Poster: Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Jenisnya

0
351
Poster

Poster merupakan salah satu media komunikasi yang banyak Anda temukan secara online maupun offline. Kehadirannya dapat mempermudah individu ataupun lembaga dalam menyampaikan berbagai informasi kepada target audiensnya.

Jika Anda hendak membuat salah satu tempelan informasi ini, maka pahamilah beberapa hal pada artikel ini agar proses membuatnya lebih mudah!

Pengertian Poster Secara Umum dan Menurut Ahli

Untuk lebih paham mengenai konsepnya, Anda dapat melihat pengertian media ini secara umum dan menurut ahli.

1. Pengertian secara Umum

Secara umum, media ini merupakan sebuah pengumuman mengenai ide, gagasan, iklan, maupun hal penting lain. Bentuknya bisa berupa tulisan, gambar, ataupun perpaduan keduanya, di mana bagian dalamnya berisikan himbauan atau ajakan dalam melakukan sesuatu.

Biasanya media ini ditempelkan pada tempat-tempat strategis seperti dinding agar lebih banyak orang melihat informasi yang tertera di dalamnya.

Jika dulu Anda banyak menemukan media ini dalam bentuk cetak di tempat-tempat umum, sekarang perpindahannya sudah bergeser ke dalam bentuk digital. Sehingga, akan sering dijumpai pada website ataupun media sosial.

Banyak pihak memilih menjadikan media ini sebagai informasi karena memang sangat efektif. Misalnya pada bidang kesehatan dan pembelajaran.

2.   Pengertian Menurut Ahli

Beberapa pendapat ahli dan lembaga mengenai makna tempelan informasi atau iklan ini di antaranya:

  • Sri Anitah

Sri Anitah menggambarkan media ini sebagai sebuah gambar yang mengkolaborasikan unsur-unsur visual, seperti kata-kata, garis,serta gambar dengan tujuan menarik perhatian orang dan bisa mengkomunikasikan pesan dengan singkat.

  • Arsyad

Poster ialah media visual berbentuk dua dimensi yang mengandung tulisan-tulisan pendek dan gambar, tujuannya sebagai penyampai pesan tertentu agar bisa mempengaruhi dan memotivasi orang yang melihat.

  • Nana Sudjana

Nana Sudjana mendefinisikannya sebagai suatu perpaduan visual dengan pesan dan warna. Tujuannya adalah menarik perhatian yang melihat, sehingga bisa menanamkan gagasan yang diinginkan kepada orang tersebut.

  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tempelan ini merupakan media yang terdiri atas lambang atau simbol kata yang sederhana, di mana isinya berupa larangan atau saran.

Ciri-Ciri Poster

Beberapa ciri khas dari media satu ini agar lebih mudah dikenali adalah:

1. Sederhana

Media komunikasi satu arah ini menggunakan metode sederhana dalam penyampaiannya, baik pada pesan, tampilan, ataupun ornamen di dalamnya agar pembaca lebih mudah menangkap maksud yang Anda sampaikan.

Apabila orang yang melihat sulit memahami maksudnya, maka tujuan dalam menyampaikan Anda tidak sampai atau gagal.

Dengan begitu, ketika ada orang yang bahkan tidak sengaja melihatnya, bisa langsung paham dengan pesan-pesan di dalamnya.

Terkadang beberapa jenis memang memiliki tampilan ramai atau “wah” karena menyesuaikan dengan tujuan masing-masing. Namun untuk informasi yang akan ditempelkan pada tempat umum, sebaiknya menggunakan konsep sederhana.

2. Berwarna

Meskipun sederhana, namun idealnya media ini mengandung beberapa padu padan warna yang menarik agar bisa menarik orang untuk melihatnya. Media dengan satu warna sudah mulai ditinggalkan, karena kesannya yang monoton.

3. Terdapat Slogan dan Tulisan yang Jelas

Di dalam media biasanya terdapat slogan karena dapat menegaskan informasi yang Anda sampaikan.

Meski begitu, penjelasan singkat juga perlu dicantumkan untuk menambah informasi ataupun menjelaskan mengenai slogan. Penggunaan font dan warna yang menarik bisa membuat informasinya juga lebih mudah sampai kepada audiens.

4. Adanya Satu Pokok Ide

Di dalam sebuah media, idenya hanya satu, yang jika berhasil sampai kepada audiens, maka tujuan pokoknya otomatis juga sampai.

