Apa Itu Fenomena Pink Tax?

0
1062
Apa Itu Fenomena Pink Tax?

Apakah kamu sadar produk wanita seringkali dijual dengan harga lebih mahal daripada produk pria? Ada beberapa alasan kenapa hal itu bisa terjadi, salah satunya karena produk wanita lebih sulit dibuat daripada produk untuk pria. Namun, ada yang menganggap ini adalah diskriminasi gender dan fenomena ini disebut dengan Pink Tax.

Pajak Merah Muda atau Pink Tax adalah taktik produsen untuk mengambil laba lebih dari konsumen perempuan. Perempuan harus membayar lebih untuk produk yang seolah dibuat khusus untuk mereka, padahal fungsinya sama seperti produk yang dibikin untuk pria.

Pada akhir 2015, Badan Konsumen New York mempublikasikan sebuah hasil perbandingan 800 produk dari 90 lebih merek untuk mencari tahu perbedaan harga produk berdasarkan penggunanya. Hasilnya, rata-rata produk perempuan baik dewasa maupun anak-anak, lebih mahal daripada produk laki-laki. Beberapa produk perempuan dengan harga lebih mahal dari laki-laki terjadi pada tiga jenis produk, yakni pakaian, mainan, dan perawatan diri.

Lalu mengapa produk wanita lebih mahal? Alasan paling logisnya adalah perbedaan biaya produksi antara produk versi wanita dan pria. Hal ini dikarenakan biasanya produk wanita memerlukan biaya lebih untuk menghasilkan bentuk, warna, dan aroma yang lebih menarik. Beberapa studi juga menunjukan bahwa strategi pemasaran untuk wanita dan pria berbeda sehingga diperlukan biaya lebih untuk pemasaran produk versi wanita.

Meskipun begitu, banyak yang beranggapan bahwa fenomena pink tax merupakan suatu bentuk diskriminasi yang berbasis gender. Selain itu, Kantor Statistik Nasional menyatakan 60% dari mereka yang digaji rendah adalah perempuan, dan 54% pekerja dengan kontrak tanpa jam kerja adalah perempuan. Fakta ini memperkeruh kenyataan bahwa kesenjangan upah berbasis gender harus dibuntuti kesenjangan gender lainnya yaitu harga produk.

Salah satu cara untuk menghindari Pink Tax adalah dengan berbelanja secara strategis. Jika melihat perbedaan harga yang sangat besar antara produk yang dipasarkan untuk pria dan yang dipasarkan untuk perempuan, sebaiknya cari tahu merk lain.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah tidak membeli atau mengurangi pembelian produk yang dipasarkan untuk perempuan. Sebagai gantinya, membeli produk pria atau yang netral gender.

Pink Tax terhubung dengan kualitas hidup karena ada perenggutan kesempatan untuk melakukan hal-hal lain dengan uang hilang yang dibayarkan perempuan untuk Pink Tax. Ada banyak pola pikir dan perilaku dalam masyarakat yang harus diubah untuk mencapai kesetaraan gender. Memastikan bahwa perempuan tidak perlu membayar lebih untuk sesuatu yang tidak dapat mereka bantu adalah langkah pertama yang sangat baik.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut