Pasar Bebas : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

0
5217
Perdagangan Bebas

Globalisasi, yang dipicu oleh kemajuan teknologi, telah mendorong laju perdagangan hingga tidak terbatas di satu negara saja. Perdagangan global pun terjadi antarnegara melalui aktivitas ekspor impor dengan aturan yang berbeda di setiap negara. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pasar bebas atau perdagangan bebas itu? 

Pasar bebas atau perdagangan bebas merupakan kondisi ekonomi yang berfokus pada  produksi dan penjualan barang dan jasa tanpa adanya campur tangan dari pihak pemerintah. Sistem perdagangan bebas ini memiliki prinsip ekonomi yang mengikuti hukum permintaan penawaran. Setiap tindakan dan keputusan seseorang terkait barang dan jasa bersifat sukarela. Ini berlawanan dengan sistem ekonomi terpusat, saat pemerintah turut campur menentukan harga barang dan jasa yang diproduksi oleh negara.

Pengertian Pasar Bebas

Pasar bebas atau perdagangan bebas adalah pasar tempat penjual dan pembeli bebas menetapkan kebijakan terkait perdagangan. Seluruh kebijakan yang berlaku  tidak ada campur tangan pihak pemerintah. 

  • Definisi  Wikipedia tentang pasar bebas yaitu pasar ideal, yang seluruh ketetapan ekonomi dan tindakan individu terkait uang, barang, dan jasa, ke semuanya dilakukan dengan sukarela. 
  • Berdasar Britannica Encyclopedia pengertian pasar bebas yaitu  pasar yang merupakan bentuk sistem pertukaran ekonomi. Hal terkait kuota, pajak, kendali mutu, serta tarif tidak terfokus pada satu otoritas tertentu, termasuk pemerintah.
  • Definisi menurut Adam Smith definisi pasar bebas, yaitu sebuah wadah tempat menampung hasil dari setiap individu, berdasarkan pada paham kebebasan dari pelaku-pelaku ekonomi untuk melakukan aktivitas ekonomi sesuai keinginan sendiri tanpa adanya campur tangan dari  pemerintah.
  • Definisi menurut David Ricardo pasar bebas sebagai sebuah aktivitas perdagangan luar negeri antar lebih dari dua negara. Setiap pihak melaksanakan perdagangan tanpa terkait pemerintah. Ini berarti masyarakat bebas melakukan perdagangan antarnegara tanpa halangan dari pemerintah setiap negara.

Jadi, pengertian pasar bebas secara sederhana yaitu tidak adanya hambatan perdagangan yang bersifat tarif (ekspor impor) maupun hambatan non tarif. Jenis perdagangan ini merupakan kebijakan pemerintah tanpa diskriminasi pada ekspor dan impor. 

Contoh dari perdagangan bebas yaitu Area Ekonomi Eropa atau Uni Eropa atau Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara serta kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara (AFTA). Keduanya merupakan pasar terbuka dengan pembatasan perdagangan yang sangat minim.

Baca juga: Apa Itu Pasar Modal? Berikut Pengertiannya

Tujuan Pasar Bebas

Setelah memahami tentang pasar bebas, berikut ini adalah beragam tujuan dari adanya pasar bebas:

  • Menaikkan pendapatan negara. Adanya perdagangan bebas tanpa batas di di dalam negeri akan membuat pendapatan negara semakin meningkat. Hal ini disebabkan dengan adanya pasar bebas, penjual  mendapatkan pasar yang lebih luas yang membuat nilai transaksi jual beli lebih besar.
  • Mendorong perekonomian negara. Pasar bebas mendorong adanya aktivitas ekspor sehingga produk dalam negeri yang unggul dapat diekspor ke negara lain. Dengan demikian, pasar yang ada menjadi semakin besar karena berupa pasar internasional.
  • Meningkatkan transfer teknologi. Pasar bebas medorong peningkatan teknologi baru ke dalam negeri. Transfer teknologi pun bisa dilakukan dengan cepat membuat suatu negara dapat bersaing dengan negara lain. 
  • Memasok kebutuhan di dalam negeri. Pasar bebas membuka peluang perdagangan dalam negeri untuk memenuhi beragam kebutuhan akan produk yang belum bisa diproduksi sendiri secara lokal.

Manfaat Pasar Bebas

Pasar bebas memberikan beragam manfaat akibat adanya kebebasan yang dimiliki oleh penjual dalam mendapatkan pembeli tanpa batas wilayah negara. 

  • Bebas Mengolah Sumber Daya. Setiap orang bebas untuk memiliki dan mengolah sumber daya milik mereka untuk mendapatkan profit.
  • Kreatif. Dengan adanya kebebasan untuk mengolah sumber daya masing-masing membuat  masyarakat mampu berpikir lebih kreatif melalui tingkat persaingan yang ketat.
  • Produk Berkualitas. Dengan adanya pasar bebas, setiap produsen akan dituntut untuk memproduksi barang berkualitas, hingga mampu bersaing dengan produsen dari negara lainnya.
  • Sarana yang Tepat. Pasar bebas bisa menjadi sarana tepat bagi para pebisnis untuk menerapkan prinsip ekonomi secara lebih efisien.
  • Pertumbuhan ekonomi negara. Perekonomian negara dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat akibat adanya pasar bebas.

Nah, itulah ulasan selengkapnya tentang perdagangan bebas berdasar pengertian, tujuan, dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].