Tips Mudah Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

0
1814
Perbedaan Antara Kebutuhan dengan Keinginan Adalah

Perbedaan Antara Kebutuhan dengan Keinginan Adalah – Pernahkah kamu tersadar di pertengahan bulan bahwa semua gajimu sudah habis? Setelah kamu lihat-lihat kembali daftar belanjaan, kamu baru sadar kalau ternyata banyak barang yang tidak terlalu penting yang sudah kamu beli. Ini adalah tanda kalau kamu masih kesulitan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Tidak memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan adalah masalah yang dialami oleh banyak orang. Masalah ini jugalah yang kerap membuat kondisi keuangan seseorang menjadi berantakan. Lalu, bagaimana cara mudah untuk membedakan keduanya?

  • Pahami Makna Keduanya

Cara pertama untuk mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan adalah dengan memahami maknanya. Kebutuhan adalah istilah yang merujuk kepada semua hal yang diperlukan oleh seseorang untuk bisa bertahan dalam kondisinya. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi dan tidak bisa dicari penggantinya. 

Contoh kebutuhan yang paling mendasar adalah makanan. Ketika kamu tidak mendapatkan makanan maka kamu akan mati. Contoh kedua adalah kebutuhan seorang petani akan cangkul. Ketika cangkul tidak ada, maka petani itu tidak bisa bekerja.

Di sisi lain, keinginan adalah barang dan jasa yang ingin dimiliki oleh seorang individu yang merupakan bagian dari gaya hidup atau kebiasaannya. Contohnya saja keinginan untuk memiliki tas branded atau mobil keluaran terbaru.

  • Perbedaan Sifatnya

Kebutuhan manusia sifatnya terbatas. Artinya, ketika semua sudah dipenuhi maka orang tersebut akan hidup dengan baik dalam keadaan sehat. Dulu, manusia hanya punya sedikit kebutuhan mulai dari makanan dan tempat tinggal. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan semakin bertambah termasuk pendidikan dan layanan kesehatan. 

Sementara itu keinginan sifatnya tidak terbatas. Apa pun yang kamu anggap kurang, bisa menjadi keinginanmu. Ketika seseorang sudah memiliki rumah, artinya kebutuhannya sudah terpenuhi. Tapi ketika dia menginginkan rumah lain yang lebih besar dan mewah, artinya dia tidak sedang memikirkan kebutuhan tapi keinginannya. 

Secara singkat bisa diartikan bahwa kebutuhan adalah sesuatu yang harus kamu miliki. Sementara keinginan adalah sesuatu yang kamu harap bisa kamu miliki.

  • Bedakan Sifat Keduanya

Kebutuhan adalah sesuatu yang perlu dimiliki karena sifatnya yang esensial. Sementara keinginan biasanya muncul dari selera. Kebutuhan kemungkinan besar akan tetap sama sejak awal kamu lahir sampai kamu tua. Di sisi lain, keinginan akan terus berubah dan bisa dipengaruhi oleh apa pun.

Contoh yang paling umum terjadi adalah kenaikan penghasilan. Orang yang memiliki penghasilan Rp10 juta, sebenarnya sudah merasa cukup dan merasa semua kebutuhannya terpenuhi. Tapi ketika gajinya naik 2 kali lipat, kemungkinan dia akan memiliki pos-pos pengeluaran baru yang sebelumnya tidak ada. Pos-pos ini adalah bentuk perubahan yang disebabkan oleh berubahnya penghasilan seseorang.

Baca juga: Ini Selengkapnya Cara Perhitungan Pajak dari Akseleran!

  • Pikirkan dengan Matang Sebelum Membuat Keputusan Keuangan

Menentukan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan adalah hal yang sulit. Kalau kamu masih belum bisa memutuskan, kamu bisa menanyakan 3 pertanyaan ini pada dirimu sendiri sebelum membuat sebuah pilihan terkait keuanganmu:

  • Apakah kamu benar-benar memerlukan benda ini sekarang?
  • Kalau benda ini tidak kamu beli sekarang, apakah ada bagian dari aktivitas dan kehidupanmu yang terganggu?
  • Kalau benda ini tidak kamu beli, apakah kamu memiliki opsi lain yang bisa jadi penggantinya?

Kalau jawaban dari ketiga pertanyaan itu adalah ‘ya’, artinya kamu memang membutuhkannya. Tapi kalau jawabannya ‘tidak’, ada baiknya kamu mengurungkan niat untuk membelinya.

  • Buat Tabel Kebutuhan vs Keinginan

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar lebih mudah menentukan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan adalah dengan membuat catatan berupa tabel. Buat tabel ‘Wants’ yang berisi daftar barang-barang yang kamu inginkan. Kemudian masukkan daftar barang yang kamu butuhkan ke dalam tabel ‘Needs’.

Bagaimana kalau kamu bingung menentukan? Lihat kembali poin keempat. Tanyakan kembali pertanyaan yang sama berulang kali saat kamu bingung menentukan pilihan. Lama kelamaan kamu akan paham dengan sendirinya perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan.

Perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan adalah sesuatu yang bisa kamu pahami dengan kebiasaan. Yuk mulai latihan pelan-pelan mulai dari sekarang!

Kebutuhan yang Satu Ini Harus Dilakukan Sejak Dini Sehingga Dapat Hasil yang Lebih Optimal di Masa Depan!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia sekaligus melakukan pengembangan dana, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].