Pentingnya Membicarakan Keuangan dengan Pasangan

0
94

Urusan uang kadang bisa jadi hal sensitif dan tabu buat sebagian orang untuk dibicarakan dengan pasangan. Padahal, penting lho membicarakan keuangan dengan pasangan, apalagi kalau kalian berencana untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. 

Mengapa penting?

Pertama, menjauhkan dari risiko pertengkaran. Jangan sampai kalian ribut gara-gara punya perbedaan pandangan soal cara mengelola keuangan. Ketika memutuskan menikah, kalian harus kompak dalam memutuskan strategi keuangan rumah tangga.  

Kedua, membangun kepercayaan dan saling pengertian. Dengan terbuka membicarakan kondisi finasial kalian masing-masing sebelum berumah tangga, maka kalian sebetulnya sedang belajar membangun kepercayaan saling pengertian. Sebab, bagaimana pun kondisi finansial masing-masing nantinya akan sangat berpengaruh dalam kehidupan kalian bersama. 

Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk mulai membuka komunikasi dua arah mengenai keuangan dengan pasangan?

  1. Menyediakan waktu khusus untuk bicara soal perencanaan rumah tangga agar kalian bisa nyaman dan  
  2. Pembicaraan bisa dimulai dengan menceritakan pengalaman orang tuamu mengelola keuangan, lalu menanyakan bagaimana dengan di orang tua pasanganmu. Selanjutnya, baru menanyakan tentang bagaimana nanti kalian akan menerapkan pengelolaan keuangan bersama. 
  3. Bicarakan tentang kekhawatiran seputar kondisi keuangan masing-masing. Jadilah pendengar yang baik dan suportif. Terbukalah saat bercerita karena ini akan menentukan langkah kalian selanjutnya.
  4. Bicarakan soal rencana jangka panjang kalian. Baik sebagai pribadi, seperti rencana pengembangan karir masing-masing. Maupun sebagai pasangan, misalkan rencana memiliki tempat tinggal. Lalu, bagaimana kalian akan membagi tanggung jawab terkait pembiayaan kebutuhan sehari-hari dan adakah rencana untuk melakukan pengembangan dana bersama. 
Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]