Ini Perbedaan KTA dan Pinjaman Online yang Harus Kamu Ketahui!

0
2282
Pinjaman Online

Perkembangan dunia teknologi dan finansial yang terus berjalan semakin cepat, membuat akhirnya banyak muncul berbagai kemudahan bagi masyarakat mulai dari kemudahan dalam teknologi, kemudahan dalam proses finansial dan kombinasi dari keduanya.

Kombinasi antara teknologi dan finansial inilah yang akhirnya membuat masyarakat lebih mengenal dan memahami lagi teknologi finansial. Adanya teknologi finansial atau Fintek ini memang sangat memudahkan orang dalam melakukan transaksi mulai dari melakukan pinjaman online hingga mengembangkan dana hanya dengan menggunakan smartphone dalam hitungan menit.

Kemudahan Transaksi dalam Teknologi Finansial

Tentu banyak masyarakat yang memiliki kebutuhan yang beragam mulai dari melakukan pengembangan dana hingga mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Dari banyaknya transaksi tersebut tentu kebutuhan mengenai pinjaman online ini mungkin paling menarik karena kemudahan serta fitur yang berbeda dari pinjaman lainnya salah satunya Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Karenanya sebelum mengajukan pinjaman online terlebih dahulu memahami apa itu pinjaman online dan apa perbedaannya dengan KTA sehingga proses transaksi yang dilakukan dapat berjalan lebih aman.

  • Online dan Offline

Apabila kamu mengajukan pinjaman melalui KTA, tentu kamu harus melakukan tatap muka dengan penjual atau datang ke cabang tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk menyerahkan dan melengkapi dokumen secara fisik, melakukan tanda tangan dan lainnya yang mengharuskan tatap muka dengan pihak bank.

Namun, memang beberapa KTA sekarang ada yang bisa dilakukan secara online tetapi di akhir prosesnya tetap akan mengharuskan peminjam untuk datang dan bertemu tatap muka dengan pihak bank.

Sedangkan, pinjaman online dapat melakukan segala transaksinya secara online hanya dengan aplikasi di smartphone milikmu. Mulai dari kelengkapan dokumen, tanda tangan hingga penyerahan dananya semuanya dilakukan secara online. Sehingga dapat mempermudah proses transaksi.

  • Nominal Pinjaman

Perbedaan lainnya adalah nominal pinjaman pada keduanya, dimana biasanya plafon KTA biasanya lebih besar dibandingkan pinjaman online. Hal tersebut dikarenakan sumber dana KTA berasal dari bank yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan sumber pendanaan fintech yang lebih terbatas.

Biasanya juga KTA menawarkan pinjaman hingga lebih dari Rp5 juta sedangkan sebaliknya pinjaman online biasanya menawarkan pinjaman kurang dari Rp5 juta.

Baca juga: Kenapa Nominal Auto Lending Tidak Sesuai Bid?

  • Kecepatan dan Kemudahan

Sebanding dengan poin sebelumnya dimana prosesnya sendiri untuk KTA ini relatif lebih lama dibanding pinjaman online. Keuntungan yang dimiliki pinjaman online ini salah satunya adalah menawarkan kecepatan serta kemudahan dibanding KTA, bahkan pencairan pinjaman online bisa hanya dalam hitungan jam saja.

Selain itu, dari sisi kemudahan juga KTA memiliki lebih banyak persyaratan walaupun ‘Tanpa Agunan’ namun tetap ada persyaratan lainnya yang harus dilengkapi. Sedangkan apabila memilih pinjaman online, maka yang dibutuhkan persyaratannya relatif lebih gampang.

Jadi, apabila ingin mencari kecepatan dan kemudahan dalam transaksi, pinjaman online bisa menjadi pilihan yang utama. 

  • Bunga

Hal penting lainnya adalah bunga, dimana KTA di sini lebih unggul karena mereka menawarkan bunga yang lebih ringan jika dibandingkan pinjaman online. Wajar, bank ini memiliki kemampuan dalam menghimpun dana masyarakat dengan lebih cepat dan lebih baik. 

Sedangkan, fintech mengandalkan dana dari investor atau P2P Lending, yang biaya dananya lebih mahal jika dibandingkan bank. Itulah mengapa pinjaman online di atas bunga dari KTA bank.

  • Bank dan Fintech

Pinjaman online sekarang ini memang banyak dimulai oleh fintech atau financial technology dimana bisa dikatakan bank belum masuk ke dalam sini. 

Lain halnya dengan proses pengajuan kredit KTA yang kita tahu semuanya dilakukan secara offline dan tatap muka, dimana mengharuskan kamu untuk datang dan hadir ke bank. Jika ada bank yang menawarkan digital banking juga masih terbatas di produk tabungan dan bukan pinjaman.

Jadi apa itu dampaknya? Bank menawarkan ketentuan yang lebih rigid dalam proses kredit. Itu adalah nature dan tuntutan regulator karena bank menarik simpanan dana masyarakat. 

Sedangkan, perusahaan fintech tidak menarik dana masyarakat, jadi bisa lebih agresif dalam memberikan pinjaman.

Baca juga: Bank vs Fintech: Kelebihan dan Kekurangannya

  • BI Checking

Hal ini juga menjadi hal yang sangat penting saat membedakan kedua hal ini. Karena, dalam pengajuan KTA pasti akan dicek BI checking dan itu menjadi prosedur di perbankan.

Saat, nama kamu tidak ditemukan di BI checking artinya pinjaman yang kamu ajukan akan sulit untuk diterima karena bank menganggap kamu tidak memiliki catatan kredit yang dapat digunakan untuk evaluasi kemampuan pembayaran kamu.

Lain halnya Fintech yang biasanya memiliki alternatif credit scoring, tidak menggunakan BI checking. Dengan cara tersebut biasanya relatif tidak mementingkan BI checking sehingga kamu tidak perlu khawatir.

  • Melakukan Pinjaman Ulang

Apabila kamu mengajukan pinjaman melalui KTA dan pinjaman kamu sudah lunas, maka kamu tidak dapat melakukan pinjaman kembali dengan waktu yang cepat. Proses tersebut akan kembali sangat bergantung dari pihak bank dimana sulit bagi nasabah yang ingin kembali untuk mengajukan sendiri dan mendapatkan hasil yang cepat.

Berbanding terbalik dengan pinjaman online dimana proses pengajuan yang relatif cepat terutama untuk mereka yang sudah pernah mengajukan pinjaman sebelumnya dan memiliki history pembayaran yang cukup baik.

Karena itu, hal ini juga menjadi pilihan yang pas untukmu yang membutuhkan dana darurat dalam waktu yang cepat.

  • Dokumen yang Banyak dan Simpel

Untuk kamu yang ingin mengajukan KTA pastikan kamu melengkapi beberapa dokumen seperti KTP, Foto, slip gaji, rekening tabungan dan lainnya. 

Hal tersebut membuat banyak orang lebih memilih pinjaman online karena hanya dengan modal KTP, Foto dan beberapa tambahan dokumen lainnya maka sudah bisa mengajukan pinjaman dengan relatif lebih mudah.

Dari banyaknya perbedaan di atas, sekarang kamu tentu membuat kamu memiliki pemikiran saat mengajukan pinjaman. Apapun pilihanmu pastikan kamu untuk dapat komit terhadap pengajuan pinjaman yang dilakukan sehingga kedepannya kamu tidak terjerat hutang pinjaman.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].