5 Produk Perbankan yang Paling Sering Digunakan

2
4292
Produk Perbankan

Dunia perbankan mempunyai peran yang penting dalam upaya pemenuhan berbagai aktivitas ekonomi dalam negeri ataupun luar negeri. Dalam menjalankan perannya, lembaga perbankan mengeluarkan berbagai jenis produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun, apakah Anda tahu apa saja produk perbankan tersebut? 

Pengetahuan tentang produk perbankan jadi salah satu aspek penting berkaitan dengan literasi keuangan. Dengan pemahaman yang tepat, Anda bisa memanfaatkan produk-produk tersebut sesuai dengan tingkat kebutuhan. Oleh karenanya, berikut ini adalah 5 produk lembaga perbankan yang umum digunakan, yaitu: 

  • Tabungan

Jenis produk yang pertama dan Anda tentunya sudah sangat familier adalah tabungan. Penggunaan produk ini memungkinkan masyarakat untuk menyimpan dana secara aman di bank. Kalau memiliki tabungan, Anda bisa melakukan penarikan atau penyetoran dana kapan saja sesuai kebutuhan.

Untuk memiliki rekening tabungan cukup mudah. Anda dapat mendatangi kantor cabang bank terdekat. Selanjutnya, setiap calon nasabah wajib menyetorkan dana minimal sesuai kebijakan dari bank. Umumnya, dana setoran awal itu nilainya adalah Rp500 ribu. Namun, tak menutup kemungkinan ada bank yang menetapkan nominal lebih rendah. 

Selain menjanjikan keamanan dana, penggunaan produk perbankan berupa tabungan memungkinkan nasabah untuk memperoleh bunga. Hanya saja, nominalnya cukup kecil sehingga kerap diabaikan oleh nasabah. Sebagai tambahan, setiap nasabah diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya administrasi bulanan yang nilainya bervariasi sesuai kebijakan bank. 

  • Deposito

Produk perbankan yang umum digunakan masyarakat selanjutnya adalah deposito. Sekilas, deposito mempunyai kemiripan dengan produk tabungan. Hanya saja, pencairan dana yang disimpan di bank dalam bentuk deposito hanya bisa dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pencairan dana di luar waktu tersebut, berakibat penalti atau pemotongan dana oleh pihak bank. 

Deposito bank umumnya ditawarkan dengan berbagai pilihan jangka waktu penyimpanan. Selain itu, Anda bisa pula menjumpai produk deposito dalam bentuk mata uang rupiah atau asing. Penggunaan deposito memungkinkan nasabah memperoleh nilai bunga yang relatif lebih besar dibanding tabungan. Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan deposito sebagai jaminan saat pengajuan pinjaman. 

  • Giro

Giro punya kemiripan dengan tabungan, sama-sama dipakai untuk menyimpan dana di bank. Hanya saja, giro merupakan produk perbankan yang dikhususkan untuk badan usaha. Meski, tak menutup kemungkinan pihak bank juga menerima pengajuan giro untuk perorangan. 

Dibandingkan dengan tabungan, giro memberi kemudahan dalam bertransaksi. Alih-alih menggunakan tunai, nasabah giro bisa menggunakan cek sebagai sarana pembayaran. Keuntungan lainnya, Anda tidak akan mendapati pembatasan nominal transaksi. Batasan yang ada hanya terletak pada nominal di rekening.

Baca juga: Apa itu Giro? Cek Perbedaan Giro, Cek, dan Tabungan

  • Kredit

Anda bakal cukup sering menjumpai orang-orang yang mengajukan pinjaman atau kredit bank. Ya, produk perbankan yang satu ini memang populer. Keberadaannya sangat membantu bagi masyarakat yang tengah mengalami kesulitan dana. Apalagi, pemohon pinjaman tidak terbatas pada badan usaha, tetapi juga perorangan. 

Hanya saja, pemberian kredit oleh bank tidak bernilai gratis. Umumnya, pihak bank akan meminta jaminan kepada pemohon. Selain itu, mereka juga menetapkan suku bunga dengan angka tertentu, dilengkapi dengan biaya administrasi, serta jangka waktu pelunasan. 

Dalam praktiknya, pihak bank akan menyediakan berbagai pilihan produk kredit sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, Anda akan menemukan produk berupa kredit produktif yang umumnya ditujukan untuk pengusaha. Selain itu, ada pula kredit konsumtif seperti KPR, kredit modal kerja untuk UMKM, dan lain-lain. 

  • Jasa

Produk perbankan yang umum digunakan masyarakat selanjutnya adalah layanan jasa. Keberadaan layanan jasa ini memiliki kaitan erat dengan fungsi lembaga perbankan dalam memperlancar aktivitas perekonomian. Layanan jasa perbankan cukup beragam, mulai dari fasilitas pengiriman uang, pembelian, penagihan, hingga pembayaran. 

Untuk membantu kenyamanan para nasabah dalam menggunakan layanan jasa, pihak bank menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Contoh fasilitas tersebut di antaranya adalah layanan internet banking, mobile banking, ATM, dan lain sebagainya. Keberadaan berbagai fasilitas pendukung itu bisa Anda manfaatkan untuk berbagai hal, seperti membayar tagihan bulanan, mengirim uang bulanan untuk anak, beli pulsa, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai produk perbankan yang umum digunakan oleh masyarakat. Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.