Jenis Crowdfunding yang Ada Beserta Perbedaannya

0
8661
jenis crowdfunding dan perbedaannya

Jenis Crowdfunding dan Pengertiannya – Dalam bidang teknologi finansial di Indonesia istilah crowdfunding yang mungkin belum cukup dikenal sehingga seringkali terjadi salah pengertian. Hal ini juga dikarenakan jumlah jenis crowdfunding yang cukup beragam. Istilah crowdfunding, peer-to-peer lending, marketplace lending dan equity crowdfunding seringkali tertukar satu sama lain, dan menimbulkan kebingungan. Untuk mempermudah Anda memahami semuanya, kami akan berikan penjelasan singkat mengenai crowfunding, peer-to-peer lending, marketplace lending dan equity crowdfunding.

Jenis Crowdfunding

Crowdfunding adalah proses mengumpulkan sejumlah uang untuk membiayai suatu produk/proyek, usaha, atau kegiatan filantropi oleh sejumlah besar orang, yang biasanya dilakukan melalui platform online.

Terdapat empat jenis crowdfunding, yaitu :

  1. reward crowdfunding
  2. donation-based crowdfunding
  3. loan-based atau debt crowdfunding
  4. equity crowdfunding

Di mana perbedaan dari masing-masing klasifikasi tersebut adalah bentuk kompensasi yang diberikan kepada orang-orang yang memberikan dana atau biasa disebut sebagai the crowd.

Reward Crowdfunding

Penggalang dana pada platform berbasis reward akan memberikan imbalan dari dana yang diberikan crowd dalam bentuk versi pertama atau edisi terbatas dari produk atau layanan yang didanai.

Donation Crowdfunding

Penggalangan dana berbasis donation crowdfunding merupakan penggalangan dana yang bersifat sosial (charity) dan biasanya tidak ada memiliki kompensasi.

Loan-based Crowdfunding / Debt Crowdfunding

Loan-based crowdfunding adalah bentuk penggalangan dana dalam bentuk utang, sehingga crowd mendapatkan kompensasi berupa pembayaran kembali atas pinjaman yang diberikan, beserta bunganya. Loan-based crowdfunding juga biasa dikenal sebagai peer-to-peer lending, dan sekarang juga biasa disebut dengan istilah marketplace lending. Jadi loan-based crowdfunding, peer-to-peer lending dan marketplace lending pada pokoknya merupakan satu hal yang sama.

Equity Crowdfunding

Yang terakhir, equity-based crowdfunding, merupakan bentuk penggalangan dana dengan imbalan berupa saham pada perusahaan penggalang dana.

Baca juga: Crowdfunding, Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Praktis

Akseleran sebagai Platform Peer-to-Peer Lending

Berawal dari pionir situs equity crowdfunding di Indonesia, Akseleran sekarang merupakan salah satu platform P2P Lending terpercaya di Indonesia. Dengan izin resmi dari OJK, Akseleran memberikan akses keuangan kepada UKM-UKM yang membutuhkan modal sekaligus menjadi sarana pengembangan dana bagi mereka yang ingin mendanai UKM tersebut.

Melalui situs Akseleran, Anda sebagai lender bisa mendanai pinjaman UKM, dan bisa mendapatkan kembali dana beserta bunganya. Sebaliknya, sebagai borrower Anda bisa mengajukan pinjaman dengan agunan yang fleksibel seperti invoice, SPK, atau PO.

Jika Anda ingin mencoba mendanai UKM, Anda bisa menggunakan kode promo BLOG100 dan mendapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu yang bisa digunakan langsung. Yuk, segera download aplikasi Akseleran dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun!

BLOG100

Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here