Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office

0
2186

Pandemi yang melanda dunia telah merubah segala aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam bekerja. Di Indonesia sendiri kita semua diharuskan bekerja dari rumah karena adanya aturan tentang social distancing guna mengurangi penyebaran virus Covid19 & membantu program Pemerintah. 

Semakin mudahnya teknologi komunikasi dan imbas dari pandemi Covid-19, mendorong tren bekerja di luar kantor, atau bahkan sama sekali tak perlu memiliki kantor semakin meningkat. Selain konsep co-working space, tren lainnya yang muncul yakni virtual office

Konsep kantor virtual ini mengakomodasi perusahaan yang memang tak terlalu membutuhkan kantor dari segi operasional atau kegiatan usaha yang dilakukannya setiap hari mulai dari biaya listrik, sewa kantor fisik, dan lain sebagainya. Oleh karena itu virtual office menjadi salah satu solusinya

Pengertian 

Virtual office sendiri adalah suatu layanan yang menawarkan alamat kantor sebagai alamat dalam menjalankan bisnis Anda. Secara garis besar, fasilitas yang didapat virtual office tidaklah jauh berbeda dengan Service Office pada umumnya. Seperti menjawab telepon ataupun voice mail, serta mengatur atau menyediakan meeting room jika diperlukan. Hanya saja, tidak ada penyewaan ruangan fisik dalam virtual office.

Pada dasarnya virtual office adalah suatu kantor yang mana para penyewa hanya bisa memiliki alamat dari kantor tersebut saja, namun mereka tidak memiliki bangunan fisik daripada kantor tersebut. Perusahaan akan terdaftar dalam perusahaan yang bekerja di kantor tersebut namun tidak memiliki ruangan kantor di gedung tersebut. Layanan yang diberikan dalam virtual office seperti membantu penanganan dokumen, surat, paket yang datang ke alamat perusahaan, penanganan telepon masuk dan lainnya. 

Kelebihan Virtual Office 

  • Mengehamat operasional kantor 

Dengan menggunakan virtual office maka perusahaan tidak perlu mempunyai bangunan kantor tersendiri dan pastinya harus mengeluarkan biaya operasional. Dengan adanya virtual office, maka biaya-biaya operasional tidak perlu dipikirkan lagi. karena semuanya sudah termasuk dalam biaya sewa yang dipilih oleh perusahaan.

  • Baik untuk citra perusahaan 

Salah satu paket dari layanan virtual office yang menguntungkan adalah mampu memberikan alamat perusahaan. Jadi, walaupun kantornya hanya virtual dan terdiri dari satu ruangan yang sederhana saja maka perusahaan bisa menggunakan alamat tersebut sebagai domisili resminya. Jika ada keperluan surat menyurat, pihak pengelola yang nantinya akan melakukan.

Jadi, walaupun perusahaan hanya menyewa satu ruangan saja, perusahaan penyewa tetap akan memiliki kantor resmi yang sudah diakui oleh badan hukum.

  • Mudah ganti-ganti kantor  

Beberapa pengelola virtual office mampu memberikan paket sewa yang bervariasi, mulai dari harga bulanan sampai harga tahunan. Jika perusahaan kamu ingin dekat dengan klien ataupun berbagai tempat strategis lainnya dapat dengan mudah untuk berpindah layanan virtual office.  

Perusahaan yang memiliki kantor tetap tentu tidak bisa berpindah sesuka hati. Ketika pindah, mereka harus mengeluarkan banyak sekali biaya untuk menyewa ataupun membangun kantor baru. Dengan adanya virtual office, pindah bisa saja dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus terikat masalah biaya yang besar.

  • Lebih hemat waktu

Bagi para pekerja, virtual office tidak mengharuskan mereka datang ke kantor setiap hari, bekerja bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pekerja tidak perlu membuang waktunya di jalanan selama berjam-jam hanya untuk datang ke kantor. Dengan begitu, para karyawan bisa memanfaatkannya untuk bekerja ketimbang menghabiskan waktu di jalan.  

Kekurangan Virtual Office 

  • Hubungan dengan karyawan kurang dekat

Sebagaimana lazimnya, para pekerja yang tergabung di dalam perusahaan yang menggunakan virtual office maka untuk komunikasi antar karyawan juga berlangsung secara virtual. Komunikasi dengan pekerja mungkin terjadi dengan baik di berbagai platform yang digunakan. Namun, komunikasi ini pasti lebih banyak berhubungan dengan perusahaan sehingga ikatan personalnya kurang. Kekurangan ini mungkin terlihat biasa, tapi bisa mengganggu pekerjaan kalau terjadi perselisihan. 

  • Karyawan kurang fokus

Karena bekerja secara remote dan tidak berinteraksi langsung dengan pemimpin perusahaan, karyawan cenderung mudah kehilangan fokus saat menyelesaikan tugas mereka. Untuk mengantisipasi hal ini, evaluasi rutin harus diterapkan. Selain dapat mengendalikan kinerja karyawan, evaluasi juga dapat membuat karyawan waspada dan termotivasi untuk senantiasa fokus pada tugas mereka masing-masing.

  • Waktu Kerja Kerap Disepelekan

Salah satu masalah terbesar yang kerap disepelekan oleh pekerja yang banyak menghabiskan waktu di virtual office adalah jam kerja. Mereka yang menyelesaikan pekerjaan jarak jauh kerap santai dan merasa waktu tidak perlu dipermasalahkan. Akhirnya ada yang bekerja mulai dari siang atau bahkan tengah malam.

Demikianlah pembahasan tentang virtual office.  Pada intinya virtual office adalah kantor yang bisa di sewa oleh para pengusaha atau pebisnis dan mereka hanya bisa memiliki alamat dari kantor virtual office tersebut serta satu ruangan kecil saja.  Dengan menyewa virtual office perusahaan  bisa memiliki banyak sekali keuntungannya, namun tetap saja ada kekurangannya. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro | Editor: Rimba Laut