4 Kredit Pada Pinjaman UKM Yang Perlu Kamu Tahu!

2
1750
Pinjaman UKM

UKM atau biasa dikenal Usaha Kecil Menengah di Indonesia sudah terbukti dapat menyerap para tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan, UKM juga membantu Indonesia pada saat krisis yang dialami beberapa tahun lalu. Sekarang juga kita bisa melihat berbagai jenis permodalan yang dikhususkan untuk membantu usaha kecil dan menengah. Bentuk dari permodalan tersebut juga beragam-ragam.

Untuk yang terakhir yaitu kredit pinjaman UKM memiliki banyak jenisnya ada yang berdasarkan kegunaan ada juga yang berdasarkan agunan. Kita akan bahas lebih jauh masing-masing dari kredit pinjaman UKM sendiri. Tetapi sebelum membahas hal tersebut terlebih dahulu kita mengetahui penggolongan yang sudah diatur oleh UU nomor 20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah. Dari ketiganya itu masing-masing juga dibedakan menurut pendapatan masing-masing pertahunnya.

Pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

  • Usaha Mikro, sudah diatur berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008 yaitu usaha mikro adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 Juta atau pendapatan maksimal Rp 300 juta di setiap tahunnya.
  • Usaha Kecil, juga sudah diatur pada UU No. 20 Tahun 2008 yaitu suatu usaha yang memiliki kekayaan bersih senilai Rp 50 hingga Rp 500 juta atau suatu usaha yang memiliki nilai penjualan dari Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar.
  • Usaha Menengah, pada UU No. 20 Tahun 2008 menyatakan bahwa usaha menengah merupakan usaha yang memiliki kekayaan bersih dari Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar atau juga usaha yang memiliki nilai penjualan dari Rp 2,5 miliar hingga Rp 5 miliar.

Pemerintah juga sudah mengandalkan UKM untuk dapat terus memberikan kontribusi positif dan membantu ekonomi nasional. Sekarang kita akan bahas mengenai jenis dari kredit pinjaman UKM.

Kredit Berdasarkan Kegunaan

  • Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja merupakan sebuah pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal awal dalam usaha. Biasanya pinjaman ini jangka waktunya selama satu tahun dan bisa diperpanjang. Beberapa perbankan juga memiliki banyak produk yang dapat mengembangkan usaha UKM ini.

  • Kredit Investasi

Kredit yang satu ini merupakan pinjaman UKM yang bersifat lebih ke investasi dimana digunakan saat debitur ingin menggunakan pinjaman untuk mengembangkan usahanya yang telah berjalan. Kredit investasi ini diberikan kepada mereka yang memiliki usaha setidaknya lebih dari 1 tahun. Karena, pada kredit investasi ini, pelaku usaha mempunyai jangka waktu maksimal hingga 5 tahun serta dana yang diajukan juga cukup fleksibel.

Kredit Berdasarkan Jaminan

  • Kredit Dengan Jaminan

Kredit yang satu ini adalah kredit yang memiliki syarat adanya suatu agunan atau jaminan berupa aset seperti rumah, tanah, kendaraan dan lainnya. Kredit ini memiliki bunga pembayaran yang cukup rendah dibandingkan dengan yang lainnya, juga memiliki jangka waktu yang lebih lama dan nominal yang lebih besar. Tetapi disamping itu, pada kredit ini kekurangannya ialah proses pencairannya memakan waktu yang cukup lama, karena biasanya pihak bank melakukan survey dan lain sebagainya. Yang agak sulit pada kredit ini ialah jaminan untuk mendapatkan pinjamannya itu.

Dalam hal ini biasanya perbankan membutuhkan jaminan tentu untuk memastikan bahwa seorang Borrower tersebut dapat melunasi sesuai dengan perjanjian beserta jaminan yang sudah ia jaminkan.

  • Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan atau yang biasa kalian kenal dengan nama KTA ini memiliki kredit tanpa menggunakan jaminan artinya saat kamu mengajukan pinjaman kamu tidak perlu menggunakan jaminan. Namun, jangan berpikir bahwa mereka tidak dapat menyita aset yang kamu miliki meski tidak kamu jaminkan. Pihak bank tetap bisa melakukan proses hukum jika kamu terbukti tidak melunasi pinjaman kamu.

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha di Akseleran Mudah, Aman dan Menguntungkan!

Pinjaman ini bisa kamu gunakan apabila kamu memiliki masalah pada dana, tetapi sangat disarankan untuk mengajukan KTA jika kamu tidak memerlukan modal yang tidak begitu besar karena biasanya bunga dari KTA ini cukup tinggi. Hanya saja memang dalam proses pencairannya waktunya hanya sebentar. Selain bunga yang relatif tinggi kekurangan lainnya ialah jangka waktu yang pendek nominal pinjaman yang tidak banyak.

Gunakan Akseleran Sebagai Platform Pengajuan Pinjamanmu!

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here