Perbedaan Copywriter dan Content Writer

1
133
Perbedaan Copywriter dan Content Writer

Perkembangan teknologi digital membuat proses pembuatan konten menjadi bagian vital dalam strategi pemasaran digital, dimana di dalamnya melibatkan peranan copywriter dan content writer. Meski sekilas terlihat sama, namun sebenarnya kedua profesi tersebut memiliki jobdesk yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaan copywriter dan content writer, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari keduanya.

Copywriter adalah profesi yang bekerja untuk membuat konten dalam bentuk teks yang bisa mengajak pembacanya untuk melakuan tindakan terkait dengan proses penjualan sebuah produk. Copywriter lebih dikhususkan untuk kebutuhan komersil seperti menulis ads copy dalam bentuk headline, tagline, slogan, dan sebagainya yang nantinya akan dipasang pada berbagai platform, termasuk platform sosial media. Tujuan penulisannya sendiri tentu agar konten yang diciptakan dapat mempersuasi pembaca untuk menggunakan atau membeli produk yang dijual. Seorang Copywriter juga banyak terlibat dalam pembuatan teks atau script pada iklan di TVC, radio, ataupun media lainnya.

Sementara content writer adalah profesi yang memproduksi tulisan dengan tujuan memberikan edukasi atau menghibur pembacanya. Meski konten yang dibuat juga akan mempengaruhi proses pemasaran, namun hal tersebut bukanlah tujuan utama seorang content writer. Umumnya sebelum menuliskan artikel, seorang content writer akan mempertimbangkan penggunaan kata kunci yang erat kaitannya dengan Search Engine Optimization (SEO). Hal ini tentu bertujuan adalah agar artikel yang diproduksi dapat menjangkau target audience. Biasanya karakter tulisan content writer lebih panjang dan deskriptif, contohnya seperti blog post.

Meski keduanya memiliki tujuan untuk memasarkan sesuatu, namun copywriting memiliki target penjualan yang lebih objektif, sementara content writing tujuannya lebih umum dan bersifat membangun citra sebuah produk atau perusahaan. Biasanya, content writing dilakukan untuk bisnis yang tak terlalu menjual namun lebih informatif.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut