Pentingnya Manajemen Keuangan Untuk Bisnis UMKM

0
439
Pentingnya Manajemen Keuangan Untuk Bisnis UMKM

Di era serba digital ini, aktivitas perdagangan digital memberi keuntungan tersendiri bagi pelaku UMKM. Bagaimana tidak, pelaku UMKM tidak lagi harus memikirkan biaya untuk membuka toko di pasar atau di mal, karena semua bisa dilakukan di dunia maya. Berbagai platform marketplace dan platform media sosial yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk menjajakan barang dagangan. Terlebih lagi jangkauan pembeli pun lebih luas, pembeli bisa datang dari mana saja di seluruh penjuru negeri. Oleh karenanya bukan hal yang aneh jika sekarang transaksi jual beli pun bisa dilakukan dari rumah tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, tak heran jika jutaan pelaku UMKM menjamur seolah berlomba-lomba meramaikan ekosistem ekonomi digital. Kemajuan bisnis UMKM yang pesat juga harus dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik demi keberlangsungan bisnis kedepannya. Pengelolaan uang yang kurang baik nantinya akan mempengaruhi pembukuan keuangan. Jika tidak diatur secara cermat, maka pemasukan dan pengeluaran akan menjadi rancu.

Manajemen keuangan tidak hanya meliputi pengelolaan uang kas, tapi juga mencakup bagaimana mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi usaha yang sedang dijalankan. Hal penting yang dapat dilakukan dalam menerapkan manajemen keuangan mikro pada bisnis UMKM yaitu dengan memisahkan uang pribadi dan usaha, membuat pencatatan arus kas, membuat rencana penggunaan uang, mengontrol arus usaha, dan menerapkan disiplin pada diri sendiri untuk menjalankan hal-hal tersebut. Hal ini dilakukan agar para pelaku usaha dapat mengelola keuangan dengan baik serta meninjau ulang sumber pemasukan dan pengeluaran dalam usahanya.

Dengan literasi keuangan yang baik, dapat membantu UMKM dalam mengelola sumber dana keuangannya dengan baik sehingga dapat memperhatikan nilai uang di masa depan agar keberlangsungan usaha jangka panjang dapat dirasakan. Terlebih lagi dalam situasi pandemik, penerapan manajemen keuangan yang baik akan membantu UMKM agar tidak terdampak secara signifikan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut