Pinjam Rp3 Miliar dengan NPL 0%

0
101

PT Airin Graha Solusindo (Airin) merupakan salah satu contoh sukses perusahaan yang memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan usahanya. Tercatat sebagai salah satu seller berbintang 5 di marketplace Ralali.com, perusahaan yang bergerak dalam penjualan peralatan komputer dan laptop ini berhasil mendapatkan pembiayaan usaha dari Akseleran dengan total kumulatif hingga Rp3 miliar. Hebatnya lagi, selama menjadi borrower, angka non-performing loan (NPL) Airin berada di level 0 persen. 

Seperti apa kiat dan perjalanan Airin dalam mengoptimalkan pendanaan usaha yang didapatkan melalui sinergi Ralali dan Akseleran? Berikut cuplikan perbincangan SVP Corporate Communication Akseleran Rimba Laut dengan Dhiyang Sahputra selaku Sales Manager PT Airin pada program Special Guest Borrower episode terbaru.   

Berapa besar nominal pinjaman usaha pertama yang didapatkan dari Akseleran?

Pertama kali pinjam tahun 2020 nominalnya Rp200 juta. Dari pinjaman tersebut kita pergunakan untuk pembelian barang, bertransaksi barang dengan supplier dan dijual kembali ke customer kami. 

Secara kumulatif, berapa total nominal pinjaman usaha yang sudah diterima dari Akseleran sejauh ini?

Transaksinya sendiri sudah 14 kali bersama Akseleran dengan total kumulatif pinjaman usaha mencapai Rp3 miliar.

Untuk agunannya menggunakan apa?

Waktu pinjaman pertama sebesar Rp200 juta belum menggunakan agunan. Seiring berjalannya waktu, kami naik limit dan menggunakan agunan melalui invoice financing.

Apakah pinjaman usaha dari Akseleran memberikan keuntungan bagi PT Airin Graha Solusindo?

Dampaknya pasti positif. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini sangat membantu untuk bisnis kami. Bisnis kami bergerak di bidang penjualan laptop, komputer dan aksesoris laptop/PC. Kami juga bergerak di proyek-proyek instalasi seperti server. Sehingga kami banyak membutuhkan modal di awal. 

Bekerja sama dengan Akseleran memberikan keuntungan yang sangat positif. Karena awalnya kan Airin menjual barang hanya secara cash before delivery, yaitu customer bayar setelah itu baru kami kirimkan barangnya. Setelah bekerja sama dengan Akseleran, Airin jadi bisa membeli barang dan menjual ke customer secara tempo. Tempo sendiri didapat sesuai dengan yang diberikan Akseleran kepada Airin. 

Selain itu, secara margin pun kita akan jadi lebih tinggi. Karena untuk barang yang dijual secara cash dengan barang yang dijual secara tempo itu harganya lebih berbeda. Kalau cash itu biasanya marginnya tipis karena customer bayar langsung dulu, baru barang kami kirim. Tapi kalau tempo, kita kirim barang mereka membayar dalam tempo 30 atau 60 hari. 

Bisa diceritakan untuk peningkatan marginnya? 

Mungkin secara presentasi, biasanya kalau kita jual cash, marginnya 2-3 persen. Namun, kalau jual secara tempo bisa 6-8 persen atau bahkan terkadang di saat seperti ini kita bisa angkat hingga 10 persen. Tapi ini tergantung dari sisi barang dan limit barangnya seperti apa. Misal, untuk laptop ada produk yang high end atau low end. Ada tipe barang yang banyak dibutuhkan, ada pula yang agak lambat penjualannya.

Bagaimana proses peminjaman di Akseleran?

Di Akseleran ada kemudahan pinjaman dibandingkan kalau pinjam ke bank. Kalau ke bank, persyaratan peminjamannya sangat banyak. Meski demikian, di Akseleran dari sisi legalitas, Akseleran tetap meminta kita memenuhi aspek legalitas usaha. Seperti, SIUP, Akta, NPWP, dll. Memang ada sejumlah dokumen yang harus disiapkan, namun prosesnya sangat cepat dan kita sangat dibantu sekali. 

Selama menjadi borrower Akseleran tercatat NPL 0 persen, bagaimana cara PT Airin supaya tidak terlambat membayar?

Kami berkomitmen dan sangat menjaga kerja sama. Apalagi dalam pinjaman. Karena Akseleran sudah mempercayakan pinjaman dan memberikan bantuan kepada kami, maka Airin harus bertanggung jawab atas pembayarannya tepat waktu.  

Agar tepat waktu, kami selalu follow up ke customer agar payment mereka juga selalu tepat waktu atau 1-2 hari lebih cepat. Sehingga kalau mereka ada kendala, kita bisa cepat cari cover-nya. Kami juga selalu pilih customer yang bekerja sama dengan Airin selama 1-2 tahun. 

Apa yang ingin Anda sampaikan kepada pelaku usaha lainnya tentang Akseleran?

Akseleran proses pencairan dananya tidak sesusah di bank. Prosesnya pun cepat. Lalu, yang perlu kita garis bawahi juga, peminjaman kan selalu ada bunga, kalau bunganya kita bisa hitung secara baik dengan apa yang kita gunakan akan jadi lebih baik lagi untuk usaha kita. Bunga dari Akseleran itu masih menguntungkan untuk kita, ketika bisa diperhitungkan secara baik.   

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]