Daftar Pinjaman Online Ilegal 2023, Jangan Ketipu!

0
712
Pinjaman Online Ilegal

Pinjaman online ilegal kian berkembang dan mengkhawatirkan. Anda perlu waspada jika perusahaan pinjaman online tersebut tidak Anda temukan dalam daftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itulah ciri utamanya.

Pada dasarnya pinjaman online ilegal adalah praktik rentenir. Mulai dari cara kasar para debt collector saat menagih utang, isu keamanan data pengguna, hingga bunga pinjaman yang sangat tinggi, sudah banyak memakan korban. 

Walaupun terus diberantas, tapi jumlah mereka tetap bertambah seperti jamur di musim hujan. OJK sendiri telah menutup 4.265 platform pinjaman online ilegal sejak tahun 2018 hingga 2022.

Jangan sampai Anda terkena tipu, berikut daftar beberapa pinjaman online ilegal 2023 yang dapat Anda jadikan referensi.

Daftar Pinjaman Online Ilegal

  1. Kantong Seluler
  2. Pinjaman teman
  3. Mekar.id
  4. Tunai Cepat
  5. Dompetku
  6. Tunai Cepat – Pinjaman Online
  7. Dompet Siap
  8. Wall In – Pinjaman Uang Dana Tunai Online Cepat 
  9. Pinjam Kredit – KTA Aman Murah
  10. Petir Tunai
  11. Uang kaya
  12. Kantung Online
  13. DanaRakyat – Pinjaman Nyaman
  14. Modal Saya – Pinjaman Rupiah
  15. Dana Pratama – Pinjaman Online
  16. Cash Now – Pinjaman Terpercaya
  17. Modal Lite – Pinjaman Online
  18. Pinjaman Now – Uang Cepat
  19. Kredit Easy – Uang Kilat
  20. Ready uang – Pinjaman Uang Aman
  21. Klik Cair
  22. Coinku
  23. Asisten Tunai
  24. HoKI
  25. GetLease – Akses Mudah ke Uang
  26. Pinjaman FC
  27. Gomoney – Cepat
  28. Dana Aku – Kredit
  29. Koin Master – Pinjaman Cepat Kredit Tanpa Agunan
  30. GrhaDana – Pinjam Tanpa Jaminan
  31. DearRupiah – Kredit Uang Kilat
  32. TunaiGo – Tunai Kredit
  33. Klik Kredit- Pinjaman Pinjol
  34. Cashloan – Platform Pinjaman Tunai
  35. Kota Emas – Pinjaman Uang Online Kilat APK
  36. Halo Duit
  37. Wang Sakti – Kredit Uang Kilat
  38. Pinjaman Kredit Piramida
  39. Sarung Ajaib
  40. Asisten Tunai
  41. Pinjaman Kelinci – KTA Terbaik (dahulu “Pinjaman Kelinci – KTA Terbaik Bunga Rendah Aman”)
  42. Klik Kami (Pencatutan)
  43. PundiPaL – Pinjaman mikro
  44. Kotak Koin – Credit Dana Cepat
  45. Selamat Pinjam – Pinjaman Dana Aman Terpercaya
  46. DanaQ Pinjaman Online Guide
  47. Daliy Cash
  48. Dana Hope
  49. Dana Mantul
  50. Oranye – Pinjaman Cepat

Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Meskipun ada banyak juga pinjaman online legal di Indonesia, namun tetap saja banyak masyarakat yang masih tidak menyadari jeratan pinjaman online ilegal. Ada berbagai trik yang dilancarkan oleh mereka untuk menarik dan menjerat korban. 

Nah, berikut tips menghindari agar Anda tak terjerat oleh pinjaman online ilegal. 

1. Jangan Mudah Percaya “Too Good, To be True”

Pinjaman online ilegal biasanya menggunakan taktik menawarkan bunga yang sangat rendah. Bahkan lebih rendah dari bunga bank atau malah 0%. 

Dari sisi bisnis hal ini sangat tidak rasional. Lembaga pembiayaan, termasuk bank, masih perlu mencari untung agar bisa membayar sewa, listrik, dan gaji karyawan. Tawaran ini tidak mungkin jika mereka harus memberikan pinjaman tanpa bunga.

Penipu menggunakan taktik ini untuk memikat calon korban ke dalam pinjaman dengan biaya tersembunyi, praktik pembayaran yang tidak biasa, dan banyak lagi.

2. Waspada Bunga Tinggi

Ada juga pinjaman online ilegal yang terang-terangan menawarkan bunga tinggi. Hal ini karena mereka menargetkan korban yang putus asa yang mencari uang tunai dengan cepat. Beberapa dari mereka bahkan memanfaatkan alasan ini untuk ‘menggemukan’ pembayaran pinjaman Anda.

