Pikun di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

0
929
Pikun di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Mudah lupa atau sering disebut pikun sering terjadi ketika seseorang yang sudah lanjut usia. Namun ternyata tidak sedikit orang yang masih muda juga mengalami hal ini. Nyatanya, penyebab lupa itu tidak hanya soal penuaan. Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu sering lupa meskipun masih muda. Lantas, apa saja faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pikun di usia muda?

1. Kurang Tidur

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kenapa orang yang masih muda sering lupa. Banyaknya aktivitas yang dijalani seringkali menghabiskan waktu sehingga mengganggu waktu tidur. Kondisi kurang tidur akan berpengaruh terhadap daya konsentrasi sehingga ingatan pun juga menjadi buruk. Kurangnya waktu tidur membuatmu tidak fokus untuk mengerjakan suatu hal, sehingga tidak mampu mengingat dengan baik

2. Stres

Stres juga dapat memicu seseorang menjadi cepat lupa akan sesuatu. Hal ini disebabkan karena stres yang terjadi berlarut-larut akan menyebabkan gangguan konsentrasi sehingga kemampuan mengingat pun terganggu. Maka dari itu penting untuk selalu menjaga kesehatan mental. Jika kamu mengalami gejala stres atau depresi yang berlarut, segera konsultasikan kepada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

3. Pola Makan yang Buruk

Pola makan adalah hal yang penting untuk dijaga. Ketika asupan makanan dijaga dengan baik tentu akan berdampak pada banyak hal termasuk pada daya ingat. Dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan bergizi, seperti makanan dengan kandungan lemak berlebih akan memperburuk daya ingat kamu. Jagalah pola makan dengan baik sambil diimbangi dengan olahraga rutin.

4. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengganggu memori jangka pendek, bahkan setelah efek alkohol tersebut hilang. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi alkohol untuk untuk menjaga daya ingatmu, sehingga kualitas kerja otak akan tetap bagus dan aktivitas yang dilakukan juga berjalan dengan baik.

5. Konsumsi Obat Tertentu

Pada kondisi medis tertentu, terkadang orang diharuskan mengonsumsi obat-obatan sehingga menimbulkan berbagai efek samping termasuk menjadi pelupa. Biasanya obat-obatan yang bisa mempengaruhi memori manusia, seperti obat antidepresan atau obat tekanan darah tinggi.

Penyebab sering lupa pada usia muda umumnya berkaitan dengan gaya hidup yang kurang baik.Hal ini tentu saja bisa teratasi dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut