OJK Rilis 102 Daftar Pinjaman Online Legal

0
187
Pinjaman Online Legal

Kebutuhan masyarakat akan pinjaman online legal membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperbarui daftar jasa peminjaman yang ada di arsip mereka. Pada tanggal 17 Maret 2022, OJK merilis daftar 102 jasa pinjaman online tepercaya di akun Instagram mereka. Sesuai dengan kebijakan OJK, daftar tersebut juga tidak lagi memuat jasa peminjaman yang terbukti bermasalah.

Contoh Daftar Pinjaman Online Legal OJK

Dari 102 penyedia pinjaman online legal yang dibagikan akun Instagram OJK, kebanyakan di antaranya memiliki aplikasi Android dan iOS. Sebagian nama yang ada juga merupakan penyedia pinjaman yang sudah cukup tepercaya. Beberapa nama unggulan yang masuk ke dalam daftar terbaru OJK antara lain:

Akseleran

Akseleran terkenal sebagai penyedia pinjaman berbasis peer to peer (P2P). Lembaga peminjaman ini terkenal sebagai penyedia modal untuk pengusaha kecil dan mikro. Akan tetapi, Akseleran juga menyediakan pinjaman online legal bagi karyawan serta peminjam umum yang memiliki kebutuhan mendesak. Proses pinjaman juga tidak membutuhkan agunan atau kepemilikan aset fisik.

Dompet Kilat

Dompet Kilat termasuk salah satu jasa peminjaman terbaru di Indonesia. Syaratnya cukup mudah tetapi melibatkan proses wawancara lewat email bagi peminjam yang menolak menunjukkan slip gaji. Jumlah dana yang bisa dipinjam cenderung kecil, mulai dari Rp500.000 hingga Rp1,2 juta. Sasaran pendanaannya adalah masyarakat kecil atau mereka yang memiliki kebutuhan mendesak dan bisa menjamin kemampuan pembayaran.

Baca juga: Pilihan Wallet Bitcoin Yang Terkenal dan Terpercaya

Tokomodal

Tokomodal masuk ke dalam daftar pinjaman online legal karena reputasinya sebagai pemodal usaha kecil. Sesuai namanya, Tokomodal memberikan pinjaman bagi nasabah kecil hingga menengah yang memiliki usaha produktif. Tokomodal tidak meminta agunan seperti aset fisik, dan jumlah pinjaman bisa disesuaikan dengan kemampuan membayar.

Amartha

Sama seperti Investree, Amartha termasuk pemain lama dalam dunia pinjaman online. Beroperasi selama lebih dari 10 tahun, Amartha menawarkan pinjaman lewat konsep P2P. Penerima dananya adalah pemilik usaha produktif level mikro, kecil, serta menengah. Selain diawasi OJK, Amartha merupakan anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia.

Danamas

Danamas adalah penyedia pinjaman online legal yang dikelola oleh PT Sinarmas. Seperti Tokomodal dan Amartha, Danamas berfokus pada nasabah kecil hingga menengah yang membutuhkan modal untuk usaha produktif. Tenor pinjaman mencapai tiga bulan dengan batas pinjaman hingga Rp7,5 juta.

KTA Kilat

KTA Kilat menyediakan pinjaman dengan jumlah cicilan bervariasi, mulai dari 30 hingga 180 hari. Maksimal jumlah pinjaman mencapai Rp8 juta, tetapi hal ini ditentukan dari persyaratan serta hasil ulasan yang dilakukan pihak pemberi dana sebelum mengabulkan permintaan pinjaman. KTA Kilat telah beroperasi di Indonesia sejak 2016.

Selain kedelapan nama tersebut, nama lainnya di dalam daftar mencakup Cairin, KIMO, Ammana.id, Indodana, Danakini, Maucash, PinjamanGO, Kredinesia, Pintek, pohondana, MEKAR, CROWDO, JULO, Taralite, FinPlus, UangMe, AdaPundi, dan TrustIQ.

Perubahan dalam Daftar Pinjaman Online Legal

Daftar 102 jasa penyedia pinjaman online terbaru dari OJK menunjukkan perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Misalnya, jumlah penyedia pinjaman yang terbatas lebih sedikit dari daftar tahun 2021 yang mencapai 116 jasa pinjaman. Hal ini karena OJK secara teratur menghapus jasa peminjam yang tidak memenuhi syarat atau tidak mampu meneruskan kegiatan operasional mereka.

Pembaruan daftar pinjaman online ini juga merupakan respons OJK terhadap upaya pemerintah dalam menjaga masyarakat dari pinjol ilegal. Misalnya, Satgas Waspada Investasi telah menutup lebih dari 3.000 pinjol ilegal selama 2018 hingga 2022. Hasil laporan dan penutupan ini menjadi pertimbangan OJK untuk terus memperbarui daftar mereka demi keamanan nasabah peminjam.
Jika Anda membutuhkan pinjaman uang secara cepat, pastikan menggunakan jasa pinjaman online legal tepercaya. Jadikan daftar jasa pinjaman dari OJK sebagai panduan untuk menemukan sumber dana yang aman untuk keperluan pribadi maupun investasi.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]