Produk Dana Pensiun: Apa Saja Pilihannya?

2
2332
Produk Dana Pensiun

Produk dana pensiun merupakan solusi bagi Anda yang ingin mempersiapkan hari tua sejak jauh hari. Sesuai dengan namanya, produk ini dibuat untuk memberikan jaminan ketika usia telah memasuki masa pensiun. 

Tujuan Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan dana yang akan diberikan kepada pekerja ketika memasuki usia pensiun atau disebabkan oleh hal lain sesuai yang tertulis dalam perjanjian. Meskipun jumlahnya tak seberapa, dana pensiun dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup di usia yang tak lagi produktif. 

Adapun tujuan dibentuknya dana pensiun, antara lain:

  • Memberikan apresiasi terhadap usaha, tenaga, dan pikiran yang dicurahkan karyawan untuk memajukan perusahaan.
  • Meningkatkan motivasi para karyawan.
  • Memudahkan pekerja untuk menikmati hasil kerja keras ketika muda di masa tua.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata publik.

Pilihan Produk Dana Pensiun

Sebenarnya, cukup banyak investasi yang menawarkan dana untuk hari tua. Namun, bagi Anda yang tengah mempersiapkan dana pensiun mandiri, terdapat sejumlah produk yang dapat dijadikan pilihan.

Program Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua atau kerap disebut JHT merupakan program yang diwajibkan bagi seluruh pekerja. Sesuai aturan undang-undang, setiap tenaga kerja wajib terdaftar sebagai peserta Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Iuran JHT ditanggung bersama oleh perusahaan dan karyawan. Besarannya mencapai sekitar 5.7% gaji dengan rincian 3.7% dibayar oleh perusahaan dan 2% oleh karyawan.

Saldo JHT dapat dicairkan dengan sejumlah syarat, antara lain:

  • Telah mencapai umur 55 tahun, cacat permanen, atau meninggal dunia.
  • Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) setelah menjadi peserta JHT selama minimal lima tahun dengan masa tunggu selama enam bulan.
  • Pergi dari Indonesia (tidak kembali) atau menjadi PNS, TNI, atau Polri.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Dana Pensiun Lembaga Keuangan dibentuk oleh perusahaan asuransi jiwa atau bank untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti perorangan. Program ini dapat diikuti oleh seluruh karyawan. Nantinya, seluruh iuran dan hasil pengembangan akan dibukukan ke rekening pribadi peserta.

Cara kerja DPLK cukup sederhana, yakni perusahaan mendaftarkan karyawan kemudian secara otomatis gaji peserta akan terpotong setiap bulan sesuai persentase. Dana yang dikelola DPLK akan dialokasikan pada instrumen investasi pilihan perusahaan. 

Setelah peserta pensiun, DPLK memberikan dua pilihan pembayaran dana pensiun, yaitu dibayar sekaligus (lupsum) atau bertahap seumur hidup (annuitas). Dana DPLK juga dapat dialihkan ke peserta DPLK lain atau dicairkan ketika peserta mengundurkan diri dari perusahaan.

Alternatif Lain Untuk Mempersiapkan Hari Tua 

Pada praktiknya, sebanyak apa pun dana pensiun, nilainya hanya cukup untuk menutup kebutuhan dasar dan dapat bertahan sekitar lima tahun saja. Oleh karena itu, sebelum terlambat, tak ada salahnya untuk melirik alternatif lain sebagai tambahan dana di hari tua.

Beberapa pilihan yang tersedia, antara lain:

  • Reksa Dana

Reksa Dana merupakan jenis investasi yang menguntungkan, sebab diversifikasi risiko cenderung rendah. Selain itu, dana yang dihimpun juga dikelola oleh manajer investasi yang profesional di bidangnya. Tak heran jika Reksa Dana menjadi pilihan sebagian besar orang untuk menambah pundi-pundi rupiah di hari tua.

Baca juga: 4 Manfaat Persiapkan Dana Pensiun Kamu Sekarang!

  • Deposito

Dengan membuka rekening deposito, secara tidak langsung Anda telah mengamankan uang untuk kepentingan masa depan. Deposito sendiri memiliki risiko rendah. Suku bunganya cukup tinggi. Anda bisa menyimpan dana sesuai jangka waktu yang diinginkan, yakni 3, 6, 9, atau 12 bulan dan memperpanjangnya secara otomatis. 

  • Saham

Produk dana pensiun lain yang dapat dijadikan pilihan adalah saham. Dibandingkan jenis investasi lain, saham menawarkan imbal hasil tinggi. Investasi saham termasuk fleksibel dan dapat dimulai dengan modal kecil. Nantinya, Anda tidak hanya mendapatkan capital gain, melainkan juga dividen yang memang diberikan oleh perusahaan untuk pemegang saham.

  • Properti

Bisa dibilang aset properti masih menjadi pilihan terbanyak untuk mempersiapkan dana pensiun. Meskipun dana yang dibutuhkan tergolong besar, investasi properti juga memberikan hasil yang besar.

Dengan beragam pilihan produk dana pensiun yang tersedia, Anda dapat mempersiapkan hari tua sejak dini. Selain memberikan kemudahan, program dana pensiun secara tidak langsung akan memotivasi Anda untuk menggunakan uang sesuai keperluan. Yuk, rancang hari tua dengan dana pensiun!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.