Pentingnya Pembukuan Keuangan untuk Perkembangan Bisnis

0
127
Cara Mengatur Keuangan

Buat Sobat Akseleran yang sedang merintis atau baru mau memulai bisnis sendiri, salah satu hal mendasar yang harus dipahami adalah mengenai pembukuan. Pembukuan yang rapi dan sistematis sejak awal bisnis akan sangat membantu dalam perkembangan bisnismu ke depan. 

Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, pembukuan sederhana diartikan sebagai suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan. 

Apa saja yang termasuk dalam pencatatan? Mulai dari harta, kewajiban, modal, penghasilan, biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa. Kemudian ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada periode tersebut.

Nindya Raharjani, Partner Account Executive Jurnal Mekari pada webinar bertajuk Simple Ways to Better Manage Your Finances di IG LIVE Akseleran menjelaskan, sejak awal pemilik bisnis harus sudah punya kesadaran untuk melakukan pembukuan. 

“Transaksi sekecil apa pun itu, cash in dan cash out dicatat. Pembayaran dari klien, pembayaran kita ke supplier, biaya listrik, dan sebagainya yang berkaitan dengan bisnis. Semua pergerakan uang harus dicatat. Kalaupun owner belum paham mandalam akuntansi, yang paling dasar adalah mulai mencatat cash in dan cash out,” ujar Nindya.

Nindya menambahkan, pembukuan penting untuk melihat kesehatan bisnis perusahaan. Sehingga, ke depan jika perusahaan ingin mengembangkan diri dengan sumber pendanaan eksternal, maka pembukuan yang baik akan sangat bermanfaat. 

Termasuk ketika mengajukan pinjaman ke P2P Lending. Kesehatan bisnis borrower akan dilihat dari laporan keuangan. Selain itu, laporan keuangan juga bisa memperlihatkan potensi bisnis perusahaan tersebut di masa mendatang.

Dengan mengetahui kesehatan perusahaan atau bisnis, maka kamu pun dapat mengevaluasi dan menyusun strategi agar profitabilitas dan produktivitas meningkat. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]