10 Pulau Terbesar di Dunia, Ada Milik Indonesia, Lho!

0
4662
Pulau Terbesar di Dunia

Bertanya-tanya tentang pulau terbesar di dunia? Bisa jadi, Anda akan terkejut dengan jawabannya. Tidak, pulau paling besar bukanlah Australia.

Mencari tahu luas setiap pulau di muka bumi bukanlah tugas yang mudah. Terlebih, penjelasan tentang perbedaan antara pulau dan benua masih menjadi perdebatan. Bagaimana bisa Australia diklasifikasikan sebagai benua, tetapi Greenland hanya sebuah pulau? Baca sampai akhir untuk menemukan jawabannya.

Pertama-tama, kami akan membahas daftar 10 pulau terbesar berdasarkan total luasnya. Mari disimak dengan saksama!

10. Pulau Ellesmere (196.236 km2)

Ellesmere merupakan pulau yang berlokasi di Provinsi Nunavut dan termasuk pulau terbesar di Kepulauan Ratu Elizabeth. Berlokasi di antara Teluk Baffin dan Samudra Arktik, Ellesmere menyimpan sejarah yang panjang dan menjadi rumah bagi elemen-elemen geografis. Ciri-ciri dari pulau ini terlihat dari kumpulan gunung dan daratan es yang spektakuler.

9. Britania Raya (209.331 km2)

Pulau terbesar di Kepulauan Inggris ini terletak di utara Samudra Atlantik serta terpisah dari Benua Eropa oleh Selat Inggris dan Laut Utara. Britania Raya juga menduduki posisi pulau terbesar di Eropa. Bersamaan dengan negara Inggris, Wales, dan Skotlandia, Britania Raya menjadi bagian dari Inggris Raya. Setidaknya, ada lebih dari 500 ribu penduduk yang tinggal di wilayah ini.

8. Pulau Victoria (217.291 km2)

Urutan ke-8 pulau terbesar di dunia ini juga masuk ke wilayah Kepulauan Arktik Kanada. Pulau Victoria ditemukan oleh Thomas Simpson, seorang penjelajah Arktik, pada awal 1830-an. Walau sudah berabad-abad setelah penemuannya, pulau ini masih jarang dihuni—kira-kira berisi lebih dari 2.000 penduduk saja. 

7. Honshu (225.800 km2)

Beralih ke Jepang, terdapat Pulau Honshu yang menjadi bagian dari 4 pulau utama di negeri tersebut. Ukuran Honshu setara dengan lebih dari setengah ukuran Jepang. Pulau yang berposisi di antara Laut Jepang dan Samudra Pasifik ini menjadi rumah bagi kota-kota ikonik. Sebut saja, Hiroshima, Osaka, dan Tokyo. Honshu juga menyimpan gunung dan danau terbesar di Jepang, yakni Gunung Fuji dan Danau Biwa.

6. Sumatra (443.065 km2)

Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini menjadi rumah bagi hutan hujan tropis dan fauna-fauna langka, seperti harimau sumatra, orang utan, dan badak sumatra. Berlokasi di zona subduksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia membuat Sumatra sering kali mengalami gempa bumi dan tsunami.

5. Pulau Baffin (507.451 km2)

Pulau Baffin dipercantik dengan pemandangan fyord, danau air tawar, dan taman nasional berisi gletser. Nama pulau terbesar di Kanada ini diambil dari seorang penjelajah Inggris, William Baffin.

4. Madagaskar (587.041 km2)

Posisi ke-4 pulau terbesar di dunia diduduki oleh Madagaskar. Lokasinya berada di tengah-tengah Samudra Hindia. Setidaknya, terdapat 250.000 spesies fauna di pulau ini, bahkan dua per tiganya tidak bisa ditemukan di mana pun.

Baca juga: Edan! Ini 8 Mobil Termahal yang Ada di Dunia

3. Kalimantan (748.168 km2)

Ukuran Kalimantan kira-kira hampir dua kali ukuran Jerman. Pulau ini menjadi bagian pemerintahan dari tiga negara, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Kalimantan menjadi rumah bagi hutan hujan tertua di bumi.

2. Papua (786.000 km2)

Menurut penemuan, pulau ini telah ditinggali manusia sejak 40.000 tahun yang lalu. Seperti halnya Kalimantan, Papua diperintah oleh lebih dari satu negara, yakni Indonesia dan Papua Nugini. 

1. Greenland (2,133 juta km2)

Greenland menempati posisi pertama pulau terbesar di muka bumi. Pulau ini bisa jadi tidak dikategorikan sebagai benua karena jumlah populasinya yang sedikit—hanya sekitar 50.000 penduduk. Lokasinya berada di antara Samudra Arktik dan Atlantik Utara, sekaligus termasuk teritori independen dari Kerajaan Denmark.

Greenland dipenuhi lapisan es dan gletser. Tidak ada jalan yang menghubungkan kota-kota utama di pulau ini. Sebagian besar penduduknya bertahan hidup dengan memancing, menangkap anjing laut, atau berburu ikan paus. Banyak orang berkunjung ke pulau ini untuk menjelajahi Northeast Greenland National Park, taman nasional terbesar di dunia.

Terkait pertanyaan di awal artikel, tidak ada aturan resmi yang memastikan perbedaan antara pulau dan benua. Meskipun Greenland merupakan pulau yang berpotensi menjadi benua, para penduduknya sangat bersikeras—mereka tetap menyatakan diri sebagai penghuni pulau.

Demikian informasi tentang 10 pulau terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].