Meskipun sepertinya ide yang bagus jika Anda membutuhkan uang tunai, tapi meminjam pada rentenir hanya akan membuat Anda memiliki banyak utang. Apabila Anda tidak dapat membayar tepat waktu, mereka mungkin menggunakan kesempatan ini untuk menaikkan suku bunga dan mempersulit Anda untuk keluar dari sistem.

Memiliki kontrak tertulis yang mengikat secara hukum juga penting. Kamu tidak akan punya pilihan selain menerima persyaratan kenaikan suku bunga ini. Jika menolak, mereka mungkin menggunakan ancaman atau bahkan kekerasan terhadap Anda.

3. Pastikan Terdaftar di OJK

Bagian penting dari proses peminjaman adalah mengenal pemberi pinjaman Anda. Saat menjelajahi opsi Anda, pilih bank atau perusahaan keuangan non-perbankan yang terdaftar di OJK. 

Situs web OJK mencantumkan nama bank dan NBFC yang terdaftar di dalamnya. Ini akan membantu Anda memastikan apakah pemberi pinjaman yang Anda pilih diatur oleh hukum atau tidak sehingga mengurangi risiko Anda melakukan bisnis dengan pemberi pinjaman yang tidak sah. 

Hampir semua lembaga keuangan yang terdaftar di OJK memiliki situs web resmi atau aplikasi seluler yang menawarkan berbagai layanan pinjaman. Menggunakan aplikasi atau situs web pemberi pinjaman yang terdaftar di OJK disarankan untuk memenuhi kebutuhan pinjaman Anda.

Kunci utama saat melakukan verifikasi, pastikan izin OJK masih berlaku. 

Baca juga: 7 Pinjaman Online OJK yang Aman dan Menguntungkan

4. Lakukan Riset Menyeluruh

Jangan terburu-buru saat mencari perusahaan pemberi pinjaman. Riset ekstensif dapat membuat perbedaan besar dalam keseluruhan proses yang terlibat dalam menemukan satu untuk kebutuhan Anda. 

Bertindak berdasarkan dorongan hati hanya akan membuat Anda terjebak karena berurusan dengan perusahaan pinjaman online ilegal. Pada akhirnya Anda akan membuang lebih banyak waktu dan uang. 

Googling tentang perusahaan tersebut dan bacalah ulasan pelanggan. Cara ini dapat memberi gambaran tentang perusahaan tersebut apakah dapat dipercaya. Selain itu, lakukan juga riset terhadap izin usaha. Pastikan bahwa mereka memiliki izin beroperasi yang masih berlaku. 

Selain itu, pastikan perusahaan memiliki kantor fisik. Pemberi pinjaman uang berlisensi dan legal memiliki kantor fisik yang dapat Anda kunjungi. Hal ini untuk menghindari pencatutan. Ada beberapa pinjaman online ilegal yang mencatut nama pinjaman online legal untuk menipu korban.

5. Jangan Meng-klik Tautan

Dengan meningkatnya kebutuhan kredit, aplikasi pinjaman tidak resmi telah menjamur dari waktu ke waktu, seringkali menawarkan kredit cepat dengan atau tanpa dokumentasi. Kemungkinan Anda sendiri sering menerima tautan atau pesan random di chat messenger atau inbox SMS Anda dari aplikasi semacam itu. 

Kunci aman di sini adalah mengabaikan dan menghapus komunikasi semacam itu. Jangan mengklik tautan karena berisiko membawa malware yang dapat membahayakan akses terhadap data sensitif Anda. Tak sedikit kasus pencurian data terjadi dari sini. 

6. Selalu Minta Kontrak Resmi

Ada baiknya Anda meminta dokumen tertulis setiap kali Anda bertransaksi dengan lembaga pembiayaan. Jika mereka ragu untuk memberi Anda kontrak pinjaman formal, maka Anda perlu curiga bahwa mereka berencana untuk mengubah persyaratan di masa mendatang.

Jika Anda hanya memiliki perjanjian lisan, Anda tidak dapat memberikan bukti saat mengajukan keluhan. Tetapi dengan lembaga keuangan yang terdaftar dan membayar pajak, Anda tidak perlu meminta kontrak pinjaman formal karena mereka akan secara otomatis menyediakannya untuk Anda.

7. Carilah Pinjaman Online Legal

Kamu telah mengetahui ciri pinjaman online ilegal, kini saatnya Anda mencari yang legal. Terutama jika Anda membutuhkan pembiayaan untuk UKM Anda. Bank mungkin bukan pilihanmu saat ini dengan banyaknya persyaratan dan beberapa langkah dalam memproses aplikasi Anda.Itu sebabnya jika Anda mencari pinjaman dengan bunga bersahabat dan waktu persetujuan yang cepat, lembaga pembiayaan yang sah seperti Akseleran adalah pilihan terbaik, terutama jika Anda ingin membiayai pertumbuhan  usahamu! Terdaftar secara resmi di OJK.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].