Prospek Bisnis Online di Era Pandemi Covid-19

0
8366

Pandemi Covid-19 pertama kali dinyatakan mewabah di Indonesia pada Maret 2020, tak bisa dipungkiri Covid-19 telah mengubah kehidupan banyak orang dan menciptakan berbagai kebiasaan baru. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah perubahan ekonomi di berbagai sektor. Dampak perubahan tersebut ada sebagian orang yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau kehilangan pendapatan.

Di sisi lain, perkembangan teknologi yang pesat dan jaringan internet membawa berkah tersendiri karena di masa krisis seperti sekarang mampu memberikan dampak positif yakni bermunculan berbagai peluang usaha online yang bisa ditekuni.

Mengutip www.antaranews.com Prof. Gil H. Park, pengamat kebijakan dan komunikasi strategis dari Universitas Daegu, Korea Selatan, menilai aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring (online) akan memainkan peranan lebih penting dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menurut dia pandemi ini bukan hanya sekedar ancaman namun peluang bagi sektor jasa agar lebih beradaptasi dan bertransformasi di sektor perekonomian, dan pemerintah perlu lebih banyak membantu aktivitas bisnis serta perekonomian berbasis teknologi informasi.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring (online) akan memainkan peran lebih penting pada waktu mendatang.

Wiraswasta sekaligus pendiri platform startup Bahaso, Tyovan Ari Widagdo menilai terdapat beberapa sektor bisnis rintisan (startup) yang berpeluang populer dan menguntungkan di era pandemi saat ini, seperti e-commerce, edutech, dan kesehatan.

Bisnis e-commerce menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi di masa pandemi ini, mengingat masyarakat takut berbelanja secara langsung sehingga untuk pembelian beberapa kebutuhan dilakukan secara online melalui platform-platform e-commerce. Sementara edutech karena pemerintah masih menganjurkan belajar dari rumah dan kesehatan karena masyarakat masih khawatir penyebaran Covid-19 jika hanya sekedar berkonsultasi ke rumah sakit.

Baca Juga:
Kos-Kosan, Bisnis Menggiurkan dari Jenis Properti Lainnya
5 Resep Masakan dengan Harga di Bawah Rp50 ribu
Mengintip Strategi Akseleran di Semester II-2020

Sobat, prospek bisnis online di era pandemi Covid-19 yang dinilai terus memiliki peluang yang besar. Untuk dapat meraup peluang sehingga dapat bangkit di tengah kebiasaan baru, berikut beberapa referensi bisnis online rumahan yang bisa Sobat terapkan di era pandemi Covid-19 yang Akseleran rangkum.

1. Menjual Ramuan Herbal
Vaksin Covid-19 masih terus dikerjakan oleh tim ahli, terbaru pihak Universitas Airlangga telah melakukan uji klinis atas vaksin yang dibuatnya namun vaksin tersebut belum dinyatakan secara resmi mampu mengobati pasien Covid-19 oleh pemerintah. Mengingat hal tersebut, Sobat bisa menjual ramuan obat herbal yang mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, seperti daun sereh, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak. Tak heran, bahan utama ramuan herbal tersebut mengalami kenaikan harga yang signifikan saat pandemi Covid-19.

2. Bisnis Makanan Sehat dan Higienis
Menjual makanan sehat dan higienis bisa dikatakan menjadi prospek bisnis online di era pandemi Covid-19 yang menguntungkan. Mengingat saat ini masyarakat sudah semakin peduli dengan kesehatan dan higienis, terlebih dengan adanya protokol kesehatan yang disampaikan oleh para ahli. Sehingga tanpa disadari masyarakat semakin sadar dengan pola hidup sehat, salah satunya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk membuka usaha katering sehat, pastikan semua bahan makanan yang digunakan benar-benar segar, bersih, dan higienis. Buat juga berbagai pilihan menu yang bervariasi agar pembeli tidak mudah bosan dengan menu yang Sobat tawarkan.

3. Makanan Olahan
Meski masyarakat sudah mulai sadar dengan kesehatan, tetapi tak sedikit pula masyarakat yang menginginkan suatu hal yang instan. Salah satunya dengan makanan karena adanya batasan ruang gerak di luar rumah sehingga menyimpan makanan olahan atau frozen food. Makanan beku atau frozen food menjadi salah satu opsi karena selain bisa bertahan lama juga sangat mudah untuk mengolahnya. Prospek bisnis ini juga bisa menguntungkan karena biasanya modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Berbicara prospek bisnis online, jika Sobat tidak memiliki keahlian dana berbisnis tetapi ingin tetap meraup peluang dari pesatnya pertumbuhan teknologi. Sobat bisa mulai mengembangkan dana di Akseleran, karena di Akseleran imbal hasil bisa mencapai 21% per tahun selain itu membantu para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Indonesia yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan begitu, Sobat sudah membantu perputaran roda ekonomi di Indonesia

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]