui dengan tepat tujuannya. Tanpa itu, kamu akan “tersesat” dan bukan tak mungkin justru tujuan keinginanmu tak akan tercapai.

  1. “Wealthy people invest first and spend what’s left; broke people spend first and invest what’s left.” —Anonymous

Belajar dari orang kaya, mereka selalu mengutamakan investasi daripada berbelanja (terutama untuk keperluan konsumtif).

  1. “Don’t work for money; make it work for you.” —Robert Kiyosaki

Akan ada masanya kamu tidak dapat lagi terus-terusan bekerja untuk menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan. Karena itu, buat uang yang bekerja dan menghasilkan keuntungan untukmu.

Nah, itulah beberapa quotes investasi yang dapat kamu jadikan sebagai motivasi. Pilihlah instrumen investasi yang paling tepat sesuai kebutuhanmu. Di Akseleran, kamu dapat memulai langkah utama sebagai investor di berbagai proyek pilihan dengan aman dan mudah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].