Seperti untuk tujuan agar masyarakat terhindar dari kuman, maka di dalam media ini akan terlihat orang yang mencuci tangan, memakai sabun, serta visual yang menunjukkan kebersihan.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Rumahan Yang Paling Cocok Untuk Milenial

5. Ada Variasi Tulisan

Biasanya banyak orang menggunakan beberapa jenis font dengan ukuran beragam agar nilai estetika pada media lebih tinggi. Selain itu, poin-poin penting yang tulisannya lebih besar, juga bisa lebih cepat sampai kepada audiens.

Fungsi dan Tujuan

Beberapa fungsi dari gambar yang digunakan di antaranya adalah:

  • Media dalam menyampaikan informasi
  • Media mempromosikan produk ataupun jasa
  • Sarana bagi para desainer untuk menyalurkan kreativitas mereka

Sedangkan beberapa tujuannya adalah:

  • Membuat masyarakat tahu mengenai acara atau kegiatan yang akan Anda laksanakan
  • Menjadi pengingat akan hal yang seharusnya dilakukan
  • Membuat produk maupun jasa Anda lebih dikenal dan akhirnya dipakai oleh pembaca
  • Sebagai pengingat kepada pembaca agar menghindari berbagai hal yang memberikan dampak negatif kepada diri sendiri ataupun orang lain, seperti merokok, membuang sampah sembarangan, dan lain-lain.

Jenis-Jenis dan Contoh

Jenis-jenis media satu ini dikategorikan berdasarkan isi dan tujuannya. Untuk contoh poster tersebut, Anda bisa melihatnya pada gambar yang terlampir di bawah namanya.

1. Berdasarkan Isi

Berdasarkan isinya, media ini terbagi ke dalam empat jenis, yaitu:

a. Kegiatan

Jenis media promosi kegiatan mengandung informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada waktu mendatang. Kehadirannya berguna agar informasi tentang kegiatan tersebut diketahui oleh lebih banyak orang, sehingga yang meramaikan kegiatan juga semakin banyak.

b.   Niaga

Pada jenis ini, informasi yang disampaikan di dalamnya mengenai promosi atau penawaran terhadap jasa maupun produk yang dijual oleh suatu usaha.

c.   Pendidikan

Informasi di dalamnya berkaitan dengan arahan tertentu atau pemberian ilmu kepada kalangan tertentu ataupun masyarakat.

d.   Karya Seni

Sifat dari jenis keempat ini adalah ekspresif dan interpretasi yang luas. Oleh karena itu, setiap orang bisa memaknai informasi di dalamnya dengan berbeda.

e.   Layanan Masyarakat

Informasi di dalamnya berkaitan dengan layanan–layanan yang disediakan untuk masyarakat, misalnya pada bidang kesejahteraan dan kesehatan.

2.   Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuannya, media ini terbagi ke dalam sepuluh jenis:

a. Kampanye

Jenis ini biasanya banyak hadir saat masa pemilu, di mana tujuannya adalah mendapatkan simpati khalayak umum agar mereka memilih tokoh di dalam media tersebut.

b.   Propaganda

Tujuannya adalah mempengaruhi orang lain, misalnya dengan memberikan semangat atau motivasi kepada mereka.

c.   Pencarian atau “Dicari”

Jenis ini banyak dimanfaatkan saat Anda hendak mencari seseorang atau benda, seperti mencari karyawan, orang hilang, serta benda hilang.

d.   Afirmasi

Berisikan kalimat-kalimat afirmasi atau positif agar bisa memberikan motivasi kepada pembacanya.

e.   Film

Media promosi film bertujuan sebagai media untuk mempromosikan film yang akan tayang di bioskop ataupun platform lain agar membuat pembaca tertarik untuk menontonnya.

f. “Cheesecake”

Tujuannya adalah menarik perhatian umum, di mana akan terdapat gambar-gambar tokoh terkenal seperti artis, penyanyi, dan lainnya.

g.   Komik

Tujuannya adalah untuk menaikkan komik-komik kepada orang umum agar jumlah pembacanya semakin naik.

h.   Komersial

Sering juga disebut sebagai media niaga, di mana tujuannya adalah untuk promosi atas produk ataupun jasa perusahaan.

i. Riset

Tujuannya adalah sebagai pemberitahuan kepada masyarakat umum mengenai kegiatan riset atau penelitian.  

j. Kelas

Sering ditemukan di kelas-kelas sekolah, di mana tujuannya adalah memberi informasi atau motivasi kepada siswa.

Kesimpulan

Poster merupakan media informasi dua dimensi yang berisikan gambar, tulisan, atau keduanya, di mana tujuannya adalah memberikan informasi untuk berbagai tujuan. Dengan banyaknya jenis media ini, maka Anda bisa membuat untuk berbagai keperluan pribadi ataupun bisnis.

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].