4 Penyebab Utama Usahamu Tidak Bisa Bertahan Lama

0
301
4 Penyebab Utama Usahamu Tidak Bisa Bertahan Lama

Memiliki usaha yang bertahan lama dan sukses adalah impian setiap pengusaha. Namun, tidak semua usaha bisa mencapai keberhasilan tersebut. Beberapa penyebab umum dapat menyebabkan usaha gagal atau tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Lalu apa saja penyebab utama yang bisa menghambat kesuksesan usaha?

1. Pelayanan Kurang Memuaskan

Salah satu faktor penting dalam menjaga keberhasilan usaha adalah pelayanan yang memuaskan pelanggan. Jika pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka mungkin akan beralih ke pesaing yang menawarkan pengalaman yang lebih baik. Kurangnya pelayanan yang memuaskan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya karyawan atau kesulitan dalam mengelola bisnis dengan efisien. Penting bagi setiap pengusaha untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan selalu prima agar pelanggan merasa dihargai dan terus kembali.

2. Laporan Transaksi Kurang Rapi

Laporan transaksi merupakan sumber informasi berharga tentang bisnismu. Dengan memiliki laporan yang rapi dan teratur, kamu dapat memperoleh wawasan penting tentang kinerja bisnis, seperti produk yang paling diminati oleh konsumen atau waktu-waktu yang paling ramai. Namun, jika laporan transaksi tidak diatur dengan baik, kamu akan kesulitan dalam menganalisis data dan membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis. Pastikan untuk membuat dan memelihara sistem pencatatan yang baik agar laporan transaksi selalu rapi dan mudah diakses.

3. Laporan Keuangan Kurang Rinci

Laporan keuangan merupakan alat penting dalam mengelola keuangan bisnismu. Laporan ini memberikan gambaran tentang kesehatan keuangan bisnis, termasuk posisi kas yang dimiliki. Laporan keuangan yang rinci dan terperinci dapat memberikan informasi yang lebih akurat tentang arus kas, pendapatan, dan biaya-biaya yang terkait dengan operasional bisnis. Dengan laporan keuangan yang rapi dan teratur, kamu dapat memahami dengan jelas keadaan keuangan bisnismu dan membuat keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan.

4. Masalah Manajemen Karyawan

Manajemen karyawan merupakan faktor penting dalam menjaga kelancaran operasional bisnis. Masalah dalam manajemen karyawan, seperti kurangnya komunikasi, konflik internal, atau kurangnya pengawasan, dapat mengganggu produktivitas dan keharmonisan tim. Hal ini dapat berdampak negatif pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan kinerja bisnis secara keseluruhan. Sebagai pengusaha, penting untuk mengembangkan keahlian dalam manajemen karyawan, termasuk pengaturan jadwal, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut